3 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Instagram Ads untuk Bisnis Online

3 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Instagram Ads untuk Bisnis Online

Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Lebih dari sekadar platform untuk berbagi foto, media sosial yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 ini sudah menjadi sebuah ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak para pelaku bisnis online yang memanfaatkan Instagram untuk berjualan.

Menyadari hal tersebut, Instagram pun akhirnya mengeluarkan fitur iklan dengan cara Instagram Ads. Tujuannya tentu untuk mempermudah Anda dan para pelaku bisnis online lain dalam melakukan promosi. Apa saja kelebihannya?

Menjangkau audiens secara lebih luas

Tahukah Anda bahwa per 2018 lalu, jumlah pengguna Instagram saat ini sudah mencapai sekitar 800 juta? Sebanyak 500 juta di antaranya merupakan pengguna aktif harian. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 yang mencapai 600 juta pengguna. Mengingat berbagai inovasi yang kerap dilakukan Instagram, bukan tidak mungkin jumlah tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Inilah salah satu cara Instagram Ads bisa menjangkau audiens yang sangat luas, bahkan jika tinggal di luar negeri sekali pun. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat bisnis online yang Anda miliki lebih dikenal secara luas. Semakin banyak orang yang mengenalnya, semakin tinggi pula peluang bagi bisnis online Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

Meningkatkan engagement

Apa yang membuat seseorang tertarik pada produk Anda dan akhirnya memutuskan untuk membelinya? Selain karena kualitas produk itu sendiri, sikap dan image dari brand bisnis Anda juga tidak kalah penting. Target audiens harus memiliki rasa percaya terlebih dulu terhadap brand Anda. Hal tersebut akan sulit diwujudkan apabila tidak ada engagement.

Kabar baiknya, cara Instagram Ads dalam membantu peningkatan engagement sangatlah efektif. Sebuah riset dari Forrester menyebutkan bahwa konten Instagram mampu meningkatkan engagement hingga 58 kali lebih tinggi per follower daripada konten yang ada di Facebook dan Twitter. Kuncinya adalah Anda harus rajin membuat konten-konten yang menarik. Optimalkan fitur-fitur yang ditawarkan Instagram, misalnya dengan post video behind the scene atau membuat trivia di Instagram Stories.

Meningkatkan konversi dengan CTA

Kesuksesan Instagram Ads saat ini bukannya dilalui tanpa hambatan. Pada awal-awal peluncurannya dulu, iklan-iklan yang dipasang di Instagram sempat tidak memberikan hasil yang diinginkan pelaku bisnis. Namun, setelah Instagram menambahkan fitur call-to-action (CTA), jumlah klik pada post pun meningkat hingga 45% hanya dalam waktu beberapa bulan.

Menariknya, iklan yang ada di Instagram Ads jauh dari kesan mengganggu. Iklan-iklan ini memang muncul pada feed para pengguna, tetapi bentuknya sama persis dengan post yang lain. Namun, adanya CTA di post iklan inilah yang membuat suatu iklan jadi lebih stand out. Di sisi lain, target audiens yang terpapar iklan ini juga akan memiliki “dorongan” untuk melakukan sesuatu sesuai dengan CTA yang ditampilkan.

Fitur CTA ini tidak hanya tersedia untuk iklan dalam bentuk post biasa, tapi juga bisa digunakan pada Instagram Stories. Pernah melihat konten Instagram Stories yang meminta Anda untuk “Swipe Up” atau “See More”? Itulah CTA yang dimaksud.

Selain ketiga alasan di atas, Instagram Ads juga sangat cocok untuk bisnis online karena performanya yang bisa diukur. Instagram telah menyediakan fitur analytic yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai metrik, mulai dari peningkatan jumlah followers, likes, hingga engagement. Dengan begini, Anda bisa tahu konten iklan seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda. Semua dapat dilakukan melalui cara Instagram Ads.


Sumber: Instapage, Inbound ID, Blog Hootsuite