5 Keuntungan Menggunakan Transaksi Non-Tunai

5 Keuntungan Menggunakan Transaksi Non-Tunai

Guna meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi, kini pemerintah maupun pihak terkait lainnya tengah menggalakkan program pembayaran dan transaksi non-tunai. Transaksi non-tunai sendiri sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) NO.18/17/PBI/2016 tentang pembayaran non-tunai dan PB No.19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Non-Tunai. Transaksi non-tunai dinilai banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Berikut lima di antaranya yang perlu Anda ketahui.

Meminimalisir kehilangan

Menggunakan uang tunai dan membawanya dalam jumlah yang banyak akan sangat riskan tentunya. Anda akan terus merasa khawatir uang akan hilang dan uang tunai terkadang sangat sulit untuk didapatkan kembali. Pasalnya, Anda harus mencari tempat yang menyediakan ATM untuk mengambil uang tersebut.

Terlebih bila Anda liburan, kehilangan uang tunai akan sangat menyusahkan dan mengganggu liburan Anda. Beda halnya dengan menggunakan uang dan transaksi non-tunai, Anda akan merasa lebih tenang dan dapat membayar serta membeli apa saja di merchant-merchant yang tersedia selama saldo mencukupi.

Menghindari risiko aksi kejahatan

Kehilangan uang tunai bukan hanya disebabkan kelalaian sendiri, tetapi juga karena faktor lain seperti tindakan kejahatan dan pencurian. Bila Anda membawanya dalam jumlah banyak tentu akan mengundang perhatian orang-orang yang berniat jahat. Contohnya ketika Anda sedang berbelanja, berlibur, atau di tempat-tempat keramaian lainnya yang rawan aksi kejahatan.

Menggunakan transaksi non-tunai dapat lebih menjamin keamanan dan bisa meminimalisir bahkan terhindar dari aksi kejahatan. Hal ini disebabkan transaksi non-tunai yang Anda gunakan menggunakan sistem password dan nomor pin yang bisa diatur sendiri. Password dan pin tersebut dibuat oleh Anda sendiri dan orang lain tidak akan mengetahuinya. Maka dari itu, sebaiknya jangan pernah memberikan nomor tersebut kepada orang lain demi menjaga keamanan.

Lebih mudah dan praktis

Bayangkan bila Anda ingin membeli sesuatu dengan harga yang tinggi di sebuah toko atau mungkin Anda sedang liburan, pasti Anda membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Cara ini tidaklah efektif karena pertimbangan keamanan dan kenyamanan. Adanya pembayaran non-tunai bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan praktis.

Anda pun tidak perlu menunggu lama mengantre di loket-loket pembayaran seperti cara lama. Anda cukup melakukan transaksi secara online untuk berbagai macam pembayaran tagihan sehari-hari. Mengisi saldonya pun juga mudah, Anda bisa melakukannya melalui ATM, internet banking, minimarket, dan media lainnya yang terhubung dengan sistem pembayaran maupun transaksi non-tunai.

Pengeluaran bisa dibatasi

Terkadang seseorang lupa untuk mencatat apa saja pengeluaran dalam satu hari, satu minggu, maupun satu bulan. Apalagi ketika sedang melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti liburan, tentu akan sulit untuk mengontrol pengeluaran. Ditambah lagi dengan tagihan-tagihan lain dan pengeluaran yang tidak terduga lainnya.

Apabila Anda menggunakan transaksi non-tunai, manfaat yang bisa dirasakan adalah dapat membatasi pengeluaran. Anda bisa melihat semua transaksi yang dilakukan sebelumnya. Lewat cara ini, Anda dapat melihat dan membatasi pengeluaran sehingga tidak membengkak oleh hal-hal yang sebenarnya tidak penting.

Ada potongan khusus di berbagai merchant

Keuntungan berikutnya yang dapat Anda dapatkan bila menggunakan transaksi non-tunai adalah kesempatan mendapatkan harga khusus dan promo menarik di merchant-merchant tertentu. Contohnya adalah promo tiket pesawat murah, penginapan, hingga tiket wisata bahkan potongan tagihan lainnya. Anda pun bisa mengurangi beban pembayaran dan menggunakan uang yang ada untuk keperluan lainnya.

Biasanya semakin banyak Anda melakukan transaksi non-tunai di merchant tersebut, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan potongan harga dan promo menarik lainnya. Oleh karena itulah, gunakan terus transaksi non-tunai Anda di beberapa merchant terutama untuk saat-saat tertentu.


Bagaimana, cukup banyak bukan keuntungan menggunakan transaksi non-tunai dalam kehidupan sehari-hari? Jadi, bila Anda belum menggunakannnya, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya demi mendapatkan berbagai kemudahan dalam hidup.

Sumber: Pulse, Kompas, Liputan 6