4 Strategi untuk Mengembangkan Database Email Anda

Database Email

Tahukah Anda bahwa database dari email marketing Anda selalu mengalami penurunan sekitar 22,5% setiap tahunnya? Itulah mengapa Anda harus terus menambah kontak baru agar database email Anda terus bertambah atau setidaknya tidak menurun. Terlebih, email telah terbukti menjadi metode yang ampuh untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk memperbanyak database email Anda?

1. Buat formulir sign up yang menonjol

sign up form

Untuk mendapatkan email dari pelanggan, Anda membutuhkan wadah khusus agar mereka bisa memberikan alamat email mereka. Buatlah opt-in (formulir sign up) untuk dipasang di situs Anda. Ya, desain dari opt-in tentu memiliki kekuatan tersendiri dalam menarik pengunjung untuk memasukkan email mereka. Namun, agar lebih menonjol, letakkan opt-in tersebut di banyak tempat sekaligus, misalnya sebagai header, di salah satu sidebar, di bawah setiap postingan, dan lain sebagainya.

Beberapa digital marketer berpikir bahwa hal tersebut bisa mengganggu pengunjung, tetapi Derek Halpern, pemilik situs SocialTriggers.com, justru mampu meningkatkan database email-nya dalam waktu beberapa bulan berkat strategi tersebut.

2. Jelaskan keuntungan yang akan didapat

email newsletter

Coba posisikan diri Anda sebagai target audiens Anda sendiri. Anda tentu ingin tidak ingin menyerahkan alamat email Anda secara cuma-cuma ke orang yang tidak dikenal. Oleh sebab itu, tanyakan dulu kepada diri Anda sendiri, “Apa yang bisa audiens Anda dapatkan setelah memberikan alamat email mereka?” Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa postingan blog Anda memang berkualitas bagus. Postingan blog dapat menjadi sampel gratis dari konten email Anda. Jika postingan blog Anda saja tidak begitu menarik, jangan harap mereka akan memberikan alamat email.

3. Adakan kontes untuk memancing perhatian

subscribe email

Apabila diracik dengan baik, sebuah kontes mampu menciptakan pengalaman engagement yang menyenangkan antara audiens dan Anda. Ada banyak jenis kontes yang bisa Anda adakan, mulai dari kuis, user voting, submission, dan lain sebagainya. Namun, salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan database adalah kompetisi viral.

Untuk mengikutinya, seseorang harus memasukkan alamat email-nya. Ia bisa mendapatkan entry lebih banyak dari setiap orang yang melakukan sign up dari referral-nya. Tentunya Anda membutuhkan hadiah yang “wah” agar orang-orang bersedia menyebarkan kontes Anda untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam memanangkannya.

4. Manfaatkan platform media sosial

facebook sign up

Tak perlu diragukan lagi bahwa media sosial menjadi salah satu perangkat paling powerful untuk digital marketing saat ini. Pilihan platform-nya pun cukup banyak. Misalnya, Anda membuat kampanye di Twitter untuk mempromosikan e-book gratis yang bisa didapatkan dengan memberikan alamat email. Jika punya halaman khusus untuk bisnis Anda, Anda bisa mencantumkan button CTA yang mengarah pada landing page dan hanya bisa diakses apabila pengunjung memasukkan alamat email mereka. Bagi yang cukup aktif di LinkedIn, cantumkan link landing page Anda pada halaman profil LinkedIn perusahaan Anda.


Selain keempat cara di atas, jangan lupa memonitor metrik-metrik tertentu untuk mengetahui apakan strategi yang Anda terapkan berhasil menjaring banyak alamat email pelanggan. Beberapa metrik yang wajib Anda beri perhatian lebih adalah delivery, click-to-open, share/forward, dan tingkat unsubscribe. Selamat mencoba!

Sources: Kissmetrics Blog, Hubspot Blog, ConversionXL Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait