5 Pelajaran Yang Bisa Anda Ambil Dari Elon Musk

elon musk

Menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah. Kegagalan demi kegagalan harus dilalui demi mencapai kesuksesan tersebut. Begitu pun dengan pengusaha-pengusaha di dunia, salah satunya adalah Elon Musk. Elon Musk merupakan seorang enterpreneur asal Afrika Selatan dengan kekayaan bersih sebesar 13,4 miliar dolar Amerika. Ia berhasil memberikan pengaruhnya pada tren teknologi saat ini. Untuk menjadi sukses seperti ini, Elon Musk tidak mencapainya dalam waktu singkat tapi ia harus berjuang selama beberapa tahun. Berikut pelajaran dari Elon Musk yang bisa Anda jadikan pegangan untuk menjadi sukses.

Yakin dengan ide Anda

Selalu yakin dengan ide yang Anda miliki. Tentu saja ini harus diiringi dengan usaha yang tak kenal menyerah. Itulah yang dilakukan oleh Elon. Meskipun sempat ditolak sana-sini dalam pemasaran yang dilakukannya, ia tetap berpegang teguh pada idenya dan terus berjuang hingga menghasilkan sesuatu. Bahkan ia harus tidur di dekat meja kerjanya dan pekerja lainnya agar pekerja tersebut bisa membangunkannya di pagi hari.

Percaya pada pekerja muda Anda

Elon mempekerjakan tenaga muda ahli ketika membuka Tesla dan SpaceX. Ia juga tak sungkan-sungkan menghubungi bawahannya secara langsung. Tunjukkan kepercayaan Anda pada mereka. Mungkin sebagai tenaga muda mereka belum memiliki cukup pengalaman, tetapi mereka memiliki semangat jiwa muda yang tak pantang menyerah.

Utamakan kualitas

Perhatikan untuk selalu menjaga kualitas produk Anda. Bagaimana Anda membuat produk Anda berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Meskipun Anda harus menaikkan biaya produksi karena itu dan produk yang Anda jual lebih mahal, itu lebih baik dari pada Anda mengorbankan kualitas. Pembeli yang baik akan selalu memilih produk Anda walau harus membayar lebih. Tapi, jika Anda mengorbankan kualitas demi bersaing dengan harga yang lebih murah, maka kemungkinan konsumen lari ke barang dengan kualitas lebih baik juga lebih tinggi.

Pantang menyerah

Elon adalah orang yang pantang menyerah. Bahkan ketika ia mendengar bahwa ia akan diberhentikan dari jabatan CEO-nya di Paypal karena perusahaan tersebut mengalami masalah, ia tidak mau menerima begitu saja. Ia pun langsung datang untuk membereskan masalah tersebut walaupun ia sedang berbulan madu waktu itu.

Visioner

Tentu saja sebagai seorang pengusaha Anda tidak boleh terlena dengan keuntungan yang didapat. Elon menyisihkan hampir separuh dari keuntungannya untuk membuka usaha baru. Dari keuntungan penjualan Zip2 sebesar 293 juta, 133 juta di antaranya ia gunakan untuk memulai Paypal. Begitu juga dengan Paypal. Sebagian hasil keuntungannya ia gunakan untuk mendirikan SpaceX. Saat ini Elon juga sedang menginvestasikan uangnya pada Tesla Motors.


Kesuksesan tidak mungkin diraih dengan mudah. Masalah demi masalah akan terus menghampiri Anda. Mau bertahan atau menyerah pada keadaan, semuanya Anda yang memutuskan. Anda bisa membaca cerita inspiratif enterpreneur lainnya bagaimana perjalanan mereka hingga bisa sukses seperti saat ini.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait