5 Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Menggunakan AdWords

google adwords

AdWords adalah produk periklanan milik Google yang ditujukan bagi para pebisnis atau digital marketer untuk memasang iklan di platform mereka. Karena sifatnya yang tidak organik, banyak orang merasa ragu menggunakan AdWords. Mereka khawatir target audiens tidak akan bersedia berinteraksi dengan konten mereka sehingga biaya yang telah dikeluarkan pun sia-sia.

Well, menggunakan AdWords memang membutuhkan waktu dan biaya khusus, tetapi sudah cukup banyak bisnis yang membuktikan bahwa waktu dan biaya tersebut sepadan dengan hasil yang mereka dapatkan. Setidaknya dengan menggunakan AdWords, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini.

Memberikan hasil yang lebih cepat dari SEO

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan strategi SEO? Apabila iya, Anda tentu tahu bagaimana SEO membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk bisa berada di halaman pertama pencarian Google. Namun, tidak begitu halnya dengan AdWords. Begitu kampanye AdWords Anda berjalan, iklan yang Anda pasang bisa langsung muncul dan Anda pun bisa segera mendapatkan hasil yang instan, contohnya data pengunjung website. Karena kecepatannya, Anda pun dapat segera menganalisis seberapa efektif keywords yang digunakan dan menggunakan data tersebut untuk menyusun kampanye AdWords selanjutnya.

Flexible & scalable

Dibandingkan dengan iklan konvensional seperti TV atau cetak, iklan digital seperti AdWords jauh lebih mudah diukur performanya. Di sisi lain, Anda memang bisa menganalisis performa, tapi hasil yang didapat tak benar-benar menunjukkan secara pasti penyebab di balik meningkatnya atau menurunnya website Anda di mesin pencarian. Nah, AdWords mampu memberikan kepastian tersebut melalui Pay per Click (PPC). Perangkat satu ini memiliki berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan, seperti ad extensions, targeting audiens, dan keyword match yang spesifik.

Tingkat engagement lebih tinggi

AdWords merupakan salah satu sumber pemasukan utama Google. Itulah kenapa Google selalu rutin memperbaiki produk mereka satu ini. Google menyadari bahwa product listing ads dan in-video ads di YouTube mendapatkan lebih banyak klik. Artinya, audiens menyadari bahwa kedua jenis ads tersebut cukup menarik dan mereka pun tak segan melakukan interaksi. Di sisi lain, Google sebagai pemilik AdWords pun juga mendapat lebih banyak pemasukan.

Kemudahan mengontrol budget

Mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk AdWords, sebetulnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. AdWords memperbolehkan Anda mengatur budget maksimum per hari untuk kampanye Anda. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah berkurangnya jumlah iklan jika budget Anda menipis. Namun, setidaknya Anda tidak akan mengalami risiko over budget jika menggunakan AdWords. Semua bisa Anda atur sejak awal sehingga kondisi finansial bisnis pun terjaga.

Tingkat konversi lebih tinggi

Sebuah analisis yang dilakukan oleh Moz menunjukkan bahwa paid search traffic mampu mengonversi secara lebih baik dibandingkan organic traffic. Jumlahnya bahkan bisa mencapai hampir dua kali lipat! Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena sifat AdWords yang cenderung lebih targeted. Seperti yang Anda tahu, konversi sangat berpengaruh pada kemajuan bisnis Anda. Semakin tinggi tingkat konversinya, semakin besar peluang Anda dalam menghasilkan penjualan produk. AdWords bisa membantu Anda mewujudkan hal tersebut.


Tidak ada yang salah dengan melakukan promosi atau kampanye digital secara organik. Namun, jika Anda membutuhkan hasil yang lebih cepat atau instan, maka AdWords dari Google patut dipertimbangkan. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas, apakah kini Anda tertarik untuk mencoba AdWords?

Join Us

Artikel - Artikel Terkait