5 Langkah untuk Meningkatkan Domain Authority Website Anda

domain authority

Ada banyak faktor yang membuat Google meletakkan halaman website tertentu pada peringkat atas search engine mereka. Salah satu yang memegang peranan paling penting adalah Domain Authority (DA) dari suatu website.

DA adalah sebuah website metrik berdasarkan skor algoritma (dari 1-100) yang diciptakan oleh Moz, penyedia layanan analisis untuk digital marketing. Semakin tinggi DA suatu website, semakin besar kemungkinan bagi website tersebut untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada search engine. Penentuan skor DA dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti Moz Rank, Moz Trust, pengalaman pengguna website, waktu loading halaman, dan lain sebagainya.

Moz

Tidak hanya membantu Anda untuk muncul pada peringkat atas search engine, DA juga mampu membuat website Anda memiliki nilai kewenangan di mata bots sehingga konten yang Anda tulis dianggap penting. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah untuk meningkatkan jumlah followers dan traffic. Lalu, bagaimana cara tepat untuk meningkatkan DA pada website Anda?

Memaksimalkan seluruh aspek SEO

Pada salah satu kontennya, Moz pernah menjelaskan bahwa untuk meningkatkan DA, Anda harus memaksimalkan seluruh aspek SEO, termasuk berbagai detail seperti struktur website, navigasi, struktur URL, meta tags, header tags, jumlah kata, keywords, alt tags, dan lain sebagainya. Anda tidak dapat memisahkan aspek SEO dan konten jika benar-benar ingin meningkatkan skor DA Anda. Oleh sebab itu, pastikan bahwa seluruh aspek SEO Anda telah maksimal sebelum Anda menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan DA website.

Menciptakan banyak konten “linkable”

DA berkaitan erat dengan SEO, dan seperti yang telah disebutkan, SEO tidak bisa dilepaskan dari konten. Agar memiliki konten bersifat marketing, Anda harus menciptakan banyak konten yang linkable atau nantinya mudah dicantumkan sebagai hyperlink pada konten-konten selanjutnya. Anda bisa menulis berbagai artikel atau infografik secara rutin dan konsisten. Mungkin memang terkesan memberatkan, namun hal tersebut akan sepadan dengan hasil yang didapatkan. Anda bisa menggunakan berbagai resource marketing untuk membantu Anda dalam menciptakan konten yang linkable sekaligus masih mampu menarik engagement.

Membangun internal linking yang kuat

Internal linking adalah strategi mencantumkan link dari konten internal Anda pada konten lain yang Anda tulis. Umumnya, internal linking dilakukan dalam bentuk hyperlink. Strategi satu ini sudah terbukti mampu menciptakan jaringan kuat di dalam website Anda yang membawa keuntungan bagi pengguna dan search engine. Sebuah website yang tidak memaksimalkan internal linking akan dinilai lemah. Sebaiknya, internal linking yang maksimal akan menciptakan jaringan yang kuat di antara konten-konten Anda.

Selain itu, semakin banyak konten yang ditulis, Anda akan memiliki lebih banyak konten lagi untuk dihubungkan sebagai link. Dan semakin sering Anda melakukan internal linking, semakin besar kemungkinan Anda untuk menciptakan sebuah website yang kuat dan padat.

Tingkatkan page speed halaman website

Page speed adalah tingkat kecepatan yang dibutuhkan halaman website Anda ketika loading. Kecepatan loading yang lemah akan memberikan efek buruk pada bounce rate, yakni jumlah pengunjung yang memutuskan untuk meninggalkan website Anda tanpa mengunjungi halaman-halaman lainnya. Mayoritas pengguna memiliki kesabaran yang tipis jika harus menunggu sebuah halaman web untuk loading. Pada akhirnya, mereka pun akan meninggalkan website Anda.

Karenanya, Anda harus memastikan bahwa page speed dari website Anda memiliki tingkat yang sesuai. Anda bisa melakukan pengecekan melalui perangkat PageSpeed milik Google. Tidak hanya menganalisis kecepatan loading website Anda, perangkat tersebut juga akan menawarkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki page speed dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Pastikan website Anda sudah mobile-friendly

Mayoritas pengguna internet mengakses website melalui perangkat mobile. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengoptimalkan penggunaan website pada perangkat mobile atau membuatnya menjadi mobile-friendly. Jika Anda mengabaikannya, peringkat pada search engine akan terpengaruh dan Anda akan kehilangan pengunjung yang merasa tidak puas karena tampilan website Anda tidak nyaman dinikmati dari perangkat mobile atau tablet. Untuk mengetesnya, Anda bisa menggunakan Mobile-Friendly Test milik Google Developers. Perangkat tersebut akan menganalisis halaman website dan memberi tahu seberapa “ramah” website Anda untuk perangkat mobile.


Last but definitely not least, bersabarlah dalam menjalankan seluruh strategi di atas. Skor DA yang tinggi tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, mengingat bahwa faktor usia memegang peranan penting. Semakin tua usia sebuah domain, semakin tinggi pula skor DA-nya. Great things take time.

Sumber: Quicksprout, SEOPressor

Join Us

Artikel - Artikel Terkait