4 Keuntungan Menjual Produk Digital Secara Online

Online Shop

Dengan kemajuan teknologi saat ini, beberapa produk yang tadinya berwujud fisik dapat digunakan & dinikmati dalam bentuk digital. Misalnya, game, e-book, movie, music & aplikasi/software. Dengan perubahan tersebut, konsumen sangat dimudahkan karena produk-produk tersebut dapat dibeli secara online.

Jika Anda tertarik untuk berbisnis online, produk digital adalah satu pilihan yang paling tepat. Beberapa website ecommerce di Indonesia yang menjual produk digital adalah getscoop, Wayang, iTunes dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah benefit menjual digital produk secara online:

Stok tak terbatas

Produk digital memiliki keunikan yaitu tidak pernah akan ‘out of stock’ atau kehabisan stok. Selama customer Anda tertarik pada produk yang Anda jual, Anda bisa mempunyai kesempatan untuk menjualnya.

Tetapi itu tidak akan membuat produk Anda akan bertahan selamanya. Sebagai contoh, jika Anda menjual majalah secara online untuk tanggal terbit tertentu, tentunya majalah tersebut akan obsolete ketika terbitan yang lebih baru muncul.

Cost rendah

Biaya inventory bisa mencapai 75% dari harga jual, jika produk tersebut dijual secara offline. Tetapi jika Anda membuat produk tersebut secara digital & menjual barang tersebut secara online, biaya inventory Anda bisa turun hingga Rp 0,-.

Dengan menjual produk digital secara online, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya pengiriman & penyimpanan di gudang. Sebagai contoh adalah toko buku online dibanding dengan toko buku offline. Jika Anda membuka toko buku offline, Anda perlu menyewa lokasi, gudang & mengurus semua stok buku.

Target market yang luas

Tidak seperti produk & toko fisik, produk digital tidak memiliki penghalang seperti bea cukai & regulasi pengiriman. Ketika Anda menjual produk yang bisa di download, Anda bisa mencapai customer Anda tidak masalah seberapa jauh customer tersebut.

Jam kerja yang flexible

Dengan memiliki bisnis online sendiri, Anda memiliki kebebasan & jam kerja yang flexible. Terutama karena Anda tidak perlu berjam-jam menunggu toko Anda & melayani setiap pembeli.

Dengan memiliki website ecommerce & terintegrasi dengan payment gateway, customer dapat melakukan semuanya sendiri, dari memilih, membayar hingga mendapatkan barang tersebut.

Sumber: Prestashop

Join Us

Artikel - Artikel Terkait