5 Alasan Kenapa UKM Harus Melek Digital

5 Alasan Kenapa UKM Harus Melek Digital

Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi salah satu roda yang menggerakkan perekonomian Indonesia yang semakin hari terus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Begitu juga dengan kondisi perkembangan teknologi di dunia yang masuk ke Indonesia. Kemajuan teknologi sangatlah membantu masyarakat yang menjalankan bisnis sendiri. Hal ini pun berlaku bagi pelaku bisnis UKM.

Para pelaku UKM seharusnya juga melek dengan perkembangan teknologi yang ada dan menerapkannya dalam perjalanan bisnis mereka karena banyak hal yang bisa digali dari penggunaan teknologi. Keuntungan bisa bertambah, popularitas pun cepat menyebar. Untuk itu, berikut lima alasan kenapa UKM harus melek digital.

Hanya bermodal smartphone

Bisnis Anda bisa berkembang dengan hanya bermodalkan smartphone. Ya, dengan smartphone, Anda bisa menjual produk yang Anda buat dengan lebih cepat dan luas. Anda tidak memerlukan dana promosi yang gila-gilaan dan memotong anggaran UKM secara besar-besaran. Modal Anda pun hanya smartphone saja yang tentunya bisa dibeli dengan lebih mudah dan cara penggunaannya pun sudah lazim untuk dilakukan.

Bisa menjangkau seluruh daerah

Ketika pelaku bisnis UKM melek digital, maka mereka akan lebih mudah seluruh daerah di Indonesia bahkan seluruh dunia. Teknologi membuat semuanya menjadi lebih dekat. Dengan begitu, bisnis UKM Anda akan mendapatkan pengaruh yang sangat positif dari kesadaran akan teknologi.

Anda tidak perlu selalu membuka stan di pameran-pameran atau melakukan usaha ekstra keras dalam menjangkau calon konsumen dari berbagai wilayah. Penggunaan teknologi yang tepat akan membuat Anda mendapatkan konsumen dari berbagai daerah tanpa perlu bersusah payah. Selain itu, produk Anda juga akan dikenal secara lebih luas lagi.

Konsumen akan lebih mudah melakukan pembelian

Dengan pebisnis UKM yang melek teknologi, maka konsumen lebih mudah dalam mendapatkan barang yang dijual. Terlebih roduk-produk yang biasa dihasilkan UKM adalah produk home industry yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam membuatnya. Tentu saja, digitalisasi bagi UKM akan membuat produknya lebih punya nilai. Sementara konsumen biasanya sangat menyukai barang-barang seperti itu.

Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, calon konsumen tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkan produk UKM yang Anda buat. Mereka tinggal memesan melalui internet atau media sosial dan Anda sudah mendapatkan keuntungan dari itu.

Manajemen bisnis berjalan lebih baik

Alasan berikutnya yang menyebabkan pelaku bisnis UKM wajib melek digital adalah kemudahan yang ditawarkan untuk sisi manajemen UKM. Anda yang membuka bisnis pasti membutuhkan manajemen yang tertata rapi agar bisnis berjalan lancar. Dan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, pergerakan UKM Anda sehari-hari tidak akan disibukkan dengan masalah manajemen, tapi lebih disibukkan dengan urusan bagaimana menjual produk sebanyak-banyaknya dan memproduksi produk yang sebaik-baiknya.

Perkembangan teknologi menunjang bisnis UKM

Pada akhirnya, dengan melek digital maka seluruh sisi dari bisnis UKM Anda akan berjalan lebih lancar. Anda sangat dianjurkan untuk memakai teknologi yang sudah ada dan bisa diakses serta digunakan dengan mudah karena terlalu banyak hal positif dari teknologi yang mampu menunjang bisnis UKM Anda jauh lebih berkembang dan memperkuat pondasi yang sudah ada.


Itulah lima alasan mengapa pelaku bisnis UKM harus melek digital dan menyadari potensi yang bisa dihasilkan oleh teknologi. Dengan menyadari lima hal di atas, Anda tidak akan melewatkan kesempatan besar yang bisa didapatkan dari melek digital.

Sumber: Forbes, Republika, Digital Marketing Institute,