4 Langkah untuk Mulai Mengadakan Hackathon Internal

internal hackathon

Wajar bila sebuah perusahaan menginginkan inovasi terus-menerus di bidang terkait agar bisnis mereka tak berhenti sampai di situ saja. Contohnya saja Facebook. Mark Zuckerberg menginstruksikan kepada setiap pegawainya untuk melakukan minimal satu inovasi dalam sebulan agar media sosial tersebut tak lekang dimakan zaman.

Namun tak mudah mempertahankan semangat karyawan dalam berinovasi. Hadiah saja tak cukup untuk meningkatkan semangat mereka melainkan daya saing tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing karyawan dalam berinovasi adalah mengadakan internal hackaton. Apa itu? Bagaimana cara mengadakannya dengan baik?

Hackathon adalah sebuah ajang dimana setiap peserta memiliki waktu tertentu untuk mendesain sebuah program berbasis komputer sebagai solusi terhadap masalah tertentu. Hackathon sering kali diadakan di kampus, kelas SMA, bahkan perusahaan besar sekalipun secara internal. Inti dari kegiatan ini adalah membuat sebuah inovasi baru terhadap masalah yang dihadapi masyarakat khususnya dengan bantuan teknologi digital.

Hackathon sering pula digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan inovasi baru. Sering kali ide-ide karyawan merupakan ide cemerlang yang dibutuhkan perusahaan. Inilah yang jadi alasan banyaknya perusahaan melakukan hackathon secara internal. Karyawan dipandang sebagai orang-orang yang terlibat langsung dengan pelanggan serta memahami bagaimana interaksi pelanggan dengan aplikasi atau produk yang dimiliki.

Bila Anda memiliki ide untuk membuat hackathon internal di perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar semuanya berjalan dengan lancar serta tetap efektif bagi kemajuan perusahaan.

1. Siapkan peserta – Setiap peserta tentu memiliki ide tersendiri yang mampu mereka tuangkan dalam hackathon. Ide tersebut jugalah yang menjadi alasan terbesar Anda dalam mengadakan acara hackathon ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa calon peserta acara Anda benar-benar sanggup datang ke acara Anda. Jangan ragu untuk mengadakan technical meeting jauh-jauh hari sebelum acara agar persiapan Anda tidak sia-sia.

2. Tentukan tujuan – Tujuan Anda memang jelas, yakni mendapatkan ide-ide bagus dari para peserta. Namun, peserta Anda tentu tidak tahu ide seperti apa yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk itu, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dari segi bidang kerja hingga masalah yang ingin Anda selesaikan. Hal ini akan membantu peserta tetap satu tujuan dengan Anda.

3. Buatlah peraturan yang jelas – Peraturan juga merupakan bagian penting dalam sebuah acara. Ketika seorang peserta mendaftar acara Anda, pastikan mereka sudah menggenggam peraturan tertulis dari Anda sebagai penyelenggara. Buatlah peraturan sejelas mungkin. Bila ada perubahan peraturan, secepatnya kabarkan pada para peserta. Peraturan ini meliputi misi acara, alokasi waktu, pembatasan software atau hardware yang digunakan hingga sumber atau data peserta untuk membuat produk digital tersebut. Jadikan technical meeting sebagai wadah untuk menampung pertanyaan serta aspirasi dari para peserta.

4. Persiapkan fasilitas lomba – Sebagai penyelenggara, Anda berkewajiban untuk memastikan fasilitas yang memadai guna mendukung kelancaran lomba. Sumber listrik wajib ada, dari yang utama hingga cadangan, tak ketinggalan pula koneksi internet yang memadai. Selain itu, makanan dan minuman juga wajib tersedia agar peserta merasa dihargai saat mengikuti lomba.


Mengerti dan memahami apa itu hackathon dan bagaimana cara melakukannya dengan baik akan membantu Anda untuk menciptakan ide-ide segar untuk kemajuan perusahaan. Dengan begitu, tugas Anda dalam membangun perusahaan sebaik mungkin dapat sedikit lebih ringan berkat bantuan dari setiap ide yang muncul di ajang tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Fast Company, TechRepublic, BRIGHTIDEA

Join Us

Artikel - Artikel Terkait