5 Ide Menggunakan Packaging untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

packaging unik dan lucu

Sisipan dalam packaging merupakan cara efektif dan efisien untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. Pada akhirnya, hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan, jumlah order, serta profit. Jika pengiriman dan produk Anda sesuai dengan harapan pelanggan, maka pelanggan akan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Jika tidak, setidaknya sisipan dalam packaging tersebut dapat membantu Anda mencegah pengalaman berbelanja buruk yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa alasan mengapa sisipan packaging harus Anda terapkan untuk bisnis Anda:

  • Sisipan dalam packaging merupakan salah satu usaha marketing yang memerlukan biaya yang paling murah.
  • Sisipan ini membuat pelanggan Anda merasa spesial. Siapa yang tidak suka diberikan sesuatu yang extra ketika berbelanja online?
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa memanfaatkan ruang dalam sisipan packaging Anda untuk memotivasi pelanggan kembali berbelanja atau menyebarkan pengalaman belanja mereka kepada orang lain.
  • Target marketing! Karena Anda sudah mengetahui apa yang dibeli oleh pelanggan Anda, Anda bisa menciptakan sisipan yang spesifik untuk tipe pelanggan tersebut. Misalnya, pelanggan membeli dress dari website Anda, berikanlah potongan atau harga spesial ketika mereka berbelanja dress selanjutnya di website Anda.

Sisipan packaging ini dapat bervariasi namun tetap sederhana misalnya dengan memberikan kupon atau flyer di dalamnya. Kenyataannya banyak ide yang dapat Anda coba dan jelajahi untuk sisipan tersebut.

Perhatikan contoh sisipan packaging populer yang bisa Anda adaptasi:

1. Penawaran diskon

Julep

Salah satu cara untuk memberikan diskon dengan biaya efektif adalah dengan mencetaknya dalam ukuran kartu bisnis. Cara ini memang bisa Anda kirimkan melalui email, namun dengan mengirimkannya dalam packaging menjadikan pengingat bagi pelanggan Anda untuk berbelanja kembali di toko online Anda. Selain itu penting bagi Anda untuk menentukan diskon apa yang menarik misalnya gratis pengiriman atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. Hal ini penting, karena Anda dapat mengetahui apa yang sebenarnya pelanggan inginkan dari produk Anda.

2. Product sample

beardbrand sample

Sample bisa menjadi nilai lebih karena dua alasan. Pertama, Anda bisa mendapatkan sample gratis dari vendor Anda, sehingga dapat menghemat biaya. Kedua, sample adalah cara terbaik untuk cross-selling dan memperkenalkan produk baru atau belum populer sehingga menimbulkan penasaran bagi pelanggan untuk mencobanya. Contohnya seperti yang dilakukan oleh brand Beardbrand yang memberikan sample bear oil untuk pelanggan atau pengecer mereka. Hal ini tentu memberikan nilai lebih dan meningkatkan exposure terhadap brand mereka.

3. Hadiah kecil

Johhny cupcakes

Hadiah kecil bisa menjadi cara untuk memberikan kejutan dan menyenangkan pelanggan Anda tanpa perasaan bahwa Anda berusaha untuk menjual produk kepada mereka. Hadiah yang Anda berikan tidak perlu mahal, misalnya Ryan French, pendiri GameKlip, memberikan satu kotak permen dalam setiap order pengiriman mereka. Hal ini diterima dengan senang hati oleh pelanggan dan mereka membicarakannya di media sosial, forum, bahkan blog. Sekarang, jika Anda mencari GameKlip Rockets Candy maka Anda akan menemukan hingga 27000 orang yang membicarakan hal tersebut.

4. Kartu ucapan dan catatan pribadi

2bigfeet.com

Cara paling sederhana, murah dan personal sisipan yang dapat Anda masukan dalam paket Anda adalah kartu ucapan terima kasih. Kartu sederhana ini mampu membangun loyalitas pada brand Anda. Hal ini cara efektif, khususnya jika bisnis Anda dalam skala kecil hingga medium, karena perusahaan besar kesulitan untuk menggunakannya.

5. Permintaan ulasan produk di media sosial

frank body scrub indonesia

Packaging adalah repesentasi dari siklus transaksi Anda bagi sebagian besar pelanggan. Sisipan packaging pun bisa menjadi tempat bagi Anda untuk meminta pelanggan agar memberikan ulasan atau berbagi pengalaman dengan produk mereka di media sosial. Salah satunya yang dilakukan oleh Frank Body, yang mendukung semua pelanggan untuk berbagi produk mereka di media sosial.

Selamat mencoba!

Sumber: Shopify, Hollycasto.com

Join Us

Artikel - Artikel Terkait