4 Cara Mendapatkan Lebih Banyak Referral untuk Bisnis Anda

referral

Secara alamiah, orang cenderung lebih percaya kepada orang yang mereka kenal atau ketahui. Itulah mengapa referral menjadi metode pemasaran yang sangat penting. Orang-orang yang mengetahui bisnis Anda dan puas dengan hasilnya, juga mengetahui orang lain yang akan mendapatkan keuntungan dari bisnisnya. Nah, jika Anda ingin agar orang-orang bersedia mengenalkan bisnis Anda kepada orang lain, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Meminta izin lebih awal untuk berkomunikasi lebih lanjut

Apabila Anda merasa sudah memberikan usaha sebaik mungkin kepada pelanggan atau klien, dan mereka terlihat puas dengan hasilnya, maka seharusnya tidak ada yang perlu Anda takutkan untuk meminta referral dari pelanggan atau klien tersebut. Dengan meminta izin lebih awal untuk menjalin komunikasi lebih lanjut, Anda tidak akan merasa canggung untuk meminta referral kepada mereka di kemudian hari. Anggap saja cara ini sebagai “peringatan” awal agar pelanggan atau klien tersebut tidak merasa kaget ketika Anda meminta referral dari mereka.

Menciptakan program reward

Jangan membayangkan program reward sebagai sesuatu yang rumit, di mana Anda harus menyiapkan hadiah yang benar-benar “wah” untuk membuat pelanggan melakukan referral. Pada kenyataannya, reward program bisa dilakukan dengan sesimpel tweet nama pelanggan atau mendedikasikan sebuah bagian di website Anda untuk menghargai orang-orang yang telah membantu bisnis Anda.

Anda juga bisa menerapkan program reward berdasarkan jumlah pelanggan baru yang berhasil mereka bawa melalui referral. Semakin banyak jumlahnya, semakin banyak pula hadiah yang bisa didapatkan. Namun, ingatlah bahwa reward program tak harus memiliki sistem yang tetap. Anda selalu bisa mengubahnya berdasarkan kreativitas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mengadakan kontes referral

Tidak hanya mendapatkan referral, kontes juga dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Anda tidak perlu mengadakan kontes yang rumit. Misalnya, Anda bisa membuat partisipan berkompetisi untuk mendapatkan referral dengan jumlah terbanyak dalam periode waktu tertentu, di mana hadiah yang akan Anda berikan adalah diskon spesial. Semakin banyak referral yang berhasil menjadi pelanggan baru, semakin banyak diskon yang akan mereka dapatkan. Apapun bentuk kontesnya, pastikan pelanggan bisa berpartisipasi dengan mudah.

Menyebarkan informasi di kalangan industri bisnis

Tahukah Anda bahwa sebanyak 43% dari seluruh pelanggan di seluruh dunia cenderung membeli produk baru ketika mereka mempelajari informasinya melalui media sosial? Jaman sekarang, informasi dapat berfungsi sebagai sebuah kekuatan atau kontrol. Jika Anda bisa memberikan apa yang diinginkan oleh orang lain, maka kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan bisnis Anda ke orang-orang yang dikenalnya.

Tunjukkan bahwa Anda memiliki ilmu dan informasi yang dibutuhkan target audiens Anda. Media sosial dapat menjadi platform yang tepat untuk ini. Jika bisnis Anda sudah mempunyai halaman Facebook atau akun Twitter, usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Jika ada beberapa pertanyaan yang sama, Anda bisa menjawabnya dengan membuat postingan khusus di blog website Anda, lalu menaruh link-nya di akun media sosial.


Cara apapun yang Anda pilih untuk terapkan, pastikan Anda selalu berkomitmen. Luangkan waktu dan energi untuk merancang strategi yang tepat agar Anda bisa mendapatkan sebanyak mungkin referral dari pelanggan. Good luck!

Sumber: The Sales Blog, kickofflabs

Join Us

Artikel - Artikel Terkait