4 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama Anda

tips dapat pekerjaan

Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah, apalagi untuk Anda yang baru saja lulus dari perkuliahan. Ada beberapa perusahaan yang justru welcome dengan fresh graduate seperti Anda, ada juga yang tidak. Biasanya, para calon penerima Anda akan memperhatikan beberapa aspek yang bisa Anda perbaiki dengan tips-tips ini agar Anda dapat mendapatkan pekerjaan pertama Anda. Apa saja tips ini?

Tunjukkan bahwa Anda siap belajar

Meskipun Anda baru saja lulus dari sebuah jurusan, bukan berarti Anda yang paling mengerti tentang jurusan tersebut. Anda baru saja lulus, sedangkan calon penerima Anda sudah terjun ke dunia nyata bertahun-tahun sebelum Anda.

Jangan anggap mereka tidak tahu apa-apa, meski memang mereka tidak lebih tahu dari Anda tentang bidang yang akan Anda kerjakan. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda adalah pribadi yang menyenangkan dan siap untuk belajar terus-menerus. Anda juga sebaiknya bisa meyakinkan mereka bahwa Anda adalah seseorang yang mudah untuk mencari sisi positif dari sebuah situasi.

Beri tahu mereka tentang partisipasi Anda saat kuliah

Berorganisasi dan mengikuti berbagai macam kegiatan saat kuliah cenderung membosankan bagi sebagian mahasiswa, padahal hal ini dapat membuat Anda memiliki banyak nilai plus ketika melamar pekerjaan. Apalagi ketika Anda kerap berpartisipasi di acara yang berhubungan dengan pekerjaan Anda sekarang ini. Misal ikut seminar atau mengikuti lomba. Ceritakan semuanya di CV dan juga ketika Anda wawancara. Biasanya, saat wawancara orang akan diberi kesempatan untuk memperkenalkan dirinya sendiri. Saat itulah kesempatan Anda untuk menjelaskannya.

Orang yang kerap berorganisasi biasanya juga lebih mudah untuk bekerja dalam tim. Tetapi, terkadang mereka juga memiliki kelemahan yakni suka menjadi seseorang yang dominan. Ketika Anda sudah mengetahui kelemahan tersebut ada pada diri Anda, sebaiknya Anda juga ceritakan pada mereka. Anak baru yang dominan mungkin kurang disukai oleh teman-teman dan senior, tetapi kalau pekerjaan Anda berhasil dengan baik atasan pun tak akan protes.

Jangan terlalu banyak bertanya

Malu bertanya sesat dijalan, tetapi terlalu banyak bertanya artinya Anda benar-benar tidak paham. Hal ini bisa menjadi sisi minus saat wawancara nanti. Apalagi bila sebelumnya hal tersebut sudah dijelaskan oleh para pewawancara, Anda justru akan terlihat bodoh. Perhatikan baik-baik setiap perkataan dari mereka, bila ada yang kurang jelas –seperti penjabaran job description—maka Anda boleh bertanya, tapi jangan tanyakan lagi hal yang sama. Bila Anda terus bertanya tentang hal yang sudah dijelaskan, artinya Anda juga termasuk orang yang tak bisa fokus dan tidak mandiri.

Tunjukkan kemampuan Anda dalam pembuatan CV

Biasanya, lulusan desain memiliki CV yang lebih keren daripada yang tidak. Hal ini disebabkan oleh kemampuan desain dari mereka yang membuat mereka bisa membuat CV yang unik dan sesuai dengan kepribadian. Bila Anda bukan jurusan desain pun Anda bisa melakukannya. Sebaiknya sih, tidak mengambil template umum dari Microsoft Word, karena semua juga sudah melakukannya. Bila Anda ingin benar-benar stand out, sebaiknya cari teman yang bisa membantu Anda membuatnya atau cari inspirasi dari template berbayar yang ada di internet. Pastikan CV Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan.


Ada banyak jalan lainnya untuk Anda bisa menjadi seseorang yang tembus ke dalam sebuah perusahaan. Yang jelas, sifat-sifat seperti rasa ingin tahu, kejujuran, loyalitas dan tidak mudah menyerah adalah sisi plus yang harus Anda miliki ketika Anda bekerja dengan seseorang. Bila Anda dapat menunjukkan hal-hal tersebut, perusahaan pasti akan mempertimbangkan Anda.

Semoga beruntung!

Sumber: Forbes, Lifehack

Join Us

Artikel - Artikel Terkait