4 Faktor Penting Dalam Memilih YouTube Influencer Untuk Bisnis Anda

youtube influencers

Apakah Anda tertarik untuk bekerjasama dengan salah satu dari banyak content creator di YouTube? Dengan pemilihan influencer yang tepat, Anda bisa mendapatkan perhatian dari pelanggan potensial yang mungkin sedang mencari review, tips, atau tutorial mengenai produk tertentu, yang bisa saja produk Anda.

Namun, bekerja sama dengan YouTube Influencer bukanlah sekadar memberikan barang dan meminta mereka menjadikannya sebagai konten video. Salah dalam memilih influencer bisa jadi masalah besar bagi produk Anda. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk bekerja sama dengan YouTube influencer.

Carilah YouTuber yang memiliki konten otentik

Sebuah video yang terasa palsu atau mungkin dibuat berdasarkan script akan berimbas pada keengganan audiens untuk menontonnya hingga selesai. Dengan kata lain, informasi yang diberikan tidaklah lengkap. Oleh karena itu, sebaiknya carilah YouTuber yang tahu dan sungguh-sungguh suka dengan brand Anda. Biarkan mereka membuat konten sebaik mungkin.

Konten video seperti ini akan terasa autentik dan natural, tak terlihat seperti iklan. Audiens suka dengan konten seperti ini sebab mereka buka YouTube bukan untuk menonton sebuah iklan, melainkan review yang otentik dan jujur.

Pilih berdasarkan kecocokan, bukan followers

Ketika menjalankan sebuah campaign, mungkin naluri Anda akan memilih YouTuber yang memiliki banyak subscribers dengan harapan semakin banyak orang yang akan mengenal produk Anda. Secara teori memang masuk akal, tapi bila YouTuber yang Anda pilih tidak cocok dengan produk Anda, hasilnya tidak akan maksimal.

Influencer dengan size followers dalam rentang small dan medium sering kali memiliki komunitas yang spesifik. Dengan kata lain, Anda akan lebih mudah menarget pelanggan potensial sesuai dengan target market Anda sehingga cost yang dikeluarkan lebih efektif. Hal ini belum termasuk engagement yang lebih besar dari followers setia mereka.

Track respon audiens dengan link khusus

Dalam satu konten, umumnya influencer akan mencantumkan link menuju website, blog atau laman produk. Sebaiknya, pastikan Anda mentrack aktivitas link tersebut. Dengan sistem tracking link ini, Anda akan paham mana influencer yang efektif dan mana yang tidak sehingga Anda dapat dengan mudah memutuskan untuk bekerja sama di masa yang akan datang.

Jangan ragu untuk memintanya memasang link tersebut di bagian paling atas deskripsi video sehingga penonton mudah menemukan dan mengklik link tersebut. Sebab, YouTube biasanya memberikan sedikit space untuk meletakkan teks sebelum audiens harus mengklik ‘Show More’ untuk melihat deskripsi video selengkapnya. Tentu Anda tidak ingin link Anda tenggelam di dasar deskripsi, bukan?

Berikan kode kupon

Memang sulit melakukan tracking hasil konversi di YouTube. Contohnya, mungkin saja viewers menjangkau website Anda dengan membukanya di tab baru. Tentu Anda tak mungkin bisa tahu hasil konversinya karena pasti tidak muncul di report bulanan analytic bahwa sang viewer tahu dari channel YouTube tertentu.

Cara paling mudah untuk mengetahui ROI adalah dengan memasang kode kupon. Kode ini dapat memancing orang untuk melakukan action setelah melihat informasi yang Anda berikan. Pastikan kode ini eksklusif hanya ada di YouTube sehingga Anda dapat melihat berapa banyak orang yang memasukkan kode kupon ini untuk membeli produk Anda.


Menginvestasikan budget marketing dengan bekerja sama bersama YouTube Influencer bukanlah hal yang sia-sia. Justru, YouTube Influencer bisa jadi perantara word-of-mouth yang baik serta efektif dalam menjangkau pelanggan potensial Anda. Selama Anda teliti dalam memilih influencer, budget efektif bukanlah impian semata.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Social Media Examiner, Tubular Insight

Join Us

Artikel - Artikel Terkait