3 Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Cepat dengan Memaksimalkan Dompet Elektronik

resize-file-05-4

Perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan menggabungkannya dengan teknologi, atau biasa disebut Fintech Company, di tahun 2019 ini berkembang pesat, dan membuat produk Fintech Company seperti dompet elektronik semakin sering digunakan masyarakat Indonesia untuk bertransaksi berbagai kebutuhan hidup. Fenomena ini menyebabkan meningkatnya jumlah transaksi online setiap harinya sehingga bagi para pelaku bisnis sangat penting untuk menentukan strategi dalam memaksimalkan penggunaan dompet elektronik bagi bisnisnya. Berikut tiga strategi memaksimalkan dompet elektronik bagi para pelaku bisnis:

Strategi pertama yang dapat dicoba adalah dengan menghadirkan metode pembayaran yang mendukung penggunaan dompet elektronik di toko offline para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan produk dompet elektronik akhir-akhir ini menjadi favorit para konsumen Indonesia, karena mudah digunakan dan tidak harus repot membawa dompet ke mana-mana. Dengan menyediakan metode pembayaran dari dompet elektronik ini, tentunya akan meningkatkan minat konsumen untuk belanja di suatu tempat usaha. Selain meningkatkan jumlah konsumen, laporan pembayaran dari transaksi pembayaran melalui produk Fintech juga lebih mudah tercatat dengan sistem otomatis.

Selanjutnya, berpartisipasi dalam beberapa acara dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan Fintech juga dapat menjadi solusi dalam meningkatkan penjualan. Seperti acara cashback secara masif selama beberapa hari yang diadakan oleh suatu perusahaan Fintech dengan produk dompet elektroniknya, terbukti berhasil menarik minat konsumen untuk berbelanja di merchant makanan, fashion, ataupun kosmetik. Salah satu contoh acara yang dapat para pelaku bisnis ikuti adalah acara ‘GoPay PayDay’ yang bekerja sama dengan Midtrans setiap akhir bulan. Dengan mengikuti acara ini, para belaku bisnis dapat membentuk perilaku konsumen untuk terus berbelanja setiap akhir bulan saat menerima gaji yang tentunya menjadi satu keuntungan untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Selain dua strategi di atas, strategi lainnya yang dapat dicoba adalah dengan menghadirkan berbagai metode pembayaran yang mendukung penggunaan dompet elektronik di toko online para pelaku bisnis. Pertumbuhan Fintech juga memiliki dampak yang tinggi bagi pertambahan jumlah konsumen online, dan sebagai pelaku usaha, memastikan konsumen yang merasa nyaman dalam berbelanja adalah sebuah keharusan dengan menyediakan metode pembayaran dompet elektronik. Selain kenyamanan berbelanja, adanya metode pembayaran melalui dompet elektronik di toko online juga dapat menjadi daya tarik bagi konsumen online untuk kembali berbelanja di toko online tersebut.


Beberapa strategi di atas dapat menjadi referensi untuk rencana meningkatkan penjualan dalam waktu cepat. Adanya dompet elektronik tentunya memudahkan transaksi bagi konsumen dan pelaku usaha, dan perusahaan Fintech akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Salah satu perusahaan Fintech yang mendukung penggunaan dompet elektronik adalah midtrans.com. Dengan memanfaatkan teknologi, Midtrans menghadirkan metode pembayaran dompet elektronik untuk meningkatkan performa berbagai bisnis.