5 Alternatif MailChimp untuk Kampanye Email Marketing Anda

alternatif mailchimp

Bagaimana perkembangan email marketing Anda saat ini? Salah satu trik dalam menjalankan email marketing yang sempurna adalah dengan menggunakan layanan berbayar, salah satunya adalah MailChimp. Layanan email marketing yang satu ini merupakan layanan yang paling umum digunakan. Penggunaan layanan ini dapat dibilang cukup mudah dan jarang mengalami masalah.

Namun sayangnya, ada beberapa kendala bagi para marketer yang ingin menggunakan MailChimp. Salah satunya adalah pricing model yang kurang sesuai terhadap budget perusahaan dan database yang dimiliki. Anda dapat menggunakan Free Plan dari MailChimp ketika memiliki maksimal 2.000 subscribers dan tidak lebih dari 12.000 email per bulan. Selebihnya, MailChimp mematok harga 20 dolar per bulan untuk 1.001-1.500 subscribers dan jumlah email tak terbatas, dan ada charge tambahan sebesar 5 dolar setiap 500 subscribers per bulannya.

Lalu, layanan email marketing mana saja yang bisa jadi pilihan terbaik pengganti MailChimp?

AWeber

AWeber

Layanan email marketing tools ini punya fitur tepat di bawah MailChimp di bidang layanan kiriman email serta jumlah subscribers. AWeber juga merupakan salah satu layanan email marketing yang terpercaya di dunia. Menariknya, 700 HTML templates dapat Anda pilih. Belum lagi dengan kemampuan layanan ini untuk berintegrasi dengan Wordpress, PayPal, Facebook, dan lainnya. Kemudahan untuk drag-and-drop dalam newsletter editor juga ditawarkan seiring dengan in-depth analytics yang penting untuk kemajuan perusahaan.

GetResponse

GetResponse

GetResponse memiliki fitur yang cukup menarik dan lebih murah daripada MailChimp. Penggunaan GetResponse sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah. Beberapa fitur yang paling teringat adalah split test ke lima email yang berbeda, landing page untuk kreator, tools untuk marketing track, dan tak ketinggalan, drag-and-drop editor.

MailGet

MailGet

Layanan email marketing yang ditawarkan oleh MailGet merupakan salah satu layanan yang paling murah dan modern. Layanan email alternatif MailChimp yang satu ini sangat cocok untuk startup karena cukup mudah dioperasikan. Anda hanya perlu daftar akun baru dan mulai membuat sekaligus mengirimkan email blast. Hingga saat ini, MailGet merupakan salah satu layanan email marketing tools termurah, yang memperbolehkan penggunanya untuk mengirimkan email ke 10.000 subscribers hanya dengan 29 dolar saja.

Campaign Monitor

Campaign Monitor

Dalam menjalankan strategi email marketing, tentu hal tersebut harus sesuai dengan bayangan Anda. Campaign Monitor adalah salah satu tools terbaik yang dapat Anda gunakan. Fitur-fitur utama dalam Campaign Monitor antara lain drag-and-drop email newsletter editor yang mudah dioperasikan, ratusan template HTML dalam bentuk mobile maupun web, A/B testing, intergrasi dengan sosial media, hingga hasil analitik yang lebih menyeluruh. Selain itu, ada juga fitur Inbox Preview yang memperbolehkan Anda untuk melihat desain email kampanye Anda dari 20 jenis email yang berbeda.

Constant Contact

Constant Contact

Sebagai pilihan alternatif MailChimp yang paling populer, Constant Contact merupakan layanan email marketing yang paling cocok untuk bisnis kecil. Pricing setiap layanan juga cukup fleksibel, tergantung jumlah database Anda. Yang menarik, Constant Contact juga menawarkan pelatihan-pelatihan khusus untuk melakukan program kampanye email marketing yang baik sekaligus bagaimana cara menggunakan tools mereka. Ini belum termasuk live class yang dapat diakses oleh para pengguna.


Itulah beberapa pilihan layanan email marketing alternatif pengganti MailChimp yang dapat Anda gunakan. Pastikan dalam memilih layanan email marketing, fitur-fitur yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan email marketing Anda.

Semoga bermanfaat!

Source: Capterra, Formget, Beebom

Artikel - Artikel Terkait