10 Cara Optimisasi Website untuk Menghasilkan Pendapatan

web monetize

Membuat website atau blog selain untuk berjualan atau sekedar menulis juga membawa keuntungan bagi Anda. Anda hanya perlu mengetahui caranya bagaimana memanfaatkan semaksimal mungkin peluang dan cara untuk menghasilkan pendapatan dari website Anda. Hal ini tentu menguntungkan karena dapat memberi tambahan pendapatan untuk menutupi kebutuhan website Anda. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan website Anda supaya mendapat keuntungan lebih:

1. Google AdSense

Google AdSense

Platform advertising Google, AdSense, menampilkan iklan yang memiliki relevansi dengan konten website Anda dan membayar dalam bentuk presentase pada setiap orang yang meng-klik. Misalnya jika Anda memiliki website mengenai travel, maka akan muncul iklan mengenai travel agent atau tiket pesawat. Metode yang ditawarkan Google sangat sederhana karena tidak adanya proses deal dengan pihak advertisers langsung atau membutuhkan invoice untuk pembayaran. Google melakukan semuanya dan Anda hanya menerima check atau deposit setiap bulannya dari penghasilan yang website Anda dapatkan.

2. Infolinks

Infolinks

Infolinks merupakan platform iklan yang menempatkan in-text ads dalam konten website Anda dan membayar Anda ketika setiap pengunjung meng-klik. Infolinks memiliki software yang mengidentifikasi keyword yang berharga dalam website Anda lalu menandai keyword tersebut. Jika pengunjung website mengklik iklan yang berhubungan dengan keyword Anda maka Anda mendapatkan keuntungan langsung. Infolinks membantu website yang baru memulai karena pendapatan extra ini mampu membiayai website Anda seperti web hosting dan registrasi domain. Infolinks membayar setiap kliknya jika website Anda semakin ramai maka Anda akan difasilitasi beberapa metode lebih menarik untuk mendapatkan keuntungan lebih.

3. Tawaran Afiliasi

Afiliasi

Affiliate marketing adalah cara efektif untuk mendatangkan penghasilan bagi website Anda, karena hal ini dapat menawarkan pengunjung sebuah tawaran sesuai dengan ketertarikan mereka. Misalnya jika Anda memiliki website atau blog mengenai finance, maka afiliasi akan menawarkan penawaran kartu kredit. Anda dapat menempatkan banner atau teks yang berisi link dan mengarah langsung kepada website afiliasi Anda. Jika pengunjung website Anda sign up dalam penawaran tersebut maka Anda mendapatkan keuntungan $50-$100 untuk setiap sign up dari pengunjung.

4. Ciptakan & Jual Produk Digital Anda

Cara ini adalah cara efektif bagi Anda yang memiliki website dengan target pengunjung niche, dengan website yang memiliki traffic tinggi. Menciptakan produk digital Anda menyediakan hal sangat spesifik bagi pengunjung Anda dan mempertahakan pendapatan hingga 100%. Setiap penawaran afiliasi membayar Anda untuk setiap action yang dilakukan pengunjung. Misalnya Anda membuat eBook mengenai produk Anda dan setiap kali pengunjung ingin men-download maka mereka harus membayar terlebih dahulu.

5. Direct Ad Space

Jika website Anda memiliki jumlah traffic signifikan, maka Anda bisa membuat space khusus untuk iklan dalam website Anda. Hal ini membutuhkan waktu beberapa lama dan detail lebih jauh mengenai potential advertiser untuk bersedia mengiklankan produknya di website Anda. Cara seperti ini tidak disarankan jika website Anda masih baru. Namun apabila seiring dengan perkembangan website Anda dan Anda memiliki jumlah traffic yang signifikan maka cara ini harus diperhitungkan.

6. Sponsored Post & Reviews

Sponsored Post

Mempublikasikan post dari sponsor adalah cara yang tepat untuk menghasilkan pendapatan dari website atau blog Anda selama blog atau website Anda memiliki kesuksesan dan popularitas yang tinggi. Advertiser biasanya membayar sejumlah uang kepada bloggers untuk menulis review mengenai produk dan layanan yang dimiliki agar dibaca oleh pembaca mereka. Ini adalah cara efektif karena pengunjung melihat hal tersebut sebagai review bukan sebagai direct ads. Advertiser juga akan menyediakan Anda dengan beberapa produk dan service agar Anda mendapatkan inspirasi untuk menulis review dalam blog atau website Anda. Jadi selain mendapatkan uang, Anda juga mendapatkan produk atau service dari advertiser.

7. Konten Premium

Jika Anda sedang berusaha untuk mengembangkan audiens loyal Anda, maka gate premium content adalah cara yang tepat. Cara ini adalah cara yang popular dan efektif, banyak website yang memberikan paragraph awal kepada pengunjung mereka untuk menimbulkan rasa ketertarikan. Jika mereka ingin terus melanjutkan baca maka mereka harus meminta akses untuk membaca konten tersebut. Kuncinya adalah Anda harus menciptakan konten dengan kualitas tinggi yang menimbulkan keinginan dari pembaca Anda untuk terus membacanya, sehingga mereka tidak merasa keberatan jika harus membayar, mengisi survey atau form kelanjutan dari konten tersebut.

8. Generate & Sell Leads

Ketika Anda membangun audiens kuat dan jumlah traffic Anda terus bertambah maka Anda memiliki kemampuan untuk membangun in-house leads yang dapat menjual langsung kepada konsumen. Hal ini membutuhkan kerja lebih namun penghasilan yang didapatkan lebih besar dibandingkan jika Anda kerja sama dengan affiliate marketing. Kuncinya adalah Anda harus menciptakan penawaran secara umum yang dapat membuat audiens Anda secara umum tertarik dan membuat pengunjung Anda menjualnya lagi kepada end buyer.

9. Related Post

Jika website atau blog Anda memiliki traffic yang siginifikan maka Anda dapat memunculkan related post yang berhubungan dengan setiap konten yang Anda tulis. Setiap kali pengunjung mengklik related post tersebut maka Anda berhak mendapatkan keuntungan langsung. Anda hanya perlu memunculkan gambar atau judul related post yang berhubungan dengan website Anda. Hal ini membantu Anda untuk memaksimalkan pendapatan dari setiap pengunjung yang ada. Misalnya bagi pengunjung yang merasa jenuh terhadap website atau blog Anda lalu melihat related post. Setiap klik terhadap related post tersebut menghasilkan keuntungan bagi Anda.

10. Forum Privasi Berbayar

Menciptakan forum berbayar dalam website Anda menghasilkan pendapatan extra bagi Anda. Hal ini dapat Anda terapkan jika jumlah followers Anda sudah besar dan Anda memiliki pengalaman dalam mengelola website. Dalam forum tersebut Anda dapat menampilkan iklan dari advertiser dan Anda berhak mendapatkan keuntungan dari iklan tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber : MonetizePros

Artikel - Artikel Terkait