4 Alasan Toko Online Membutuhkan Website untuk Berkembang

website ecommerce

Dua syarat sebuah bisnis dapat bertumbuh adalah, Anda harus dapat mengakuisisi konsumen baru dan pada saat yang sama mempertahankan konsumen yang ada secara konsisten. Pada umumnya toko offline memiliki kendala untuk memenuhi persyaratan tersebut. Memiliki website eCommerce dapat mengatasi kekurangan dari toko offline sambil meningkatkan penjualan produk Anda. Berikut adalah 4 alasan mengapa bisnis Anda memerlukan website eCommerce untuk berkembang:

1. Mengumpulkan data konsumen untuk email marketing

Memang tidak mudah untuk mendapatkan alamat email pengunjung Anda. Perlu diketahui bahwa pembeli pertama di website Anda cenderung menolak untuk memberikan informasi pribadi mereka di webite Anda. Oleh karena itu fokuskan kepada konsumen Anda yang sudah melakukan pembelian. Customer yang sudah melakukan pembelian lebih mungkin untuk memberikan email untuk mengetahui update produk atau promosi di toko Anda.

Email marketing memberikan Anda kemampuan untuk meningkatkan bisnis dengan cara strategis dan secara terus menerus meningkatkan hubungan dengan konsumen. Kesempatan ini tidak akan pernah Anda dapatkan jika Anda hanya membangun bisnis offline. Anda juga harus mengembangkan kemampuan dalam mengirimkan email marketing dengan berbagai macam konten dan jenis penawaran dari website Anda. Email marketing yang baik akan memberikan konversi yang tinggi untuk channel penjualan Anda.

2. Menjangkau potensial konsumen melalui mesin pencari

Salah satu perbedaan antara online store dan offline adalah, keberhasilan offline store tergantung dari lokasi toko Anda & kemudahan diakses atau dilihat oleh konsumen. Memiliki website eCommerce dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tapi website eCommerce Anda akan cukup bertarung di mesin pencari, semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari maka semakin mudah juga konsumen untuk menjangkaunya. Setiap hari konsumen akan mencari sesuatu yang berhubungan dengan website Anda terlepas dari lokasi offline store yang Anda miliki. Salah satu cara untuk meningkatkan bisnis website eCommerce Anda dengan mengoptimalkan website Anda di mesin pencari.

3. Meningkatkan promosi toko Anda

Setiap toko memiliki promosi tertentu dan berkeinginan untuk menyebarkannya agar semua konsumen dan calon konsumen mereka mengetahuinya dan merasakan manfaatnya. Membangun website eCommerce adalah salah satu cara untuk mempromosikan program promosi yang toko offline Anda sedang jalankan. Promosi ini juga adalah cara pertama untuk mengetahui keefektifan alamat email yang Anda kumpulkan melalui website. Promosi membantu bisnis tumbuh dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Sedangkan dalam jangka waktu panjang, promosi meningkatkan hubungan dengan konsumen untuk kegiatan bisnis lainnya di masa yang akan datang.

4. Konsumen Anda dapat berbelanja dimanapun dan kapanpun mereka butuhkan

Anda membutuhkan berbagai cara agar konsumen Anda dapat berbelanja produk yang Anda sediakan melalui website eCommerce Anda. Semakin banyak orang melakukan belanja online karena kenyamanannya dan kemudahan akses. Konsumen tidak perlu melalui kemacetan untuk berbelanja atau menunggu toko Anda hingga buka karena toko online buka selama 24 jam. Meskipun ada beberapa orang yang menginginkan berbelanja di toko offline untuk memeriksa barang atau produk Anda. Namun jika konsumen mengetahui bahwa toko offline Anda memiliki website, mereka akan memerika produk di website Anda kemudian melakukan pembelian di toko offline Anda.

Memiliki toko offline dan website eCommerce semakin menguatkan posisi bisnis dan produk Anda di pikiran konsumen. Karena sifatnya yang saling melengkapi satu sama lain. Jadi tunggu apalagi, bangun website eCommerce Anda sekarang!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait