3 Tips Growth Hacking untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda

tips growth hacking

Membangun sebuah bisnis bukanlah suatu hal yang mudah, karena setiap lembar uang yang Anda keluarkan akan terhitung sesedikit apapun itu. Setiap pelanggan merupakan suatu hal yang sangat berharga untuk bisnis Anda. Seringkali untuk mendapatkan satu orang pelanggan pun bisa terasa sangat sulit, namun jika Anda sudah mengetahui beberapa tips untuk meningkatkan bisnis Anda, mencari pelanggan baru bisa berjalan sedikit lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Simak tips-tips growth hacking berikut untuk menarik pelanggan baru!

Site speed

Kecepatan situs yang lambat dalam website bisnis Anda dapat menjauhkan Anda dengan para calon pelanggan. Sehingga hal ini pun akan memberikan dampak langsung pada keuangan bisnis Anda. Menurut hasil riset yang dikutip dari kissmetrics.com, setiap satu detik delay pada situs dapat menghasilkan 7% penurunan konversi pada pelanggan. Dengan hanya mengurangi waktu untuk membuka halaman website Anda, Anda bisa meningkatkan sekitar 15-21% konversi. Pada beberapa situs, waktu ideal terbukanya situs tersebut adalah 2 detik. Pastikan situs Anda sudah bisa terbuka dalam waktu 2 detik jika Anda ingin mendapatkan pertumbuhan perkembangan bisnis yang lebih cepat.

Tarik perhatian pelanggan potensial

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian para calon pelanggan Anda. Cara termudah adalah dengan memanfaatkan konten yang ada pada situs ataupun media sosial milik bisnis Anda. Anda bisa membuat beberapa kreasi konten dan juga blogging, menggunakan visual dan infografis, memanfaatkan teknik pemasaran forum, dan postingan dari para pengunjung situs ataupun jejaring sosial bisnis Anda. Pilihlah topik-topik ringan namun bermanfaat bagi pembaca Anda agar bisa menarik perhatian para pembaca.

Bangun narasi Anda berdasarkan fakta dan data, temukan data sebanyak mungkin dari sumber yang paling terpercaya. Anda juga bisa membuka sebuah forum dengan menjawab atau membuka pertanyaan menarik dengan pembaca Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa solusi dan proposisi nilai Anda ke dalam komentar, jawaban, dan aktivitas forum lainnya. Cara-cara tersebut dapat membantu Anda membangun reputasi yang baik pada bisnis Anda di mata calon pelanggan Anda.

Libatkan pengunjung Anda dan jadikan mereka leads

Anda perlu memperhatikan bahwa setiap pengunjung yang datang belum tentu siap untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam situs Anda. Oleh karena itu, mengapa keterlibatan pengunjung sangat penting dilakukan dalam perkembangan bisnis Anda. Di antara semua strategi hacking perkembangan bisnis, pendekatan pemasaran email yang tepat bisa menjadi salah satu keajaiban dalam pertumbuhan bisnis Anda. Email masih merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjangkau pelanggan Anda karena orang jarang mengubah email mereka dari waktu ke waktu. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk menghangatkan kembali ketertarikan pelanggan Anda dan mengkonversinya menjadi seorang pembeli potensial.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat daftar email. Gunakan tools seperti pop up dan subscription bars yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Jangan mencoba untuk menjual atau mempromosikan produk Anda di kotak yang bermunculan tersebut. Sebagai gantinya, tawarkan beberapa penawaran eksklusif, kode promosi, dan sesuatu yang menarik bagi pengunjung Anda dan memicu mereka untuk menuliskan alamat email mereka.

Ketika Anda membuat daftar, buatlah rencana keterlibatan email dan tetap berpegang pada rencana tersebut. Hal tersebut dilakukan bukan untuk mengganggu para pelanggan Anda dengan email yang terlalu banyak, melainkan untuk memastikan bahwa mereka sudah mendapatkan email yang bisa membuat mereka ingat terhadap brand bisnis Anda.


Nah, itulah tiga tips sederhana yang bisa Anda langsung terapkan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Selamat mencoba!

Sumber: ,

Join Us

Artikel - Artikel Terkait