5 Cara Menciptakan Facebook Campaign yang Menguntungkan

Facebook campaign untuk bisnis online Anda

Facebook adalah salah satu dari sedikit platform atau online media di Indonesia yang memiliki user base sangat besar. Tak heran jika perusahaan eCommerce di Indonesia berlomba-lomba menghabiskan budget untuk beriklan di Facebook. Ads atau iklan adalah cara efektif untuk menyampaikan pesan Anda ke audiens. Sama halnya seperti Ads lainnya, menghabiskan uang untuk beriklan di Facebook cukup tricky. Karena jika Anda melakukannya dengan keliru maka Anda tidak akan mendapatkan return yang sesuai dan hanya buang-buang uang. Artikel berikut memantu Anda menciptakan Facebook Campaign yang menguntungkan:

1. Ketertarikan adalah hal utama

Dalam news feed Facebook terdapat berbagai macam berita, gambar, foto, iklan, dan artikel yang dapat menarik perhatian user. Tugas Anda adalah membuat post atau Ads yang stand out diantara kompetitor Anda.

Gambar News Feed Facebook

Perhatikan iklan Facebook di bawah ini:
3 Gambar Bukalapak

Jika Anda seperti 99% lainnya maka hal pertama yang Anda lihat adalah gambar. Iklan terdiri dari beberapa elemen yaitu:

  • Gambar yang menghiasi 50% iklan dan berwarna
  • Deskripsi
  • Headline

3 hal tersebut adalah elemen penting dalam menciptakan sebuah iklan dan memberikan efek signifikan terhadap performa iklan Anda. Namun yang paling terpenting adalah gambar yang Anda gunakan. Selalu lakukan hal berbeda dibandingkan kompetitor.

Gambar iklan sebelah kanan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sebelah kiri. Ketika semua iklan menggunakan flashy picture gunakan gambar sederhana dan menonjol dibandingkan lainnya.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah deksripsi. Deskripsi harus dapat menjelaskan gambar yang Anda maksud dalam 2-3 baris. Cobalah untuk menulis deskripsi dengan singkat dan jelas serta menulis langsung poin yang dimaksud dari gambar tersebut.

2. Berinvestasilah pada gambar

Jika Anda tidak memiliki designer untuk mengurusi image atau gambar ads Anda, maka Anda harus membayar lebih untuk hal tersebut. Gambar yang tepat dan menarik mampu menciptakan perbedaan signifikan. Di dunia ini tidak ada istilah gambar terbaik namun ada beberapa cara untuk menentukan gambar tersebut adalah gambar yang tepat untuk Ads Anda atau bukan.

Prinsip 1: Gunakan ukuran yang tepat, jika tidak maka akan merusak citra Anda dan visitor tidak tertarik malah merasa terganggu. Facebook menyediakan berbagai ukuran gambar untuk berbagai tujuan. Jika Anda menginginkan detail dari Ads yang akan Anda tampilkan, Anda dapat menciptakan gambar yang lebih kecil dengan dimensi yang lebih tepat.

Prinsip 2: Cara menarik perhatian dalam online Ads melalui warna. Secara spesifik gunakan warna kontras untuk menarik perhatian. Jika Facebook dominan berwarna biru – putih maka gunakan warna kontras dengan warna tersebut seperti yang dilakukan oleh The Economist.

Gambar The Economist

Prinsi 3: Berikan nilai proposi terhadap gambar yang akan Anda gunakan. Text menempati ukuran maksimal 20% jika lebih dari itu vistor cenderung untuk menghindarinya.

Prinsip 4: gunakan gambar yang mudah di-share dan mampu meningkatkan jumlah Likes & Comment.

Prinsip 5: tunjukan jati diri perusahaan Anda sendiri agar terhindar dari kemiripan dengan kompetitor.

3. Ciptakan iklan sesuai target Anda

Untuk menentukan Ads Anda sesuai dengan target atau tidak pastikan hal di bawah ini untuk tracking:

  • Install tracking pixel dalam website
  • Jika visitor loads halaman website Anda maka termasuk dari custom audience
  • Anda dapat menciptakan Ads spesifik untuk visitor tersebut

Anda pun dapat melakukan hal berikut ini untuk mencipatakan Ads sesuai denga target:

  • Ciptakan custom audience berdasarkan email subscribers
  • Temukan beberapa orang yang sesuai dengan konsumen terbaik kamu dengan menggunakan targeting tools. Coba gunakan target sespesifik mungkin. Anda tidak memerlukan audiens luas karena pada audiens spesifik yang akan memberikan konversi lebih baik.

4. Tentukan budget facebook Ads

Meskipun Facebook Ads relative murah, tetap saja Anda tidak ingin menghabiskan uang Anda begitu saja dengan hasil nihil dan tidak menghasilkan positif return on investment (ROI). Dalam menentukan budget Anda harus menentukan Cost Per Click, Cost per Mile dan Optimized CPM. Secapa umum CPC lebih tepat untuk peghematan biaya karena Anda tidak tahu bagaimana Ads Anda akan muncul di public.

Ketika Anda menciptakan campaign pertama kali, Anda diminta untuk memaksimalkan daily budget. Bagi sebagian besar orang menghabiskan $5/ hari cukup untuk melihat dan menentukan apakah campaign dapat dilanjutkan atau tidak.

5. Ads efektif memiliki tujuan yang spesifik

Sebelum Anda menentukan campaign atau Ads, Anda harus menentukan tujuan & target campaign yang Anda ingin capai. Gunakan juga cara split testing dengan membagi Ads Anda ke dalam dua hal berbeda agar mengetahui cara yang paling efektif untuk mencapai target Anda. Test dapat dilakukan melalui gambar, deskripsi, target dan headlines.

Selamat mencoba!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait