4 Langkah Memilih Desain Toko Online Anda

Online Store

Dengan teknologi yang semakin maju, banyak orang yang mulai melirik untuk membuka toko online. Apabila Anda salah satu orang yang ingin membuka toko online maka Anda perlu mengetahui beberapa bagian penting dalam membuat toko online yang baik. Salah satu bagian paling penting dalam toko online yaitu desain toko online Anda. Desain toko online sama dengan etalase produk dalam toko konvensional. Anda perlu mendesain toko online yang menarik agar para calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dibawah ini beberapa langkah dalam memilih desain toko online yang baik :

1. Menganalisa produk yang Anda tawarkan
Pertama Anda perlu menganalisa produk yang Anda jual. Apakah Anda menjual sedikit atau banyak produk? Apakah produk yang ditawarkan mempunyai banyak jenis? Misalnya Anda membuka toko gadget online maka Anda perlu membuat website yang simpel dengan penjelasan spesifikasi yang lengkap namun apabila Anda membuka toko fashion online maka Anda perlu menampilkan lebih banyak gambar.

2. Mencari referensi toko online lain
Anda boleh mencari dan membandingkan beberapa toko online yang mempunyai reputasi baik. Misalnya apabila Anda ingin membuka toko fashion online, Anda bisa mempelajari website – website seperti zalora, berrybenka, pinkemma. Anda bisa memperhatikan layout, warna background, foto produk.

3. Mencari template dari situs desain template gratis
Banyak situs yang menawarkan berbagai template desain baik itu berbayar ataupun gratis. Anda bisa mencari ratusan template online store dengan berbagai desain. Beberapa situs yang menawarkan template desain antara lain themeforest.net, sirclo.com, jejualan.com. Anda bisa mencari template yang paling cocok dengan keinginan Anda baik dari segi warna, penempatan foto, dan layout.

4. Mengedit template yang sudah dipilih
Setelah Anda memilih template desain, Anda bisa mengedit template apabila ada beberapa bagian yang ingin Anda ubah. Apabila Anda mempunyai latar belakang pendidikan IT atau desain, Anda bisa mengubah template dengan membuka bagian code tetapi apabila Anda bukan berasal dari latar belakang IT atau desain maka Anda bisa otodidak mengikuti petunjuk tutorial yang diberikan. Anda juga bisa meminta web designer profesional untuk mengubah template sesuai keinginan Anda. Dengan adanya template maka Anda juga bisa menekan biaya desain web.

Sumber: Shoop, Shopify, Appliedminds

Artikel - Artikel Terkait