5 Rahasia Sukses Membangun Bisnis Dari Jack Ma

jack ma

Semua hal besar pasti dimulai dari skala kecil. Begitu juga dengan Alibaba, online marketplace asal Cina yang pada tahun 2014 lalu memiliki nilai IPO sebesar USD 21.8 miliar di New York Stock Exchange. Prestasi tersebut tidak terlepas dari jasa Jack Ma, sang pendiri Alibaba yang memulai bisnisnya pada tahun 1999 di sebuah apartemen kecil di Hangzhou.

Kini, Jack Ma disebut sebagai pria terkaya di Cina. Ia juga menjadi entrepreneur pertama asal Cina yang pernah muncul di cover majalah Forbes. Bagaimana Jack Ma bisa meraih kesuksesan sebesar itu? Anda bisa menekuni langkahnya melalui beberapa pelajaran dari Jack Ma berikut.

Selalu berpikir maju

Jack Ma percaya bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki pandangan ke depan agar bisa selangkah lebih maju dari para kompetitor. Dilansir dari situs Time.com, Jack Ma berkata bahwa ia dan timnya bisa sukses seperti sekarang bukan karena mereka melakukan usaha yang bagus baru-baru ini, tetapi karena mereka memiliki mimpi besar sejak belasan tahun lalu.

Banyak uang, banyak tanggung jawab

Uang mungkin menjadi salah satu indikator kesuksesan pebisnis. Namun bagi Jack Ma, semakin banyak jumlah uang yang didapat, semakin tinggi tanggung jawab yang harus diembang. Menurutnya, orang yang memiliki USD 1 miliar merupakan orang yang beruntung. Tapi ketika jumlah tersebut meningkat hingga USD 10 miliar, ia justru mendapat “masalah” karena harus berpikir tentang inflasi dan ke mana ia harus mengnvestasikannya. Banyak uang berarti banyak tanggung jawab karena adanya kepercayaan dari orang lain bahwa ia harus bisa menggunakannya secara lebih bijak.

Percaya pada generasi muda

Beberapa tahun lagi, generasi muda lah yang akan menguasai dunia. Jack Ma sadar betul akan hal tersebut. Maka dari itu, ia selalu berusaha untuk “berinvestasi” pada generasi muda. Jack Ma percaya bahwa hal-hal yang ditanamkan pada generasi muda zaman sekarang, sekecil apapun hal tersebut, akan tumbuh besar dan mengubah dunia. Karenanya, ia tak segan untuk membantu mereka yang memang ingin sukses dan bekerja keras dalam mencapainya.

Rekrutlah karyawan dengan skill tinggi

Ketika ditanya oleh salah satu media tentang hal yang membedakan pemimpin dari karyawan, Jack Ma berkata bahwa karyawan Anda harus memiliki skills teknis yang lebih baik dari Anda. Apabila tidak, artinya Anda telah merekrut karyawan yang kurang tepat. Bagi Jack Ma, fokus terhadap skill karyawan dan merekrut orang yang paham dengan visi Anda merupakan pilar penting bagi perusahaan.

Pemimpin haruslah tekun dan gigih

Selain memiliki pandangan ke depan, seorang pemimpin juga harus memiliki ketekunan dan kegigihan yang tinggi. Itulah yang diterapkan Jack Ma selama ini. Cari tahu apa yang ingin Anda capai dan kumpulkan motivasi untuk mewujudkannya. Hal ini tidak hanya akan membuat jalan Anda menjadi lebih mudah, tetapi juga menginspirasi orang-orang di sekitar Anda untuk bekerja keras meraih tujuan yang sama. Jack Ma juga selalu bangga dengan hal-hal yang ia kerjakan dan tidak mau menerima kata tidak dari orang-orang di sekitarnya.


Perjalanan Jack Ma dalam menuju kesuksesan tentu tidak mulus. Ia pernah ditolak oleh 30 perusahaan setelah lulus dari kuliah serta ditolak 10 kali dari Harvard. Namun, Jack Ma tidak menyerah karena menurutnya, kegagalan sesungguhnya terjadi ketika ia menyerah. Ia selalu belajar dari setiap kegagalan dan kembali bangkit untuk melanjutkan langkahnya.

Sumber: KNOW STARTUP, Inc., 1000ventures, Lifehack

Join Us

Artikel - Artikel Terkait