3 Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba

3 Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba

Seiring dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat dan kehadiran koneksi internet, sebuah bisnis kini bisa dimulai dan dijalankan dengan lebih mudah. Bahkan, modal tidak lagi menjadi suatu faktor penting karena sekarang Anda pun dapat menggeluti bisnis online tanpa modal. Tentunya ada banyak opsi yang bisa Anda eksplorasi. Nah, berikut ini adalh beberapa pilihan bisnis online tanpa modal di bawah ini layak Anda pertimbangkan.

Menjadi dropshipper

Coba cek akun media sosial Instagram Anda. Ada berapa banyak akun online shop yang pernah Anda jumpai atau bahkan Anda follow? Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua online shop menjual produk mereka sendiri. Tidak sedikit di antara mereka yang ternyata hanya menjadi perantara dari pemilik produk sebenarnya. Mereka hanya bertindak sebagai dropshipper.

Alurnya begini, Anda memasarkan produk orang lain di media sosial atau website. Saat ada orang yang melihat produk tersebut dan ingin membeli, ia akan memesan produk dan mentransfer pembayaran kepada Anda. Lalu, Anda akan memesankan produk tersebut kepada pemilik produk sekaligus mengirim pembayarannya. Pemilik produklah yang akan mengirimkan pesanan kepada pembeli.

Namun, Anda perlu membedakannya dengan reseller. Menjadi reseller mengharuskan Anda untuk membeli produk dalam jumlah banyak terlebih dulu untuk kemudian dijual kembali. Artinya, untuk menjadi reseller, Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit agar bisa menjalankan bisnis tersebut.

Blogging

Bisnis online tanpa modal satu ini sangat cocok bagi Anda yang punya passion di dunia tulis-menulis. Anda hanya perlu membuat blog untuk diisi dengan postingan-postingan yang sesuai dengan ketertarikan Anda. Misalnya, jika Anda suka membaca, Anda bisa membuat blog resensi buku untuk me-review buku-buku yang sudah Anda baca. Beda lagi jika Anda lebih suka traveling, Anda bisa menumpahkan pengalaman perjalanan Anda di blog tersebut.

Agar bisnis blogging Anda bisa sukses, jadilah diri sendiri. Tunjukkan kepribadian Anda melalui artikel-artikel yang ditulis. Lalu, pastikan Anda publish artikel secara rutin dan konsisten. Bisa 2-3 kali dalam seminggu. Jangan biarkan blog Anda tampak “menggantung” dan membuat pembaca bingung. Semakin sering Anda menulis, semakin banyak pula traffic yang didapatkan. Kalau jumlahnya sudah banyak, bukan tidak mungkin Anda akan diajak berkolaborasi oleh brand untuk mengerjakan berbagai proyek mereka.

Freelance sesuai keahlian

Keahlian apa yang Anda punya? Atau bidang apa yang menjadi passion Anda? Hal apa yang membuat Anda senang ketika melakukannya? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa Anda ubah menjadi sebuah peluang bisnis online tanpa modal. Caranya adalah dengan menekuni profesi freelancer.

Bagi yang punya skill menulis, Anda bisa membuka jasa menulis artikel yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan. Anda yang jago desain grafis bisa membantu brand atau perusahaan untuk merancang desain terbaik untuk content marketing mereka. Sedangkan bagi yang hobi fotografi, mengapa tidak menjual hasil foto-foto Anda di situs-situs seperti Shutterstock? Anda juga bisa membuka jasa freelance foto untuk berbagai event seperti pernikahan atau ulang tahun.

Apabila merasa kesulitan untuk memulainya, Anda bisa memanfaatkan situs seperti Sribulancer. Di situs ini Anda bisa mendaftarkan diri sebagai freelance. Jika ada orang yang membutuhkan jasa Anda, mereka akan menghubungi Anda melalui situs tersebut. Anda juga bisa menyertakan portofolio untuk meyakinkan calon klien agar mau menggunakan jasa Anda.

Bisnis online tanpa modal tidak lagi mustahil dilakukan berkat adanya internet. Di antara tiga pilihan di atas, mana yang kira-kira akan Anda pilih untuk ditekuni? Apa pun itu, semoga Anda berhasil!


Sources: Shopback, Money Smart, Jurnal