4 Langkah Membuat Toko Online Anda Up to Date dan Optimal

Online Shopping

Sebagai pemilik toko online, update & maintenance adalah bagian penting dalam bisnis Anda. Bayangkan jika Anda tidak melakukan update & maintenance, beberapa masalah akan terjadi seperti informasi yang sudah tidak up to date, product page yang tidak lagi optimal, SEO metadata hilang dan coupon codes yang sudah lama tidak terpakai (namun masih aktif). Akibat dari hal tersebut, jumlah pengunjung toko online Anda akan berkurang dan revenue akan hilang.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan online store checkup, seperti halnya physical checkup oleh dokter, untuk mengidentifikasi isu-isu yang mungkin terjadi sebelum menjadi masalah besar bagi toko online Anda.

Berikut ini adalah 4 langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat online store Anda tetap terus update dan optimal:

1. Review Kebijakan Toko Online Anda

Sebelum Anda melakukan checkup seluruh halaman dan produk toko online Anda, sebaiknya Anda perlu melakukan review kebijakan-kebijakan toko Anda. Pastikan kebijakan toko online Anda dapat diterima oleh pelanggan dan sejalan dengan tujuan konversi.
Berikut ini adalah beberapa kebijakan yang sebaiknya Anda review:

  • Kebijakan pengiriman barang (Shipping Policy)
  • Kebijakan pengembalian uang (Refund Policy)
  • Kebijakan pengembalian barang (Return Policy)
  • Kebijakan penukaran barang (Exchange Policy)
  • Kebijakan kerahasiaan (Privacy Policy)

2. Optimalkan Halaman Toko Online Anda

Anda dapat melakukan review konten website Anda dimulai dari halaman utama toko online Anda. Halaman utama seperti ‘About’, ‘FAQ’, dan ‘Contact’ sangat penting karena halaman-halaman tersebut biasanya merupakan halaman yang sering dikunjungi dalam bisnis e-commerce dan dapat membantu Anda untuk menghasilkan conversion rate lebih tinggi.

Dalam setiap halaman utama tersebut, Anda dapat melakukan pengecekan berdasarkan beberapa kategori berikut ini:

Clarity & Copy
Setiap halaman harus memiliki tujuan yang spesifik dan fokus. Pesan yang disampaikan dalam setiap halaman harus jelas dan tidak bertele-tele. Setiap halaman juga harus memiliki judul halaman yang sesuai dengan konten halaman. Ketika pengunjung toko online Anda membuka suatu halaman dengan judul tertentu, pastikan bahwa mereka dapat menemukan jawaban dari pertanyaan atau informasi yang mereka cari.

SEO (Search Engine Optimization)
Kebanyakan toko online tidak memiliki judul & meta tag. Judul halaman, meta description, dan URL memainkan peran yang sangat penting dalam visibilitas search engine Anda. Jika Anda dapat melengkapi field tersebut, maka Google dapat lebih memahami apa yang dijual oleh toko oline Anda dan juga dapat meningkatkan jumlah orang yang mungkin akan mengklik link yang berkaitan dengan toko online Anda dari halaman hasil pencarian.

  • Judul maksimal 70 karakter
  • Deskripsi meta maksimal 160 karakter yang berisi salah satu kata kunci (Keywords) Anda.
  • URL harus pendek dan idealnya berisi kata kunci yang relevan dengan halaman tertentu toko online Anda.

Informasi yang Hilang
Pastikan bahwa setiap informasi sudah tercatat. Anda dapat me-review kembali seluruh email dari pelanggan Anda sejak tahun lalu dan mencari pertanyaan yang sering ditanyakan, kemudian Anda dapat langsung meng-update FAQ Anda. Hal ni dapat membantu Anda untuk menghasilkan conversion lebih baik dan mengurangi waktu Anda untuk membalas setiap email dari pelanggan. Anda juga mungkin perlu melihat apakah informasi mengenai pengiriman atau shipping rate dari toko online Anda telah berubah sejak tahun lalu dan lihat apakah halaman informasi pengiriman dari toko online Anda perlu diperbarui.

3. Optimize Product Pages

Setelah Anda melakukan review halaman utama dari toko online Anda, selanjutnya Anda dapat melakukan review dan mengoptimalkan bagian yang paling penting dari toko online Anda, yaitu halaman daftar produk. Beberapa elemen penting yang harus Anda perhatikan yaitu:

Image
Foto adalah elemen yang cukup penting bagi visibilitas pencarian dan juga mendukung proses conversion dari toko online Anda. Anda perlu melakukan review dan meng-update seluruh foto yang perlu di-update. Selain itu, Anda juga perlu melihat beberapa hal berikut ini dari setiap produk dan foto yang digunakan:

Image Rights
Pastikan bahwa Anda memiliki hak penuh terhadap seluruh foto produk toko online Anda. Bukanlah hal yang tabu jika Anda menggunakan foto produk toko online Anda dari vendor atau dari sumber online lainnya, meskipun demikian menggunakan foto tanpa ada izin yang tegas dapat menjadi masalah besar bagi toko online Anda.

Image ALT tags
Pastikan bahwa setiap image (foto) yang ada di toko online Anda telah diberikan tag. ALT tag dapat membantu mesin pencarian untuk memahami maksud dan tujuan dari foto pada toko online Anda dan juga membantu situs dan daftar produk toko online Anda muncul di urutan teratas pada hasil pencarian, terutama pada hasil pencarian foto.

Product Description
Selain foto (image), Anda juga perlu memperhatikan
deskripsi produk dari toko online Anda.

  • Apakah seluruh deskripsi produk Anda original atau tidak menyalin dari supplier/manufaktur manapun?
  • Apakah deskripsi produk tersebut mengandung seluruh informasi penting dan hal teknis yang dibutuhkan oleh pengunjung sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko online Anda?
  • Apakah deskripsi produk tersebut menarik dan dapat membuat seseorang ingin membeli produk tersebut?

Jika jawaban dari seluruh pertanyaan diatas adalah “Tidak”, maka Anda perlu segera memperbaiki deskripsi produk dari toko online Anda dan memastikan bahwa deskripsi produk Anda dapat mudah dikenali dan menarik.

Informasi yang Hilang
Pastikan bahwa seluruh deskripsi produk toko online Anda mengandung seluruh informasi yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko online Anda. Informasi tersebut dapat terdiri dari detil, instruksi, dan informasi teknis bagi setiap pengunjung.

4. Review Coupon/Discount Codes

Sebagai bagian dari proses checkup toko online Anda, Anda juga perlu melakukan pengecekan seluruh kode diskon yang tidak memiliki batas waktu penggunaannya. Lihat setiap kode diskon dari toko online Anda yang sudah tidak valid dan segera perbaiki.

Sumber: Shopify

Artikel - Artikel Terkait