5 Implementasi Sukses Instagram Stories oleh Brand Internasional

instagram stories

Pada bulan Agustus 2016 lalu, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mem-post foto dan video yang nantinya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Terdengar familiar?

Ya, konsepnya memang sangat mirip dengan Snapchat. Pada masa awal peluncurannya dulu, banyak orang mempertanyakan keputusan Instagram ini. Kini, Instagram Stories justru bertransformasi menjadi salah satu platform terkuat untuk melakukan digital marketing. Beberapa brand berikut ini berhasil membuktikan hal tersebut.

GoPro

Gopro

Dalam industri action camera, GoPro masih menjadi merek yang paling terkemuka. GoPro menunjukkan kehebatan produk-produknya melalui konten yang mereka share pada Instagram Stories. Karena fungsinya tersebut, GoPro pun kerap diasosiasikan dengan hal-hal berbau petualangan. Saat melihat konten Instagram Stories mereka, hal itulah yang akan langsung Anda rasakan.

Melalui hasil foto dan video berkualitas tinggi yang di-post ke Instagram Stories, GoPro berhasil mengajak para followers-nya untuk ikut berpetualang bersama mereka. Di sisi lain, GoPro sebenarnya sedang mempromosikan produk-produknya yang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas terbaik.

NBC Olymipcs

NBC

NBC menjadi saluran televisi yang berhak menayangkan ajang Olympics 2016 secara resmi. Terkait dengan hal tersebut, mereka pun mengadakan sesi broadcast Facebook Live bersama Ryan Seacrest, salah satu pembawa acara dan penyiar radio kondang di Hollywood. Untuk membangun awareness dan hype terhadap sesi itu, NBC Olympics pun memanfaatkan fitur Instagram Stories. Mereka mem-post foto dan video singkat di venue yang digunakan untuk sesi Facebook Live. Sebagai pemilik brand, Anda juga bisa melakukan strategi yang sama untuk mempromosikan event-event Anda.

J.Crew

Jcrew

Brand pakaian satu ini berhasil membuktikan bahwa dengan CTA yang tepat, Instagram Stories dapat menjadi salah satu platform paling powerful untuk promosi. Ketika brand atau perusahaan mem-post foto yang disertai link di Instagram Stories, pada bagian bawah akan muncul tulisan “See More” secara otomatis. Namun, J.Crew merasa bahwa CTA tersebut kurang efektif sehingga mereka pun menambahkan CTA sendiri pada foto menggunakan fitur teks dan coloring di Instagram Stories.

Pada lain waktu, lagi-lagi J.Crew juga kembali menggunakan CTA pada Instagram Stories untuk promosi produk. Namun, kali ini, CTA tersebut dikemas sedemikian rupa untuk memperkenalkan produk kacamata terbaru mereka yang bernama JANE in PINK. Agar sesuai dengan nama produk, J.Crew pun menggunakan background dan berbagai komponen bernuansa pink untuk menciptakan vibe yang pas.

Cheerios

cheerios

Cheerios merupakan sebuah brand sereal terkemuka. Mereka berhasil menggunakan Instagram Stories untuk menciptakan engagement dengan followers mereka. Metode yang digunakan sangatlah simpel. Dengan background kuning cerah yang sejalan dengan image brand, Cheerios memention username beberapa followers mereka secara satu per satu dan memberikan pesan bernada personal. Pesan tersebut berbunyi seperti “thanks for being a good human”, “thanks for starting your day with us”, dan “don’t give up on your dreams”. Followers yang mendapatkan pesan tersebut pun pasti akan merasa spesial.

Vogue Magazine

vogue

Perusahaan yang bergerak di bidang media pun juga bisa memanfaatkan Instagram Stories untuk keperluan promosi mereka. Vogue Magazine telah berhasil melakukannya. Pada Pekan Inagurasi US yang diadakan di Washington DC pada bulan Januari 2017 lalu, Vogue menjadi salah satu media yang hadir untuk melakukan liputan. Tidak hanya meliput rangkaian acara yang berlangsung, Vogue juga mengambil foto-foto dari berbagai bangunan historis yang ada di sana.

Menggunakan Instagram Stories, Vogue Magazine mencoba menarik perhatian followers-nya terhadap karya dari fotografer mereka. Vogue pun mem-post sebagian foto dari Pekan Inagurasi dan memberi CTA khusus agar orang-orang mau membuka link menuju galeri lengkap berisi foto-foto lainnya.


Semoga kelima brand di atas bisa memberikan Anda inspirasi dalam menggunakan Instagram Stories untuk keperluan digital marketing. Selain hal-hal yang dilakukan oleh brand tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Stories untuk mengumumkan peluncuran produk baru, posting konten behind the scene, hingga sekadar menunjukkan sisi humoris Anda sebagai brand melalui fitur-fitur yang tersedia. Have fun!

Sumber: Digiday, Social Media Examiner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait