3 Tips Membangun Toko Online di Facebook Agar Terlihat Profesional

3 Tips Membangun Toko Online di Facebook Agar Terlihat Profesional

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, bahkan media sosial nomor satu dari segi jumlah penggunanya menurut hasil penelitian Global Web Index, perusahaan riset pasar asal London, Inggris.

Menurut laporan yang bertajuk GWI Social, Global Web Index menyatakan bahwa pada 2014 Facebook masih menjadi yang nomor satu dari segi jumlah anggota dan pengguna aktif, dibandingkan dengan media sosial lainnya.

“Sekitar 81 persen orang dewasa berusia 16 sampai 64 tahun mengaku mempunyai akun Facebook, sementara 42 persen di antaranya menyebut diri sebagai pengguna aktif,” tulis GWI dalam situs resminya.

Fakta bahwa Facebook adalah media sosial terfavorit menunjukkan bahwa pengguna Facebook adalah target pasar yang potensial. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh banyak orang dengan membuka toko online di Facebook atau menjadikan Facebook sebagai salah satu channel pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.

Nah, bagi Anda pemilik toko online di Facebook, tiga tips berikut bisa diterapkan guna menjadikan toko online Anda tampak profesional sehingga banyak pengguna Facebook yang tertarik menjadi pelanggan Anda.

1. Buat Halaman Fan di Facebook (Facebook Page)

Akun Facebook terdiri dari dua jenis, yaitu akun personal (personal account) dan halaman fan di Facebook (Facebook page). Akun jenis pertama adalah akun yang diperuntukkan untuk individu dan tujuannya untuk menjalin hubungan sosial, sedangkan akun jenis kedua adalah akun yang diperuntukkan untuk perusahaan, organisasi, dan figur publik yang ingin merepresentasikan dirinya di Facebook.

Sebagai toko online yang ingin menjadikan Facebook sebagai media bisnis, Anda sebaiknya menggunakan halaman fan sebagai toko online. Kelebihan halaman fan adalah Anda dapat mengiklankan halaman fan Anda & setiap posting produk yang Anda lakukan di dalam toko online Anda. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan jangkauan audience Anda secara lebih luas & tertarget.

2. Buat Kesan Profesional dengan Memasang Foto Profil dan Cover yang Menarik

Setelah membuat halaman, isilah foto profil dan cover halaman Anda dengan gambar yang menarik. Untuk foto profil, disarankan Anda memasang logo toko online Anda di situ. Untuk bagian cover, disarankan Anda memasang gambar berupa produk-produk yang Anda jual yang telah didesain semenarik mungkin. Buatlah gambar yang didesain khusus untuk dipasang di bagian foto profil dan cover. Memasang foto profil dan cover yang memiliki desain yang menarik adalah bagian dari pengelolaan halaman secara profesional.

Selain itu foto & deskripsi produk yang dijual sangatlah penting. Calon pembeli akan mencari tahu setiap detail produk yang akan dibeli melalui gambar & deskripsi yang ada. Berikut artikel untuk membantu Anda mempelajari cara pengambilan foto produk yang baik.

3. Kelola Halaman Secara Elegan

Setelah Anda membuat halaman, maka tugas selanjutnya adalah mengelola halaman tersebut secara elegan. Mulai dari menjaring pengguna Facebook untuk menjadi fans halaman toko online Anda, hingga mengajak mereka untuk berinteraksi, semuanya harus dilakukan secara elegan.

Apa sih yang dimaksud dengan mengelola halaman secara elegan? Mengelola halaman secara elegan artinya Anda tidak menjadi spammer dengan melakukan tindakan-tindakan yang mengganggu kenyamanan para pengguna Facebook, seperti mengajak sembarangan orang untuk menyukai halaman Anda lewat fitur invite, menulis pesan di inbox orang lain yang isinya adalah ajakan untuk me-like halaman Anda, dan berkomentar di post halaman lain yang mana isi komentar tersebut tidak sesuai dengan topik yang terdapat dalam isi post.

Adapun salah satu cara menjaring pengguna Facebook untuk menjadi fans halaman toko online Anda secara elegan adalah dengan meng-invite orang yang diduga kuat akan menyukai halaman Anda. Hal ini cukup sulit dilakukan kecuali kepada teman atau kerabat dekat. Oleh karena itu, dalam menjaring fans, sebaiknya Anda tidak mengandalkan cara ini saja.

Cara elegan yang termudah untuk menjaring fans adalah dengan cara beriklan di Facebook. Cara ini memang tidak gratis. Namun, jangan khawatir karena beriklan untuk menjaring fans di Facebook sangat murah bila dibandingkan dengan efektivitas hasil dan efisiensi waktu yang Anda dapat. Bahkan ini merupakan investasi awal yang sangat penting untuk Anda lakukan karena begitu Anda memiliki ribuan bahkan puluhan ribu fans yang sesuai dengan target produk Anda, maka cepat atau lambat investasi yang Anda lakukan akan kembali dalam bentuk pembelian yang dilakukan oleh para fans toko online Anda.

Demikian tiga tips membangun toko online di Facebook agar terlihat profesional. Dengan menerapkan tiga tips ini, toko online Anda akan terlihat profesional sehingga bisa menarik para pengguna Facebook untuk berkenalan dengan toko online Anda, yang nantinya tidak menutup kemungkinan mereka akan beralih menjadi pelanggan setia.
Selamat mencoba!

Artikel - Artikel Terkait