5 Cara Unik Untuk Berterima Kasih Pada Pelanggan Anda

terima kasih pelanggan

Ada keyakinan yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Kehadiran mereka yang membuat bisnis atau usaha Anda tetap berjalan memang patut diberi penghargaan terima kasih. Tanpa kehadiran pelanggan, apalagi pelanggan tetap, Anda tak akan mendapatkan pemasukan yang bisa membuat Anda sukses seperti saat ini. Bila Anda bingung dalam bagaimana cara untuk memberikan terima kasih pada pelanggan loyal Anda, tips-tips unik di bawah ini bisa membantu Anda.

Berikan kartu ucapan secara pribadi

Kartu ucapan sudah biasa dikirim oleh banyak pebisnis dan pengusaha pada pelanggan mereka tiap ada acara khusus. Seperti saat lebaran atau hari natal. Tetapi bila Anda ingin memberikan sesuatu yang lebih menarik, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan terima kasih secara pribadi. Artinya, Anda tidak menulis hal yang sama untuk tiap kartu ucapan. Anda pun sebaiknya benar-benar memilih bagaimana kemasan dari kartu ucapan Anda. Meski cara ini tergolong old school, tetapi banyak orang yang merasa tersanjung ketika dikirimi kartu ucapan fisik (Bukan e-card) secara personal.

Apalagi, bila Anda menggunakan kartu ucapan berkualitas dengan amplop yang baik. Mereka tak hanya akan merasa dihargai oleh Anda dan bisa jadi akan semakin setia dengan bisnis atau usaha Anda. Tetapi juga, kartu tersebut bisa mereka pamerkan kepada teman-teman mereka baik ketika bertemu ataupun di media sosial karena indahnya kartu tersebut. Secara tak langsung, ini juga bisa menjadi promosi untuk usaha Anda, bukan?

Adakan event kecil untuk pelanggan

Bila Anda memiliki banyak pelanggan setia, Anda bisa mengadakan event atau acara kecil-kecilan untuk mereka. Misalnya, Anda pemilik kedai yang mengandalkan kopi sebagai menu utamanya. Anda bisa mengundang mereka untuk mencoba gratis menu kopi baru. Hal ini tak hanya bisa membuat pelanggan percaya bahwa Anda menghargai mereka, tetapi juga dapat membuat mereka mengajak teman-temannya untuk berkunjung ke tempat Anda. Makin setia dan pelanggan makin banyak.

Beri ucapan terima kasih secara langsung

Hal ini umumnya lebih mudah dilakukan bila Anda memiliki bisnis atau usaha tempat makan. Di saat para pelanggan sedang menyantap masakan mereka, tanyakan apakah yang disajikan sudah sesuai yang dipesan dan apakah rasanya sesuai dengan lidah mereka. Tanya pula apa kira-kira yang bisa dibuat lebih baik dari usaha Anda, setelah itu barulah beri ucapan terima kasih secara verbal pada mereka dengan kata-kata yang sopan. Hal ini bisa membuat mereka sadar bahwa tempat Anda memiliki servis yang luar biasa. Bila Anda merasa hal ini terlalu merepotkan, Anda bisa memberikan kertas saran pada mereka, setelah mereka mengisinya berikan mereka camilan atau minuman gratis sebagai tanda terima kasih.

Berikan voucher spesial ketika ulang tahun

Seseorang biasanya akan merasa sangat tersanjung ulang tahun mereka diingat. Anda bisa mengirimkan email ulang tahun dengan kode diskon atau free gimmick untuk pembelanjaan di ulang tahun mereka. Ini juga bisa mendorong mereka untuk mempost momen tersebut di media sosial mereka.

Kirimkan makanan lezat

Ada banyak perusahaan yang mulai mengirimkan makanan pada pelanggannya ketika hari besar atau ulang tahun. Hal ini wajar dilakukan apabila bisnis Anda adalah B2B. Mengapa Anda tidak mencobanya? Kirim kue kering dengan rasa yang sudah terjamin kelezatannya. Jangan lupa tempat kuenya pun tak boleh sembarang jadi saja.


Ucapan terima kasih seperti sudah menjadi representatif dari usaha atau bisnis yang Anda lakukan. Dengan ucapan terima kasih, seseorang akan merasa dihargai, apalagi ketika ucapan tersebut tak setengah-setengah. Efeknya bisa jangka panjang, salah satunya adalah kesetiaan pelanggan tersebut yang tak akan goyah kepada Anda.

Selamat mencoba!

Sumber: Help Scout, Alice Heiman