5 Cara Membuka Percakapan Pada Acara Networking

networking

Network, kata satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Strategi utama bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya memang dengan membangun, mempertahankan, dan mengembangkan network. Untuk sebagian orang, hal ini mungkin mudah diucapkan namun sulit diterapkan. Anda mungkin belum cukup berani untuk memulai percakapan ketika menghadiri networking event. Tapi jangan khawatir, berikut beberapa tips yang harus coba!

Terlihat approachable

Dilansir Inc.com, menurut terapis dan co-founder Uncommon Knowledge, Mike Tyrrell, fear (rasa takut) adalah hal yang menjadi penghalang bagi orang-orang dalam situasi sosial. Biasanya, mereka takut mengatakan ‘sesuatu yang salah’. Rasa takut ini lah yang harus Anda atasi untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Relax dan percaya diri adalah kuncinya. Jadi, pada networking event kali ini jangan bersembunyi. Jadilah seseorang yang approachable atau mudah didekati.

Meskipun Anda adalah orang paling pemalu di dunia, tarik napas dalam-dalam dan berdirilah di tempat orang-orang dapat melihat Anda. Pasanglah ekspresi ramah dan jangan takut tersenyum kepada orang-orang yang berjalan ke arah Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Claire Conway PhD di Universitas Aberdeen, Skotlandia menemukan 86 persen orang akan lebih mungkin memulai percakapan kepada orang asing yang tersenyum. So, don’t forget to wear your smile!

Mulailah dengan pertanyaan

Terlepas dari jenis event yang Anda datangi, Anda dapat memulai percakapan dengan melontarkan pertanyaan. Ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana menyangkut event yang diselenggarakan. Misalnya seperti “Apakah ini kali pertama Anda menghadiri meeting ini?” atau “Saya menunggu speaker hari ini. Apakah Anda mengenalnya?”. Bahkan, makanan pun dapat Anda ubah menjadi pertanyaan untuk memulai percakapan.

Dalam hal ini, wanita bisa jadi lebih diuntungkan. Karena melontarkan pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar penampilan bisa diajukan dengan natural. Misalnya seperti “Scarf-nya cantik, di mana Anda membelinya?”, “Bagaimana ya agar lebih banyak wanita yang hadir di event seperti ini?”, dan sejumlah pertanyaan-pertanyaan simple lainnnya. Yang terpenting adalah, ajukanlah pertanyaan yang dapat memulai percakapan. Bukan sekadar jawaban iya atau tidak.

Tunjukkan ketertarikan dan berikan pujian

Ketertarikan yang tulus terhadap orang lain akan membuat proses networking berjalan lebih mudah dan lancar. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cerita. Ketika Anda memberikan pertanyaan dan mendorong seseorang untuk berbicara, Anda sedang membangun hubungan. Nantinya, melalui hubungan tersebut Anda mungkin saja dapat menawarkan jasa atau sumber daya yang dapat membantu bisnis Anda.

Selain menunjukkan ketertarikan Anda terhadap cerita orang lain, Anda juga bisa membangun hubungan melalui pujian. Tapi, pastikan pujian yang Anda berikan tulus dan tidak dibuat-buat. Anda bisa melontarkan pujian-pujian kecil tapi genuine seperti “Anda sudah bekerja keras. Anda pasti bangga dengan hasilnya” atau “Luar biasa! Apakah Anda sudah menceritakan tentang itu?”. Jangan ragu untuk menambahkan unsur humor yang pantas, karena humor ampuh untuk mencairkan suasana.

Menjabat tangan dengan percaya diri

Ketika seseorang menghampiri Anda, atau Anda ingin menghampiri orang lain, pastikan untuk menjaga eye-contact, tersenyum, dan melakukan jabat tangan dengan percaya diri ketika memperkenalkan diri. Cara ini dapat membuat percakapan lebih nyaman. Pastikan Anda mengingat nama orang tersebut dan jangan langsung menyodorkan kartu nama Anda. Orang-orang tidak Anda mengingat Anda kecuali Anda meluangkan waktu untuk membangun hubungan.

Hampiri seseorang yang sendiri

Jika Anda melihat seseorang yang berdiri sendirian di sudut ruangan dan terlihat belum memiliki teman bicara, jangan ragu untuk menghampiri dan memperkenalkan diri Anda. Biasanya, orang-orang seperti ini membutuhkan sedikit dorongan untuk memulai percakapan. Terlebih apabila Anda sudah pernah berada di posisinya, Anda bisa memberikan sedikit bantuan untuk membuatnya lebih nyaman. Bukan tidak mungkin, hubungan yang Anda bangun nantinya akan sangat berguna.


Beranikan diri Anda untuk memulai percakapan pada networking event mendatang. Cobalah beberapa cara di atas sebagai panduan. Selamat mencoba!

Sumber: Inc., Work It Daily