4 Faktor Penting Untuk Membuat Event Bisnis yang Fenomenal

event bisnis

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan konsumen baru sekaligus berterima kasih kepada konsumen lama adalah dengan mengadakan event bisnis. Meski terdengar seru, tak dapat dipungkiri bahwa proses pembuatan event cukup merepotkan. Diperlukan perencanaan yang matang dan tim yang solid agar event Anda bisa berjalan sukses dan sesuai rencana. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini yang akan berguna dalam pembuatan event.

Tentukan tujuan dan target audiens

Apa hal yang ingin Anda capai atau dapatkan melalui event bisnis ini? Misalnya, Anda ingin menciptakan awareness, menarik perhatian media lokal, atau merayakan ulang tahun brand. Tentukan tujuan yang pasti agar Anda bisa menetapkan event seperti apa yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut.

Tak hanya itu, menentukan tujuan event juga akan membantu Anda untuk menetapkan audiens seperti apa yang hendak Anda tuju. Katakanlah Anda ingin menargetkan audiens dari kalangan millennial. Namun, cobalah untuk lebih spesifik. Kaum millennial seperti apa yang Anda maksud? Apakah yang masih duduk di bangku kuliah, fresh graduate, atau sudah bekerja selama 1-2 tahun? Dengan mengenali audiens, Anda bisa menyusun event yang tepat sasaran sehingga peluang suksesnya lebih tinggi.

Lokasi adalah faktor penting

Lokasi merupakan salah satu kunci utama kesuksesan suatu event bisnis. Pikirkan tema dari event Anda, atmosfer yang ingin Anda ciptakan, dan lokasi seperti apa yang dapat mendukungnya. Jika Anda belum bisa memastikan berapa banyak orang yang akan datang ke event, sebaiknya pilihlah lokasi yang cukup fleksibel. Misalnya, Anda bisa menyewa ruangan konferensi dengan dinding yang dapat digeser sehingga mempermudah Anda untuk melakukan konfigurasi tergantung dari jumlah audiens.

Susun budget yang rasional

Menciptakan event memerlukan banyak pengeluaran. Itulah mengapa Anda perlu menyusun budget agar pengeluaran tersebut tidak memengaruhi kondisi finansial perusahaan. Masalahnya, pada banyak kasus, biaya yang harus dikeluarkan biasanya lebih banyak dari budget yang telah disusun. Jika hal ini terjadi pada event Anda, tidak ada salahnya untuk menyesuaikan beberapa komponen pada event. Contohnya, Anda bisa pindah ke lokasi yang disewakan secara gratis oleh beberapa pihak atau mengurangi dekorasi yang sifatnya 'good to have'.

Namun, jika penyesuaian tersebut tidak memungkinkan, mau tak mau Anda harus bekerja lebih keras untuk menambah pemasukan. Tergantung dari jenis event yang dibuat, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari sponsor, menjual tiket lebih awal, atau bekerja sama dengan bisnis lain untuk membagi biayanya.

Ciptakan buzz dan undang media

Sebagus apa pun event yang Anda buat, hal tersebut akan percuma apabila tidak ada audiens yang datang. Anda perlu menciptakan buzz untuk membuat target audiens tertarik terhadap event Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Post berbagai foto dan video tentang behind the scene pengerjaan event atau countdown menuju event. Jangan lupa membuat konten visual semenarik mungkin untuk menginformasikan detail event.

Selain menciptakan buzz, tidak ada salahnya pula untuk mengundang media lokal agar bisnis Anda mendapat awareness yang lebih tinggi. Kirimkan press release kepada jurnalis dan blogger lokal tentang event Anda, undang mereka untuk datang ke event, dan kirimkan kembali press release setelah event sebagai follow-up. Adanya publisitas dari media dapat menyebarkan event Anda ke orang-orang yang tak dapat menghadiri secara langsung.


Selain keempat poin di atas, pastikan pula tidak ada event besar lain yang diadakan dalam waktu bersamaan dengan event Anda. Terlebih jika event tersebut diadakan oleh kompetitor Anda. Dengan begini, target audiens Anda pun memiliki jadwal kosong sehingga bisa hadir ke event Anda dan Anda juga tak perlu berkompetisi dengan event lainnya.

Good luck on your business event!

Sumber: Inc., Eventbrite

Join Us

Artikel - Artikel Terkait