3 Strategi Amazon.com yang Bisa Ditiru Untuk Website Ecommerce Anda

Amazon.com

Amazon telah menjadi raksasa perusahaan teknologi yang mampu merevolusi industri retail di Amerika. Banyak strategi yang digunakan oleh Amazon bisa Anda tiru, sebagai panduan untuk membuat online shop yang sukses.

Berikut adalah 3 teknik dalam menjalankan online shop untuk menciptakan pengalaman belanja online yang terbaik:

1. Gratis ongkos kirim

Sebagai negara kepulauan, industri ecommerce di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Melalui internet, setiap orang dimanapun memiliki akses yang sama terhadap produk yang dijual secara online.

Berdasarkan report pada bulan Juni 2014 dari comScore, 58% pembeli online tidak menyelesaikan pembelanjaan mereka dikarenakan ongkos kirim yang cukup tinggi. Jadi kemungkinan besar, Anda kehilangan lebih dari setengah konsumen hanya karena ongkos kirim. Menawarkan gratis ongkos kirim bukanlah solusi yang murah, tetapi hal tersebut dapat menjadi sebuah strategi yang sangat efektif untuk menarik konsumen sekaligus menciptakan diferensiasi di website ecommerce Anda.

Cara paling mudah untuk meminimalisasi kerugian akibat ongkos kirim adalah dengan menganalisa rata-rata penjualan dan ongkos kirim. Lalu Anda bisa menawarkan gratis ongkos kirim untuk minimal pembelian yang dapat menutupi biaya pengiriman. Dengan begitu Anda memberikan insentif kepada customer untuk berbelanja lebih sekaligus meningkatkan rata-rata pembelian customer Anda.

2. Review produk di dalam website

Akses informasi yang cepat & terbuka, telah merevolusi persepsi consumer terhadap sebuah produk sekaligus bagaimana consumer mengambil keputusan. Survey menunjukkan bahwa 88% consumer melakukan riset mengenai sebuah produk sebelum melakukan pembelian.

Kebanyakan online shopper membuka lebih dari satu halaman untuk mencari & membandingkan produk ketika sedang berbelanja online. Hal tersebut menyebabkan fokus & perhatian terhadap informasi tertentu sangatlah pendek, sehingga jika customer tersebut keluar dari website ecommerce Anda untuk mencari review, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali lagi.

Di samping itu, review mengenai produk-produk Anda akan menarik customer dari kompetitor dan Anda mendapatkan feedback mengenai produk yang Anda jual.

3. Rekomendasi produk lain yang relevan untuk pembeli

Cross-sell atau rekomendasi produk yang relevan adalah strategi ecommerce yang sangat penting untuk meningkatkan rata-rata pembelian. Strategi ini secara sukses telah diterapkan oleh Amazon dengan menggunakan rekomendasi seperti, ‘customer yang membeli barang ini juga membeli’, ‘customer yang membeli barang ini juga melihat’ & ‘barang yang sering dibeli secara bersamaan (bundling).

Jika website ecommerce Anda memiliki ratusan hingga ribuan SKU, customer dengan kebutuhan tertentu kemungkinan besar tidak akan menggali setiap halaman di website Anda. Dengan memberikan rekomendasi produk yang relevan, besar kemungkinan customer untuk melakukan pembelian produk lain sekaligus mendapatkan benefit yaitu gratis ongkos kirim.

Sumber : HubSpot

Join Us

Artikel - Artikel Terkait