5 Cara Untuk Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

feedback pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, pelanggan memegang kunci penting untuk perkembangannya. Bisnis yang Anda jalankan dipengaruhi oleh pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang puas dengan layanan Anda, maka semakin mudah Anda mengembangkan bisnis. Sebaliknya, jika pelanggan yang Anda miliki hanya sedikit dan banyak yang melakukan churn-out, bisa jadi itu karena layanan yang Anda berikan kurang memuaskan.

Untuk itu, feedback dari pelanggan sangatlah penting. Melalui feedback, Anda bisa tahu apa yang pelanggan pikirkan, apa pendapat mereka tentang layanan maupun kualitas produk Anda. Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan.

Survey

Cara ini adalah cara umum yang sering dilakukan. Buatlah agar daftar pertanyaan yang bisa memungkinkan Anda mendapatkan feedback yang valid dari pelanggan. Oleh sebab itu, pertanyaannya juga harus bersifat potensial dan mampu membuat pelanggan memberikan info sesuai yang Anda harapkan. Jadi, selain menyediakan jawaban berupa pilihan, sertakan pula pertanyaan yang memerlukan jawaban berupa essai.

Live Chat

Ketika ada pelanggan yang berkunjung di situs Anda, Anda bisa memulai obrolan melalui aplikasi live chat. Dari sini Anda bisa mendapatkan feedback secara langsung dan mengobrol panjang lebar dengan pelanggan jika memang diperlukan. Selain itu, cara ini juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan dan dari sisi pelanggan, ia akan merasa bahwa ada orang di balik layar yang peduli akan feedback yang diberikannya.

Email

Saat pelanggan akan berlangganan pada layanan atau produk Anda, pastikan ia mengisi data diri salah satunya alamat email. Alamat email ini berguna untuk mendapatkan feedback dari mereka. Mengirimkan email secara berkala misalnya setiap dua bulan sekali untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk Anda, apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk meningkatkan layanan mutu, dan sebagainya. Jadi, email jangan hanya digunakan untuk memberi tahu mereka tentang produk baru, tapi juga untuk feedback.

Media Sosial

Selain situs, Anda juga perlu membuat akun media sosial untuk memasarkan produk Anda, bukan? Sebenarnya fungsi media sosial tak hanya terbatas untuk pemasaran online, tapi juga sebagai wadah bagi para pelanggan Anda untuk berbagi pengalaman mengenai produk dan layanan Anda. Di media sosial Anda bisa melihat komentar dari banyak pelanggan yang saling bersautan sehingga Anda bisa tahu apa pendapat pelanggan tantang produk Anda. Bagaimana produk Anda menguntungkan mereka atau malah merugikan. Oleh sebab itu, feedback yang Anda dapat cukup valid.

Kotak Komentar

Kotak komentar memungkinkan pelanggan untuk memberikan opininya kapan saja. Untuk cara ini, pastikan Anda memiliki menu kotak komentar yang terpasang di situs Anda. Kotak komentar ini juga harus mudah terlihat oleh pelanggan. Pasang kotak komentar di area yang strategis sehingga pelanggan bisa langsung mengetahuinya ketika ia menge-scroll tanpa harus menutupi pandangannya dari barang yang akan dibelinya.


Feedback dapat menjadi langkah awal Anda untuk mengoreksi bisnis. Anda jadi tahu apa kelebihan dan kekurangan layanan yang Anda berikan di mata pelanggan. Dengan begitu, Anda pun bisa berusaha memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Helpscout, Kissmetrics Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait