5 Fakta Yang Harus Anda Ketahui tentang HARBOLNAS

HARBOLNAS 2016

Hari Belanja Online Nasional atau lebih dikenal sebagai HARBOLNAS adalah acara tahunan terbesar bagi semua eCommerce di Indonesia. HARBOLNAS juga sering dinantikan oleh semua pelanggan di Indonesia sebagai momen untuk berbelanja online. Saat HARBOLNAS tiba, semua eCommerce yang berpartisipasi menyajikan promosi yang menarik dengan diskon, voucher, gratis ongkir, dan keuntungan lainnya untuk semua pelanggan online. Selain eCommerce, HARBOLNAS juga didukung oleh beberapa partner mulai dari bank, media, serta payment gateway, salah satunya adalah Midtrans, yang memastikan kenyamanan dan keamanan berbelanja online.

Yuk, pelajari 5 fakta yang harus Anda ketahui tentang perayaan HARBOLNAS:

1. HARBOLNAS pertama kali dirayakan pada tahun 2012 dan jumlah partisipasi pada saat itu hanya 7 eCommerce yaitu Lazada, Bilna, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Traveloka dan Luxola. Mengutip dari Daily Social, HARBOLNAS terbentuk secara tidak sengaja dan tidak terencana. Bermula dari perbincangan di kedai kopi dan menggunakan modal sendiri. Kemudian mereka melakukan meeting kembali dan berhasil mendapatkan dukungan dari 2 sponsor utama yaitu Yahoo! dan Telkomsel.

2. Ide utama HARBOLNAS terinspirasi dari perayaan Black Friday di USA, Cyber Monday, dan Online Fever. Di mana pada momen tersebut semua toko online dan offline memberikan penawaran menarik dan membuka toko lebih lama dari biasanya. HARBOLNAS ini ditujukan untuk mengedukasi warga Indonesia untuk berbelanja online dengan aman dan nyaman. Karena pada saat itu pelaku belanja online di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total warga Indonesia secara keseluruhan.

3. Peserta HARBOLNAS setiap tahunnya melonjak pesat, dengan jumlah partisipan awal hanya 7 eCommerce. Namun tahun 2013, HARBOLNAS diikuti oleh 22 eCommerce, tahun 2014 diikuti oleh 78 eCommerce, tahun 2015 diikuti oleh 142 eCommerce, dan tahun 2016 kini diikuti oleh 211 eCommerce di Indonesia. Hal ini menunjukan semakin banyaknya pelaku bisnis eCommerce di Indonesia dan berbanding lurus dengan jumlah pelanggan belanja online.

4. Pada mulanya HARBOLNAS lebih dikenal sebagai perayaan 121212, karena pada saat itu HARBOLNAS hanya dirayakan selama 24 jam saja yaitu di tanggal 12 Desember 2012. Namun saat kini HARBOLNAS, tidak hanya 24 jam saja, semua eCommerce menyiapkan pra-event dan post-event untuk HARBOLNAS. Karena mereka sadar bahwa HARBOLNAS setiap tahunnya memberikan traffic dan jumlah sales lebih tinggi dibandingkan dengan hari lainnya.

5. Mengutip dari data Nielsen, kategori favorit selama HARBOLNAS adalah fashion, kemudian diikuti oleh gadget dan perlengkapan elektronik rumah. Dari sisi demografi, pengguna HARBOLNAS berusia 25-44 tahun dengan partisipasi yang memiliki pendapatan 4 juta ke atas. Hal yang menarik adalah, di tahun 2015, sebanyak 39% pelanggan mendengar tentang HARBOLNAS melalui siaran tv dibandingkan media sosial dan website eCommerce.

Manfaatkan momen HARBOLNAS untuk belanja kebutuhan Anda secara online karena dijamin terdapat banyak penawaran terbaik dan harga produk yang lebih murah dari biasanya. Untuk mengetahui merchant Midtrans mana saja yang berpartisipasi dalam HARBOLNAS kali ini, bisa Anda lihat di link berikut.

Sumber: Daily Social

Join Us

Artikel - Artikel Terkait