5 Program Promo untuk Bisnis Online

5 Program Promo untuk Bisnis Online

Salah satu tolok ukur kesuksesan bisnis online adalah banyaknya penjualan yang dilakukan sehingga mendatangkan keuntungan. Agar Anda bisa melakukan penjualan produk sebanyak mungkin, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan promosi. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan, mulai dari memasang iklan hingga memberikan potongan harga. Nah, karena sekarang zamannya bisnis online, yuk, simak promosi untuk program bisnis online Anda!

Promo diskon dengan persentase

Potongan harga sangat efektif untuk diterapkan pada penjualan fisik atau program bisnis online. Contoh promo diskon dengan presentase adalah dimana Anda menerapkan potongan 25% atau 50% untuk setiap produk. Lakukan pembatasan waktu berlaku promosi ini. Misalnya saja promo diskon sebesar 25% untuk semua produk mlai dari tanggal 1 sampai 5 jam 12 siang sampai 3 sore.

Dengan memberikan batasan waktu serta diskon yang lumayan besar, maka calon pembeli akan lebih terpacu untuk melakukan transaksi. Sebagai informasi saja, semakin besar diskon yang diberikan, maka perputaran arus penjualan bisnis Anda akan lebih lancar. Tapi ingat, jangan asal memberikan potongan harga yang tinggi tanpa memperhitungkan margin keuntungan yang diinginkan.

Promo potongan harga langsung setiap pembelian barang

Selain menggunakan presentase untuk menawarkan promo untuk program bisnis online, Anda juga bisa langsung menerapkan potongan harga dalam nominal rupiah. Dengan begitu, pelanggan Anda tidak kebingungan berapa harga barang yang ia beli setelah diskon. Cara menerapkan juga cukup mudah. Misalkan saja Anda memberlakukan potongan sebesar Rp50.000 setiap pembelian dua produk yang sama. Atau bisa juga dengan memberikan diskon sebesar Rp200.000 jika transaksi yang dilakukan mencapai Rp1.000.000.

Potongan pada ongkos kirim

Untuk program bisnis online yang menjual barang atau jasa, potongan pada ongkos kirim juga bisa memicu konsumen untuk melakukan transaksi. Potongan pada ongkos kirim tentunya akan sangat menggoda bagi para pelanggan. Untuk bisnis online yang menjual barang, bisa saja calon pembeli menginginkan produk jualan Anda namun terhalang ongkos kirim yang lebih mahal dari harga produk. Dengan memberlakukan potongan harga pada ongkos kirim, tentunya pembeli yang berasal dari tempat yang jauh tertarik untuk transaksi.

Anda bisa melakukan promosi di waktu-waktu tertentu, misalkan saja menjelang natal, tahun baru, lebaran, dan momen-momen lainnya. Diskon potongan harga juga bisa diikuti dengan syarat minimal belanja dengan nominal tertentu. Hal ini juga bisa diterapkan untuk bisnis jasa seperti misalnya ojek online. Anda pasti sering mendapatkan promo diskon ongkos kirim makanan melalui ojek online dengan minimal transaksi Rp10.000 hingga Rp50.000.

Menjual produk dalam satu set paket

Untuk meningkatkan transaksi dengan pembeli, Anda bisa menjual produk dalam bentuk paket atau satu set. Hal ini banyak ditemui pada penjual buku online yang menawarkan buku-buku jualannya dalam paket dengan harga tertentu. Misalkan 5 buku dalam satu paket dengan harga Rp250.000. Ini juga sekaligus mengakali bagaimana buku yang jarang diminati bisa terjual dan mendapatkan keuntungan untuk perputaran bisnis ke depannya.

Promo beli produk gratis produk tambahan

Anda pasti sudah sering mendengar promo buy 1 get 1. Dimana jika Anda membeli satu produk bisa mendapat gratis produk yang sama. Nah, hal ini bisa juga diterapkan dalam bisnis Anda. misalkan saja Anda menjual perlengkapan kosmetik wanita. Buatlah promo program bisnis online misalkan setiap pembelian eyeliner merek X akan gratis lip balm merek X. Hal ini bisa untuk ajang promosi produk baru atau juga menjual produk lama yang kurang diminati masyarakat.


Jika tertarik melakukan promosi untuk program bisnis online, Anda bisa bekerja sama dengan Midtrans. Sudah banyak klien Midtrans yang melakukan promo program bisnis online untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan. Sekarang, saatnya giliran Anda!

Sumber: Fit Small Business, Digital Entrepreneur