5 Ciri Situs Jual Beli Online Terpercaya

5 Ciri Situs Jual Beli Online Terpercaya

Banyaknya situs jual beli online yang saat ini ada sering kali membuat Anda kesulitan memilih tempat berbelanja yang terbaik dan tepercaya. Padahal apabila tidak diperhatikan secara saksama, Anda justru bisa salah memilih situs jual beli online yang tentu menimbulkan kerugian, baik materiil maupun non-materiil. Untuk itu, sebelum berbelanja online, ketahui terlebih dulu ciri-ciri situs belanja online berikut ini.

Memiliki fitur keamanan

Hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan ketika memilih situs jual beli online adalah fitur keamanan. Pasalnya, Anda akan memasukkan sejumlah data pribadi seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit di dalam situs tersebut. Perlu diperhatikan bahwa situs yang aman akan dilengkapi dengan sertifikat SSL, di mana akan memiliki tampilan alamat “https:” dan disertai simbol gembok. Dengan begitu, segala data pribadi yang Anda masukkan tidak jatuh ke tangan pihak-pihak yang akan menyalahgunakan informasi tersebut.

Foto produk asli dan berkualitas tinggi

Selanjutnya, pastikan bahwa foto produk yang ditampilkan oleh situs jual beli online tersebut asli dan berkualitas tinggi. Bayangkan saja jika foto produk yang ditampilkan ternyata mengambil dari milik orang lain, tentu kredibilitas penjual tersebut perlu dipertanyakan. Pebisnis yang profesional sudah bisa dipastikan akan menampilkan foto produk asli dan berkualitas tinggi sehingga produk yang ditawarkan lebih menarik di mata konsumen.

Menyediakan customer service selama 24 jam

Ciri toko online yang tepercaya berikutnya bisa Anda ketahui dari ada atau tidaknya fitur customer service yang diberikan. Biasanya, petugas customer service inilah yang akan membantu Anda ketika mengalami kesulitan dalam transaksi belanja online. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa was-was barang yang dibeli mengalami keterlambatan atau bahkan tidak dikirimkan. Jika terjadi kesalahan pengiriman barang pun Anda bisa mengajukan klaim dan retur atau pengembalian.

Mencantumkan alamat dan nomor telepon yang jelas

Tentu saja, situs jual beli online yang memiliki kredibilitas baik akan dengan senang hati mencantumkan alamat lengkap dan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan jelas. Bahkan terkadang mereka menyediakan satu halaman khusus yang memuat alamat, nomor telepon, dan email yang bisa dihubungi oleh konsumen. Anda juga bisa mengecek langsung alamat tersebut pada Google Maps untuk mengetahui detail lokasi dan kebenaran alamat yang dicantumkan. Jika tidak, maka sebaiknya pertimbangkan kembali pembelian Anda di situs tersebut.

Menampilkan halaman testimonial

Dikutip dari laman Shopify, 67% konsumen membaca kurang lebih enam testimoni yang diberikan oleh pembeli terdahulu sebelum mereka merasa yakin untuk melakukan pembelian. Tak jarang bahkan 80% konsumen akan berubah pikiran apabila mereka menemukan ulasan negatif terkait produk atau layanan yang diberikan oleh suatu situs jual beli online. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi jual-beli sebaiknya teliti lebih dulu melalui halaman testimonial yang ditampilkan agar Anda bisa mendapatkan situs berbelanja tepercaya.


Dengan memahami ciri-ciri situs jual beli online terpercaya, Anda dapat terhindar dari kejahatan atau penipuan yang belakangan cukup meresahkan masyarakat Indonesia. Jangan mudah untuk tergiur di situs belanja online yang memberikan penawaran harga murah. Jadi, sudahkah Anda siap untuk berbelanja secara online melalui situs terpercaya? Lets be a smart buyer!

Source:
Forbes, Hubspot, Shopify