4 Ide Kreatif Pengaplikasian Twitter Polls untuk Bisnis Anda

Twitter Polls

Agar setiap promosi bisnis yang dilakukan dapat tepat sasaran, Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target audiens. Salah satu cara paling efektif yang dapat Anda terapkan melalui media sosial adalah menggunakan Twitter Polls, fitur polling yang baru-baru ini dirilis oleh Twitter. Twitter Polls memungkinkan Anda untuk melempar pertanyaan sederhana pada followers Anda dan membiarkan mereka memilih jawaban secara anonim.

Twitter Polls merupakan strategi yang bagus untuk menyelami pikiran audiens Anda, terutama para pengguna Twitter. Di sisi lain, Anda juga bisa melakukan engagement dan pengalaman bisnis yang menyenangkan melalui Twitter. Lalu, hal apa saja yang bisa Anda manfaatkan pada Twitter Polls?

Mengadakan riset pasar

Twitter

Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan Twitter Polls adalah dengan mengadakan riset pasar. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang tepat, Anda bisa mendapat insight berharga tentang perilaku dan kebiasaan followers Anda. Anda juga bisa secara cepat menemukan apa yang mereka cari dalam sebuah produk atau jasa, preferensi mereka, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Twitter Polls pun dapat menjadi cara yang sangat membantu untuk mengetes produk atau jasa baru yang hendak diluncurkan brand Anda.

Riset pasar

Sebagai permulaan, ajukan pertanyaan yes or no seperti “Apakah Anda akan tertarik jika kami menciptakan fitur A?” atau “Maukah Anda membeli produk B jika tersedia esok hari?”. Dari jawaban tersebut, Anda bisa lanjut pada polling yang lebih detail. Misalnya, Anda bisa langsung mengajukan pertanyaan seperti “Mana fitur yang paling penting bagi Anda?” atau “Warna produk apa yang paling Anda sukai?”.

Riset tentang konten

fitur twitter

Promosi sekreatif apapun akan menjadi percuma jika konten yang disajikan tidak menarik. Konten yang bagus mampu meningkatkan brand loyalty dan brand image, yang nantinya pasti berpengaruh pada feedback. Agar terhindari dari feedback bernada negatif, Anda bisa memanfaatkan Twitter Polls. Gunakan fitur tersebut untuk mengajukan pertanyaan yang jawabannya Anda butuhkan pada konten Anda. Lemparkan pertanyaan-pertanyaan relevan agar bisa menulis postingan blog yang berhasil menarik traffic. Bahkan jika tidak mendapatkan jawaban yang diinginkan, Anda pasti masih akan menerima insight yang menarik untuk dibahas pada konten-konten blog selanjutnya.

Membahas tren dan budaya terkini

brexit

Percaya atau tidak, kini orang-orang mendapat berbagai berita terbaru melalui Twitter. Setiap kali ada isu, tren, berita, atau budaya yang sedang ramai dibicarakan, timeline Twitter pasti tidak mau ketinggalan untuk membahas hal yang sama. Manfaatkan hal ini untuk melakukan engagement dengan followers Anda. Tentunya harus berhubungan dengan bisnis yang Anda jalani atau image yang Anda ciptakan. Masih ingat dengan fenomena “The Dress” yang kombinasi warnanya membuat audiens terpecah menjadi dua kubu (putih-emas dan biru-hitam)? Banyak brand yang langsung menanyakan pendapat audiens melalui Twitter mengenai warna yang mereka lihat. Meski saat itu Twitter Polls belum resmi dirilis, fenomena tersebut dapat menjadi contoh bagus untuk memanfaatkan momen yang ada. Contoh lain adalah perbedaan pendapat terkait isu international seperti #UKreferendum atau #Brexit. Tentu Anda tidak harus selalu mengadakan polling tiap kali ada tren baru, namun hal ini juga dapat membantu menjaring audiens baru melalui hashtag-hashtag relevan.

Memilih hadiah sendiri

twitter followers

Mengadakan kontes merupakan salah satu kampanye paling kuat yang bisa Anda lakukan melalui media sosial. Jika sedang mencari cara untuk membangun hype sebelum mengadakan kontes, Twitter Polls dapat membantu Anda. Mintalah followers untuk memilih satu dari beberapa hadiah yang akan Anda berikan. Atur Twitter Polls agar berlangsung selama sehari sehingga bisa membangun hype sekaligus memberi waktu pada followers untuk merespon. Setelah mendapat hasil, ucapkan terima kasih, umumkan hasil polling, dan segera adakan kampanye kontes tersebut. Apabila Anda mendapatkan respon yang baik pada Twitter Polls, followers Anda berarti tertarik pada hadiah yang ditawarkan. Kemungkinan besar kontes Anda akan mendapat respon yang sama bagusnya pula.


Twitter Polls memang dapat menjadi perangkat efektif dalam memajukan bisnis, namun yang terpenting, jangan lupa untuk bersenang-senang. Sesekali, tidak ada salahnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan bersifat konyol atau bercanda. Hal ini pernah dilakukan oleh Norm Kelly, Toronto City Councillor, yang melempar “pertanyaan” berupa lirik lagu Hotline Bling milik Drake. Memanfaatkan Twitter Polls untuk hal-hal bersifat lucu dapat menunjukkan sisi humanitas Anda dan tentunya akan menaikkan tingkat engagement melalui Twitter.

Selamat mencoba!

Sumber: Hootsuite Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait