5 Cara Pintar untuk Meningkatkan Penjualan Online Anda Melalui Media Sosial

Facebook Shop

Indonesia bisa dibilang adalah ibukota nya media sosial. Bagaimana tidak? data menunjukan bahwa Indonesia adalah pengguna ‘Facebook’ terbanyak ke-4. Ditambah lagi, penduduk Jakarta adalah pengguna ‘Twitter’ terbanyak dibanding seluruh kota lain di dunia, dengan rata-rata jumlah tweet yang mencapai 385 tweet per detik. Selain itu, munculnya aplikasi ‘Path’ & ‘Instagram’ juga membuat kita menghabiskan aktivitas sosial kita dengan melihat & mengecek smartphone.

Dengan jumlah pengguna & interaksi yang sangat besar, media sosial juga dimatfaatkan oleh sebagian orang bahkan brand-brand & perusahaan besar untuk mencari peluang dengan berjualan secara online. Jika Anda adalah pemilik bisnis & ingin meningkatkan keuntungan Anda dengan berjualan online, berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan penjualan online Anda:

1. Gunakan hashtag

Jika Anda menjual produk tertentu terutama di instagram, jangan lupa untuk menggunakan hashtag yang berkaitan dengan produk tersebut & memiliki arti. Dengan memberikan hashtag, customer dapat menemukan produk Anda ketika mereka sedang mencari produk tersebut.

Pelajari hashtag yang digunakan oleh pesaing utama Anda & gunakan hashtag yang sama. Selain itu, gunakan hashtag yang bervariasi mulai dari produk kategori hingga brand produk yang Anda jual.

2. Flash sale

Flash sale adalah penjualan dengan kondisi (harga, waktu, tempat dll) tertentu pada kesempatan yang terbatas. Metode ini cocok jika Anda menjual produk dengan fungsi atau brand yang cukup dikenal. Dengan begitu, Anda akan menciptakan urgensi bagi target customer Anda untuk membeli saat itu juga.

3. Tingkatkan leads melalui bonus

Sosial media dapat menjadi media yang sangat tepat untuk berinteraksi & bertransaksi dengan calon pembeli Anda. Tawarkan berbagai bonus, seperti diskon & pengiriman gratis, untuk meningkatkan leads, follower, likes di halaman media sosial Anda.

Selain itu, Anda dapat memberikan bundle untuk pembelian produk tertentu, sehingga customer merasa mendapatkan barang lebih banyak dengan harga lebih murah.

4. Gunakan Gambar

Kebanyakan orang akan lebih merespon pada sebuah post yang dilengkapi dengan gambar, terutama untuk media sosial seperti facebook & twitter. Gunakan gambar yang menarik sekaligus mendeskripsikan produk yang Anda jual. Dengan begitu orang dapat melihat dengan jelas barang yang akan mereka beli, tanpa perlu bertanya mengenai keaslian warna, ukuran, kondisi barang dll. Artikel berikut akan membantu Anda dalam mengambil gambar yang menarik.

5. Promosikan media sosial Anda

Kebanyakan online shop yang sukses memiliki banyak follower atau like. Anda harus meningkatkan jumlah follower atau like Anda sehingga online shop Anda dikenal cukup banyak orang. Ada beberapa cara yang Anda bisa gunakan, seperti menggunakan jasa influencers, memasang iklan digital ataupun menumpang berjualan di online shop lain yang memiliki banyak penggemar.

Perlu diperhatikan juga bahwa selain jumlah, kualitas follower & like sangatlah penting. Pastikan bahwa Anda menarget orang-orang yang tepat, sesuai dengan target market Anda. Sehingga setiap post baru yang Anda buat terarah dan tertarget.

Sumber: Viralheat

Join Us

Artikel - Artikel Terkait