4 Trik Gemifikasi yang Dapat Diterapkan di Website Ecommerce Anda

Gamifications

Gemifikasi adalah sebuah teknik memanfaatkan mekanisme game/permainan untuk meningkatkan interaksi customer. Salah satu contoh penerapan gemifikasi yang sering digunakan oleh banyak online shop adalah loyalty program.

Sejarah gemifikasi di dunia dimulai pada tahun 1972, yaitu frequent flyer miles. Gemifikasi dikembangkan berdasarkan prinsip dasar manusia, yaitu kepuasan manusia ketika mencapai sesuatu.

Dengan mengetahui prinsip dasar tersebut, Anda bisa mulai mencoba untuk mengembangkan teknis gemifikasi yang cocok untuk online shop Anda.

Reward

Kebanyakan orang akan termotivasi dengan reward. Reward dapat Anda berikan kepada customer Anda, jika customer tersebut melakukan aksi tertentu. Misalnya, Anda memberikan voucher Rp 50.000,- jika seorang customer subscribe newsletter, atau jika customer meng-invite user lain. Teknik ini digunakan oleh Berrybenka & Groupon.

Status

Kebanyakan orang termotivasi untuk mendapatkan status tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Untuk mengimplementasikan teknik ini, Anda harus memiliki list ranking yang dapat dilihat oleh semua customer Anda.

Achievement

Orang juga menyukai ketika mereka merasa telah mencapai sesuatu, terutama jika mereka sudah bekerja keras untuk mendapatkan hal tersebut. Dengan alasan ini, Anda harus terus mengupdate game & tantangan yang ada di website Anda. Astra berkolaborasi dengan Blibli.com pernah melakukan tantangan kepada customer untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam waktu yang paling singkat.

Competition

Kompetisi adalah salah satu teknik yang cukup efektif untuk meningkatkan interaksi dengan customer Anda. Anda bisa membuat kompetesi dengan memanfaatkan social circle customer Anda. Misalnya, pemenang kompetisi adalah customer dengan paling banyak like di halaman Facebook-nya.

Sekarang Anda sudah mengetahui motivasi keterlibatan customer Anda & bagaimana cara meningkatkannya. Pastikan Anda mengimplementasikan teknik tersebut dan memastikan tantangan yang Anda buat menarik & mampu membuat customer Anda ketagihan.

Sumber: Hubspot

Artikel - Artikel Terkait