5 Fitur Baru Facebook untuk Strategi Marketing Anda

Fitur Baru Facebook

Memiliki sekitar 1,59 miliar pengguna, tidak mengherankan jika setiap improvisasi yang dilakukan Facebook selalu membuat para pelaku bisnis ikut memutar otak untuk menyesuaikan diri. Pada awal tahun 2016 lalu, Facebook secara resmi mengumumkan rencananya untuk sepuluh tahun ke depan. Dari banyaknya rencana yang ada, ada beberapa fitur baru Facebook yang menjadi highlights dari pengumuman tersebut dan bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan marketing. Tentu ini akan menjadi keuntungan untuk Anda yang ingin menggunakan Facebook sebagai strategi marketing.

Instant Articles

Instant Articles

Fitur Instant Articles pada Facebook akan membuat pengalaman membaca Anda menjadi sepuluh kali lebih cepat daripada artikel web standar untuk mobile. Kabarnya, untuk membaca artikel melalui fitur ini, Tidak hanya cepat, Instant Articles juga mampu menyediakan fitur-fitur interaktif yang membuat tulisan menjadi lebih “hidup”, seperti auto-play video dan kemudahan untuk melakukan zoom pada gambar.

Bagi pelaku bisnis seperti Anda, Instant Articles dapat menjadi cara bagus untuk meluaskan jangkauan konten blog dan meningkatkan engagement melalui Facebook. Hal tersebut dibuktikan melalui data yang dirilis oleh Facebook pada acara sama, bahwa Instant Articles menerima 20% lebih banyak klik daripada artikel untuk mobile web biasa. Ketika orang sudah meng-klik Instant Articles, kemungkinan bagi mereka untuk mengabaikan bacaan akan berkurang hingga 70%. Tidak hanya itu, jumlah artikel yang dibuka melalui Instant Articles akan di-share 30% lebih sering daripada biasanya.

Live API

Live API

Pada bulan Januari 2016, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa ada lebih dari 100 juta jam video yang diputar per harinya di Facebook. Angka tersebut bahkan selalu bertambah setiap harinya. Menyadari pentingnya peran video dalam media sosial, Facebook pun merilis fitur Facebook Live API yang memungkinkan Anda untuk menikmati video secara lebih interaktif. Anda bisa merekam video dan langsung melakukan live broadcast kepada seluruh audiens Anda melalui Facebook. Menariknya lagi, Facebook Live API dapat diakses dari berbagai perangkat, tidak seperti sebelumnya yang hanya bisa diakses melalui smartphone saja.

Profile Expression Kit

Profile Expression Kit

Tahun lalu, Facebook merilis fitur video profil yang memungkinkan pengguna untuk mengambil atau meng-upload video selama tujuh detik untuk dipasang sebagai video profil mereka. Jadi, video profil tersebut dapat menjadi alternatif lain dari foto profil. Sejauh ini, Profile Expression Kit baru mendukung enam aplikasi, yakni Boomerang by Instagram, Lollicam, BeautyPlus, Cinemagraph Pro by Flixel, MSQRD, dan Vine. Anda bisa memanfaatkan Profile Expression Kit untuk menunjukkan profil dan image Anda secara lebih “hidup” dan interaktif. Anda dapat memandangnya sebagai cara untuk terhubung dengan audiens Anda melalui perangkat yang unik. Tentu akan dibutuhkan proses trial dan error, namun Anda pasti akan stand out dari para pesaing jika berhasil menaklukkan fitur Profile Expression Kit ini.

Save Button

Save Button

Facebook mungkin bukan yang pertama kali menerapkan fitur ini pada media sosial mereka, namun Save Button masih tetap menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis. Pada dasarnya, Save Button memiliki fungsi sama dengan fitur serupa yang ada pada perangkat lain, yakni memungkinkan Anda untuk menyimpan segala sesuatu yang ditemukan pada web. Dengan adanya Save Button, Anda bisa membuka link yang telah disimpan dari perangkat manapun.

Meskipun bukan fitur yang terlalu “wah”, Anda sebagai pelaku bisnis masih dapat memanfaatkan Save Button untuk melakukan engagement, link tracking, dan post success. Ditambah dengan adanya fitur Instant Articles seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mengukur hasil integrasi keduanya melalui fitur analitik. Dengan mengukur berapa banyak artikel yang di-save melalui Facebook, Anda dapat mengetahui jenis konten yang menarik perhatian pembaca. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam menyusun strategi untuk ide-ide konten selanjutnya.

Quote Sharing

Quote Sharing

Ketika membaca suatu tulisan di internet, Anda pasti pernah bertemu dengan satu kutipan yang ingin Anda bagikan pada pengguna internet lain. Sayangnya, tidak semua website memberikan Anda kemudahan untuk melakukan hal tersebut. Memahami hal tersebut, Facebook pun meluncurkan fitur Quote Sharing yang memungkinkan Anda untuk berbagi kutipan teks dari artikel manapun melalui Facebook. Dengan adanya Quote Sharing, secara tidak langsung Anda ditantang untuk menciptakan konten quotable sehingga audiens Anda tertarik untuk membagikannya melalui Facebook. Semakin banyak kutipan konten yang dibagikan, tentu semakin tinggi kemungkinan bagi orang-orang untuk berkunjung ke website Anda. Traffic pun akan meningkat dengan sendirinya.


Itulah beberapa fitur baru Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan strategi digital marketing. Dari fitur-fitur tersebut, fitur mana yang paling menarik perhatian Anda? Jangan menyerah apabila strategi yang Anda terapkan melalui fitur-fitur baru tersebut belum memperlihatkan hasil pada percobaan pertama. Selamat bereksperimen!

Sumber: Bufferapp Blog, Hootsuite Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait