4 Jenis Iklan Online untuk Kesuksesan Bisnis Anda

4 Jenis Iklan Online untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Sesuai namanya, iklan online adalah iklan yang dipasang di ranah online menggunakan jaringan internet. Apabila dibandingkan dengan iklan konvensional seperti iklan broadcast di TV dan radio, iklan online memang masih tergolong baru. Namun, manfaatnya sungguh luar biasa. Terlebih lagi, iklan online mempermudah Anda melihat dampak yang dihasilkan oleh iklan yang Anda pasang itu.

Tidak hanya itu, jenis iklan online pun begitu banyak sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda. Dari sekian banyak jenis iklan online yang tersedia, berikut beberapa yang layak Anda pertimbangkan.

Paid Search

Berkat kehadiran mesin pencari online, kini mencari informasi jadi bisa dilakukan dengan super mudah. Saat ini, mesin pencari online yang paling banyak digunakan orang adalah Google. Menurut Google, ada 84% konsumen yang mencari produk di mesin pencari online mereka sebelum membelinya. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan Google untuk memasang iklan online.

Demi memenuhi kebutuhan para pengiklan, Google pun menyediakan fitur paid search melalui Google Ads. Dengan Google Ads, Anda bisa menargetkan keywords khusus untuk menggiring konsumen pada halaman website Anda. Jadi, ketika orang mengetikkan keywords tersebut di Google, website Anda akan muncul di deretan teratas dengan label “Ads” atau “Iklan”. Menariknya, Google Ads tidak hanya bisa digunakan untuk paid search di hasil pencarian mereka, tapi juga bisa untuk YouTube dan aplikasi mobile.

Email Marketing

Pernahkah Anda mendapatkan email promosi dari brand atau perusahaan tertentu? Inilah yang disebut dengan email marketing. Jenis iklan online satu ini mungkin terkesan “jadul” apabila dibandingkan dengan iklan paid search Google, tetapi hingga sekarang efektivitasnya masih cukup tinggi. Bahkan menurut data dari McKinsey and Company, email marketing dinilai empat puluh kali lebih efektif daripada media sosial.

Lalu, dari mana Anda bisa mendapatkan alamat email konsumen? Anda bisa memanfaatkan website Anda. Minta pengunjung website untuk memasukkan email mereka. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan penawaran menarik. Contohnya memberikan e-book tentang industri yang Anda geluti atau potongan diskon untuk mereka yang baru pertama kali subscribe.

Video Marketing

Sejak tahun lalu, video marketing memiliki banyak peminat. Tren jenis iklan online satu ini sepertinya masih akan booming pada tahun ini. Memberikan visual yang bergerak serta suara dalam satu konten, video marketing pun memiliki efektivitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan laporan dari Vidyard menyebutkan bahwa 70% perusahaan menyetujui kalau video marketing memang lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis konten lain.

Kabar baiknya lagi, konten yang bisa ditampilkan melalui jenis iklan online satu ini sangatlah beragam. Contohnya, apabila Anda menjual produk kamera, Anda bisa membuat konten video berisi tutorial penggunaannya. Beberapa konten video lain yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah live stream, demo produk, webinar, dan vlog.

Saat sedang mengunjungi suatu website, pernahkah layar gadget Anda tiba-tiba menampilkan sebuah window secara tiba-tiba? Inilah yang dinamakan dengan iklan pop up. Banyak yang menganggap jenis iklan online satu ini cukup mengganggu. Namun, apabila dilakukan dengan tepat, efeknya sangat baik terhadap bisnis Anda.

Kuncinya adalah jangan menggunakan iklan pop up untuk “memaksa” pengunjung website membeli produk Anda. Anda bisa memanfaatkan pop up untuk mengundang pengunjung agar mau sign up ke newsletter atau email marketing Anda. Gunakan copywriting yang menarik dan tampilkan desain pop up yang outstanding sehingga pengunjung jadi tergiur untuk menulis email mereka di website Anda.

Iklan online sudah mengalami banyak perkembangan sejak bertahun-tahun lalu. Salah satu buktinya bisa dilihat dari jenis iklan online yang bertambah. Bijaklah dalam memilih jenis iklan online sehingga bisa memberikan hasil maksimal untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!


Sources: Antevenio, Niaga Hoster, Hubspot