4 Cara Dasar Meningkatkan Pengunjung Website eCommerce yang Harus Anda Ketahui

4 Cara Dasar Meningkatkan Pengunjung Website eCommerce yang Harus Anda Ketahui

Setiap pelaku bisnis eCommerce akan selalu berusaha meningkatkan pengunjung websitenya. Hal ini adalah sesuatu yang wajar karena semakin banyak pengunjung, maka potensi terjadinya penjualan juga akan semakin besar.

Ada beberapa cara dasar yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website eCommerce, empat di antaranya adalah sebagai berikut:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Secara singkat, SEO adalah teknik mengarahkan pengguna internet ke website tertentu dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Mesin pencari berfungsi untuk membantu orang menemukan apa yang mereka cari di internet dengan mencocokkan pencarian mereka dengan hasil pencarian yang berkualitas dan relevan.

Teknik ini sangat penting untuk sebuah online shop mengingat mayoritas konsumen akan melakukan riset & mencari informasi mengenai sebuah barang sebelum mereka melakukan pembelian.

Cara praktis melakukan teknik ini adalah dengan membuat konten tulisan sebanyak-banyaknya dan mempostingnya di blog setiap hari. Pastikan halaman blog berisi judul dan isi konten yang mengandung kata kunci yang Anda targetkan.

Misalnya, Anda menjual tas laptop dan ingin website eCommerce Anda berada pada halaman pertama dalam hasil pencarian Google. Nah, hal yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci Tas Laptop di dalam konten-konten tulisan yang diposting di blog website eCommerce milik Anda. Namun, pastikan kata kunci yang dimasukkan ke dalam konten tidak berlebihan dan konten yang Anda buat bukan merupakan hasil copy paste karena Google mampu mengenali konten yang menarik, original, dan unik.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO yang ‘gratis’, SEM mengharuskan penggunanya mengeluarkan sejumlah uang untuk beriklan di halaman mesin pencarian. Dengan SEM, website eCommerce kita akan muncul di halaman pertama suatu mesin pencari. Mesin pencari yang menjadi favorit untuk melakukan teknik SEM adalah Google.

Perbedaannya dengan SEO adalah jika SEO membutuhkan waktu lebih dari tiga bulan, maka SEM hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit agar website eCommerce kita tampil di halaman pertama Google. SEM terkadang juga disebut PSM (Paid Search Marketing).

Teknik SEM yang cukup populer digunakan adalah Google AdWords & Google AdSense. Berikut artikel yang dapat Anda baca untuk mempelajari lebih detail tentang mengenai Google AdWords

3. SMO (Social Media Optimization)

Banyaknya pengguna social media adalah penyebab utama kemunculan teknik ini. Cara meningkatkan pengunjung website eCommerce melalui teknik SMO adalah dengan membagikan link situs melalui social media, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Google Plus, Kaskus, dan Youtube.

Untuk melakukan teknik ini, kita bisa dengan menggunakan akun social media milik kita sendiri atau membayar pihak lain yang memiliki akun social media berpengaruh (buzzer). Jika memilih opsi pertama maka kita harus membangun komunitas terlebih dahulu sebelum bisa melakukan SMO. Untuk opsi kedua maka kita bisa merasakan hasilnya dalam waktu dekat.

Daya tarik utama dari teknik ini adalah kemampuannya dalam menciptakan efek viral dalam waktu yang singkat. Selain itu, social media yang terdiri dari berbagai macam platform juga menjadikan SMO memiliki berbagai teknik spesifik, yang memiliki perbedaan antara satu sama lain. Misalnya, Facebook Ads berbeda dengan Twitter Ads, Video Ads berbeda dengan Kaskus Ads, dan sebagainya.

4. Email Marketing

Email marketing, sesuai dengan namanya, adalah penggunaan email sebagai alat bantu untuk marketing suatu produk ataupun jasa. Caranya dengan mengirimkan email yang berisikan link yang akan mengarahkan orang menuju situs eCommerce kita.

Untuk melakukan teknik ini, isi email yang akan Anda kirimkan ke orang lain perlu dirancang sedemikian rupa agar orang mau mengeklik-nya. Biasanya, isi email marketing adalah paduan antara gambar dan tulisan atau gambar saja yang di dalam gambar tersebut berisikan penawaran menarik. Gambar yang sudah disisipi link akan mengarahkan orang yang mengeklik isi email tersebut menuju website eCommerce milik Anda.

Demikian empat cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung website eCommerce. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa menerapkan keempat teknik tersebut secara bersamaan atau bahkan menggabungkan keempat teknik tersebut. Misalnya, konten yang sudah Anda posting di blog juga Anda posting di Facebook. Konten artikel yang ada di blog Anda buat kultwit (kuliah twitter) lalu Anda posting di akun Twitter Anda. Demikian seterusnya.

Terapkan tips-tips di atas dan bersiaplah untuk menyaksikan terjadinya peningkatan pengunjung website eCommerce milik Anda. Selamat mencoba!

Ditulis oleh : Adnan Syafii

Join Us

Artikel - Artikel Terkait