5 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

meningkatkan produktivitas

Produktivitas merupakan kombinasi dari perencanaan yang cerdas dan usaha yang dilakukan dengan fokus. Tidak dapat dipungkiri bahwa meningkatkan produktivitas dapat menjadi tantangan tersendiri, baik di kantor maupun rumah. Dua puluh empat jam rasanya kurang dalam sehari. Ketika hari berakhir, selalu ada pekerjaan yang belum terselesaikan. Kabar baiknya, produktivitas dapat terus diperbaiki dengan menerapkan beberapa cara berikut:

1. Buatlah to-do list

Setiap pekerjaan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sebaiknya, Anda menyelesaikan pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk membantu ritme kerja agar tidak merasa terbebani. Agar seluruh pekerjaan tersebut selesai tepat waktu, buatlah to-do list dan integrasikan dengan aplikasi kalender pada smartphone Anda. Jika ada pekerjaan yang bobotnya besar, pecahlah menjadi beberapa bagian. Misalnya, Anda harus menulis laporan bisnis sebanyak lima puluh halaman. Kerjakan dari jauh-jauh hari agar Anda tidak perlu menyelesaikannya sekaligus dalam waktu satu hari. Jangan lupa untuk mengatur deadline pada setiap tugas agar Anda bisa fokus pada menyelesaikan setiap pekerjaan.

2. Tentukan target yang realistis

Sudah membuat to-do list dan berhasil mencoret segala pekerjaan yang Anda tulis di sana? Jangan takut untuk membuat target yang lebih ambisius. Masukkan beberapa pekerjaan yang membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama dari satu minggu. Seperti data yang dilansir oleh situs Forbes.com, riset dari Journal of Consumer Research menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki target ambisius cenderung merasa lebih luas daripada mereka yang memiliki ekspektasi lebih rendah. Salah satu alasan di balik kegagalan mencapai target adalah tidak adanya deadline yang diatur. Oleh sebab itu, Anda harus menentukan deadline yang spesifik. Tulis pula pada daftar to-do list Anda sebagai target yang harus dicapai.

3. Mendelegasikan tugas

Pada suatu titik, setiap orang pasti akan membutuhkan bantuan. Hal ini juga berlaku dalam hal pekerjaan, jadi jangan merasa gengsi untuk mengakui hal tersebut. Namun, biasanya ada dua hal yang bisa menghalangi Anda untuk mendapatkan bantuan, yakni kepercayaan dan introversi. Untuk itu, Anda harus belajar untuk mempercayai rekan kerja Anda dalam membantu menyelesaikan pekerjaan. Beri tahu deadline dari proyek tersebut agar mereka mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Jangan lupa memberikan seluruh sumber atau bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di sisi lain, ada pula orang yang merasa tidak nyaman untuk meminta bantuan dari orang lain. Sangat jarang ada orang yang akan menawarkan bantuan pada Anda, jadi Anda harus membiasakan diri untuk merasa nyaman dalam meminta bantuan. Bahkan jika Anda merupakan seorang introvert, Anda harus belajar untuk mendelegasikan tugas pada rekan kerja agar Anda tidak harus melakukan seluruh tugas sendirian.

4. Ambil waktu istirahat

Para ilmuwan di Pennington Biomedical Research Center di Lousiana melakukan review terhadap gaya hidup 17.000 pria dan wanita selama jangka waktu tiga belas tahun. Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa 54% pria dan wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung. Alasannya adalah karena mereka menghabiskan mayoritas waktu dalam sehari untuk duduk. Enzim bernama lipoprotein lipase (LPL) akan menghancurkan lemak pada aliran darah dan mengubahnya jadi energi. Ketika Anda duduk, level LPL akan menurun sehingga menyebabkan sel lemak meningkat.

Jika menghabiskan lebih dari 8-10 jam dengan duduk tanpa bergerak, Anda akan sadar bahwa energi dalam tubuh pasti berkurang. Anda perlu mengingat bahwa produktivitas tidak diukur dari banyaknya waktu yang Anda habiskan untuk duduk di depan laptop, melainkan dari berapa banyak pekerjaan yang berhasil Anda selesaikan tanpa harus mengorbankan kesehatan Anda.

5. Hilangkan segala bentuk distraksi

Akuilah, susah untuk tidak mengecek smartphone setiap beberapa menit atau jam sekali ketika sedang bekerja. Terlebih jika Anda cenderung aktif di dunia maya, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr, Snapchat, dan lain sebagainya. Cobalah untuk memutus hubungan atau menjauhkan diri dari smartphone Anda ketika Anda sedang bekerja, karena hal tersebut bisa menjadi distraksi yang akan menghalangi Anda dari produktivitas. Jika Anda masih sering merasa bahwa ada banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu, mungkin Anda memang harus mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi media sosial dari smartphone Anda.


Selain kelima cara di atas, Anda juga bisa meningkatkan produktivitas dengan mengubah pola tidur. Cobalah untuk tidur dan bangun lebih awal. Dengan begitu, Anda bisa memulai hari lebih awal dengan tubuh yang segar dan “sadar” sepenuhnya. Produktivitas pun akan meningkat dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat!

Sumber:
Forbes, Inc

Join Us

Artikel - Artikel Terkait