5 Alasan Kenapa Pembayaran Online Begitu Diminati Saat Ini

5 Alasan Kenapa Pembayaran Online Begitu Diminati Saat Ini

Sistem pembayaran online saat ini sudah banyak diterapkan oleh e-commerce sebagai langkah pengembangan bisnis. Sistem pembayaran non tunai ini juga dirasa sangat menguntungkan bagi konsumen karena pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Simak 5 alasan penyebab pembayaran online begitu diminati oleh baik penjual maupun pembeli!

Praktis, mudah digunakan kapanpun dan dimanapun

Jika sebelumnya pembayaran di kasir bisa berlangsung lama karena pembeli harus lebih dulu menghitung jumlah yang harus dibayarkan. Ditambah waktu yang dibutuhkan petugas kasir menghitung nominal kembalian, hal itu tentu sudah tidak berlaku jika Anda menggunakan pembayaran online. Anda bisa melakukan pembayaran online dengan kartu kredit, kartu debit, e-money, dan lain sebagainya. Cukup dengan menggunakan kartu atau bahkan smartphone untuk menyelesaikan transaksi. Dengan pembayaran online Anda juga bisa melakukan pembayaran apapun, kapanpun, dan di manapun. Tak perlu harus pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transfer pembayaran.

Mengurangi risiko kehilangan akibat tindak kejahatan

Maraknya tindak kejahatan pencopetan di tempat umum bisa diminimalisir dengan penerapan sistem pembayaran online. Sistem pembayaran online tidak mengharuskan seseorang untuk membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Jadi, jika terjadi tindak kejahatan pada Anda, tidak banyak rupiah yang bisa diambil karena semua tersimpan di kartu pembayaran online.

Kartu pembayaran online Anda sudah diproteksi dengan password maupun PIN, jadi tidak ada orang lain yang bisa memanfaatkan nominal di dalamnya. Jika terjadi kehilangan atau kerusakan kartu kredit atau debit, Anda dapat melakukan pemblokiran agar tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Memberi batasan uang yang dikeluarkan

Anda pasti pernah menghabiskan uang secara tidak terkontrol untuk memenuhi kebutuhan pribadi, seperti belanja dan liburan. Dengan menggunakan uang digital pada pembayaran online, hal seperti ini tidak akan terjadi. Anda bisa tahu berapa uang yang sudah digunakan sekaligus membuat batasan berapa alokasi dana tiap minggu atau bulan. Dengan begitu, pengeluaran lebih terkontrol. Di sisi lain, menggunakan pembayaran online juga bisa membuat Anda lebih hemat karena banyak promo diskon yang diberikan.

Tidak perlu menyediakan banyak rekening

Bagi pihak e-commerce atau pebisnis online, menggunakan pembayaran non tunai bisa sangat memudahkan karena tidak harus menyediakan rekening dari bank yang berbeda-beda untuk transaksi penjualan. Anda hanya perlu satu rekening dari salah satu bank untuk melakukan transaksi, jika menerapkan sistem payment getaway. Hal ini dikarenakan sistem payment getaway bisa melayani transaksi dari berbagai rekening bank untuk kemudian disalurkan ke rekening e-commerce.

Bisa menerima berbagai macam pembayaran online

Dengan menerapkan payment getaway, situs e-commerce Anda bisa menerima pembayaran online dari kartu kredit, dompet digital, direct debit, dan transfer bank. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan uang digital juga berlangsung cukup singkat sehingga transaksi berjalan lebih efektif dan efisien. Karena dilakukan secara digital, maka transaksi dari customer ke e-commerce Anda bisa dijaga kerahasiaan data dan informasi sehingga lebih aman.


Hal yang tak kalah penting ketika menerapkan pembayaran online pada e-commerce Anda adalah bagaimana kepercayaan pembeli kepada brand lebih meningkat. Mengingat, proses aktivasi akun untuk payment getaway membutuhkan data dan syarat khusus yang pasti tidak bisa dilakukan oleh sembarang toko online.

Tertarik untuk menerapkan payment getaway? Hubungi Midtrans untuk membantu Anda merealisasikannya. Midtrans adalah salah satu payment getaway terpercaya di Indonesia yang sudah menangani ribuan bisnis untuk menerapkan pembayaran online yang mudah dan aman. Jangan tunggu nanti, hubungi Midtrans sekarang juga!

Sumber: Kompas, IDN Times, Midtrans