5 Alasan Mengapa CRM Penting bagi Perusahaan Anda

tips crm

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang customer-oriented. Itulah mengapa Customer Relationship Management (CRM) memegang peranan sangat penting dalam bisnis apapun, mengingat bahwa CRM membahas tentang pelanggan dan bagaimana Anda menjalin hubungan dengan mereka. Pelanggan yang puas tentu tidak akan ragu untuk kembali menggunakan produk Anda bahkan menyebarkannya kepada rekan-rekan mereka. Sebaiknya Anda simak beberapa alasan mengapa CRM begitu penting untuk bisnis Anda di bawah ini.

Melacak Interaksi dengan Pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan, apapun itu bentuknya, pasti akan memberikan insight tambahan bagi perusahaan Anda. Bayangkan jika dalam sehari, Anda menerima puluhan feedback dari pelanggan. Anda tidak mungkin akan mengingatnya saja, bukan? Mayoritas dari Anda pasti akan melakukan pencatatan secara manual. Sebaiknya, terapkan sistem CRM yang tepat agar Anda mampu melacak seluruh interaksi dengan pelanggan. Ketika pelanggan yang sama kembali menghubungi Anda, Anda bisa segera mengetahui topik terakhir yang dibicarakan. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa diperhatikan dan dianggap penting.

Bisnis bisa lebih fokus

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda menawarkan sesuatu yang memang dibutuhkan oleh pelanggan? Apakah Anda benar-benar sudah mengenal siapa pelanggan Anda? Saat ini, Anda mungkin dapat dengan jelas menjawab pertanyaan tersebut, tetapi ingatlah bahwa kondisinya dapat berubah seiring dengan perkembangan bisnis dan Anda dituntut untuk terus menyesuaikan diri. Dengan CRM, Anda dapat menjawab setiap pertanyaan yang muncul kapan pun itu diajukan. CRM akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Anda pun bisa terus up-to-date dengan permintaan pelanggan dan selangkah lebih unggul dari para kompetitor.

Menjangkau banyak pelanggan baru

Fungsi utama CRM mungkin memang menjalin hubungan sebaik mungkin dengan para pelanggan, terutama yang pernah membeli produk Anda. Namun, lebih dari itu, CRM juga dapat membantu Anda untuk menjangkau pelanggan-pelanggan baru dan mengkonversi pelanggan potensial menjadi pelanggan yang loyal. CRM mampu membantu Anda mengidentifikasi pelanggan potensial yang mungkin tertarik dengan produk Anda. Informasi tersebut bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi baru demi menarik pelanggan-pelanggan tersebut.

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Otomatisasi merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Karyawan tak perlu lagi memasukkan data secara manual dan menelusuri berlembar-lembar dokumen demi menemukan informasi yang dibutuhkan. CRM akan membantu perusahaan untuk mengotomatisasi hal-hal tersebut. Dengan begitu, para karyawan memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan fokus lebih, misalnya melakukan follow up terhadap pelanggan-pelanggan lama untuk menyusun strategi untuk meningkatkan jumlah leads.

Meningkatkan performa customer service

Tahukah Anda tahu bahwa ternyata hanya ada 7% perusahaan yang langsung memfollow up leads dari situs mereka dalam waktu satu jam? Padahal semakin cepat follow up terjadi, semakin tinggi kemungkinan untuk mengubah leads menjadi pelanggan. Sistem CRM akan memberi notifikasi apabila ada pelanggan atau leads yang membutuhkan follow up. Dengan begitu, Anda dan tim bisa segera menghubungi leads dalam waktu sesegera mungkin. Kemungkinan untuk mengkonversi mereka menjadi pelanggan pun semakin besar.


Pada intinya, CRM akan membantu Anda untuk memberikan pengalaman sebaik mungkin kepada para pelanggan, selagi Anda menyusun strategi untuk menjangkau pelanggan baru. Semoga berhasil!

Sources: SuperOffice, Linkedin, Digital Doughnut

Join Us

Artikel - Artikel Terkait