5 Pelajaran Hidup yang Kita Bisa Ambil dari Bill Gates

bill gates

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates? Sebagai salah satu orang yang namanya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia, pendiri Microsoft ini memiliki kekayaan yang bisa membuat kita tercengang. Bagaimana tidak, dapat kita lihat saat ini hampir setiap pengguna komputer di dunia memasang Microsoft sebagai sistem operasi bawaan. Meskipun ada beberapa sistem operasi lainnya, tapi pengguna Microsoft masih sangat banyak. Tentu saja, ini menunjukkan betapa suksesnya Bill Gates mempengaruhi perkembangan teknologi lewat temuannya untuk peradaban manusia.

Kesuksesan Bill Gates menginspirasi banyak orang untuk menjadi sukses seperti itu. Berikut lima pelajaran yang bisa kita ambil dari Bapak Microsoft ini:

Gigih berjuang

Kesuksesan tentu saja tidak bisa didapat dalam sekejap. Pasti ada berbagai rintangan dan perlu usaha untuk menuntun kita menuju puncak kesuksesan tersebut. Begitu juga dengan Bill Gates. Ia adalah orang yang gigih berjuang. Untuk itu, penting bagi Anda menentukan target. Target ini akan memotivasi Anda untuk terus berjuang mencapainya. Kegagalan pasti ada, tapi dengan memiliki target, Anda akan selalu mengingatnya dan berusaha bangkit dari keterpurukan. Target akan membuat Anda terus berjuang tanpa henti hingga Anda berhasil mencapainya.

Banyak membaca

Untuk menjadi sukses, Anda harus rajin membaca. Mungkin Anda pernah mendengar frase bahwa orang sukses adalah mereka yang banyak membaca. Dengan membaca, kita bisa tahu banyak hal. Begitu pun yang dilakukan oleh Bill Gates. Pendiri Microsoft ini sangat rajin membaca sejak kecil. Bahkan, ia sering menulis buku-buku apa saja yang pernah dibacanya di situsnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi berapa banyak ilmu yang Beliau miliki.

Cermat membaca peluang

Kecermatan dalam membaca peluang juga perlu. Jika Anda seorang pengusaha, maka Anda harus bisa mempertimbangkan risiko ketika akan mengambil kesempatan, terutama sumber daya. Anda harus tahu betul berapa sumber daya yang Anda miliki. Jika kesempatan yang ada memang kurang menjanjikan dan hanya akan membuang-buang sumber daya Anda sebaiknya lewatkan saja. Sebaliknya, jika ada kesempatan yang menurut Anda adalah peluang untuk pengembangan bisnis, maka jangan segan-segan untuk mengerahkan semua sumber daya yang Anda miliki.

Bentuk tim yang solid

Kesuksesan tidak bisa Anda raih seorang diri. Anda perlu orang lain untuk men-support Anda, yang bisa membantu membawa Anda pada kesuksesan. Hal ini berlaku untuk Anda yang sedang memulai bisnis yang mana bisnis tersebut memerlukan kesatuan tim untuk kelangsungannya. Oleh sebab itu, carilah orang yang benar-benar berkualitas dan bertalenta untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. Jaga hubungan baik dengan orang-orang ini agar mereka mau bekerja sama dengan Anda.

Mencari inovasi

Untuk menguasai pasar, Anda harus memberikan inovasi yang benar-benar bermanfaat. Kebutuhan manusia sangat dinamis. Produk yang saat ini berguna bisa jadi beberapa tahun kemudian akan ditinggalkan begitu saja. Oleh sebab itu, inovasi produk sangat perlu. Bill Gates tidak berhenti berinovasi untuk terus memajukan produknya.


Tips-tips dia atas harus Anda aplikasikan di kehidupan untuk menjadi sukses, tidak cukup hanya dengan dibaca dan dimengerti saja. Dalam prosesnya pun, tentu saja hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Tapi percayalah, semua usaha yang Anda lakukan akan terbayar begitu Anda berhasil mencapai puncak tangga kesuksesan.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait