5 Situs e-Commerce dengan Konten Blog Terbaik

5 Situs e-Commerce dengan Konten Blog Terbaik

Perkembangan teknologi informasi membuat situs e-commerce terus berkembang pesta. Perkembangan ini mendorong perusahaan untuk tidak hanya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan beragam promo dan layanan lainnya, tetapi juga mengedukasi konsumen dengan konten blog mereka. Baik di Indonesia maupun di mancanegara, ada beberapa situs e-commerce yang memiliki konten blog terbaik. Berikut lima di antaranya yang bisa Anda simak.

Shopify

Tidak bisa dipungkiri lagi bila Shopify termasuk sebagai salah satu e-commerce paling sukses di dunia. Konten blog yang ada di Shopify selalu baru setiap minggunya dan berisi tentang beragam tema. Termasuk pula dengan platform podcast yang memudahkan para pengunjung memperoleh informasi. Menariknya, isi dari blog di situs Shopify tidak hanya menyangkut tentang produknya saja. Ada juga tentang tips bisnis secara keseluruhan. Bahkan, tulisan-tulisan tersebut mampu menjawab segala kebutuhan konsumen.

E-Commerce Nation

Selanjutnya ada E-Commerce Nation yang merupakan komunitas e-commerce terbesar di Eropa. Meski berpusat di Eropa, situs ini mengakomodir jual-beli online secara internasional sehingga semua orang di seluruh dunia dapat menggunakannya. Situs ini memiliki konten blog terbaik karena didukung oleh kontributor terbaik di berbagai penjuru dunia. Konten blog yang ada di E-Commerce Nation biasanya berisi tentang tips dan trik, solusi untuk logistik, desain, analisa pasar hingga mengenai pembayaran. Meskipun tema yang diusung terlihat serius, namun gaya penulisan tetap santai sehingga mudah dipahami.

Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia berhasil menjadi unicorn terbaik dan berpengaruh di Indonesia maupun Asia Tenggara. Lewat visi perusahaan yakni ‘membangun sebuah ekosistem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun’, Tokopedia mampu memberdayakan pedagang kecil maupun besar serta konsumen di Indonesia.

Situs ini juga memiliki blog yang sangat menarik dan banyak dikunjungi oleh pengunjung. Isi dari blog tersebut antara lain adalah konten kreatif, tips dan trik, review dari pelanggan hingga penjual. Dengan kata lain, masyarakat cukup terbantu dengan adanya review dari pelanggan tersebut sebelum membeli sebuah produk.

Bukalapak

Selain Tokopedia, e-commerce yang berpengaruh di Indonesia adalah Bukalapak. Slogan yang diusung oleh perusahaan ini adalah ‘mudah dan terpercaya’ dan memberikan jaminan uang kembali 100% kepada pembeli bila barang tidak dikirimkan oleh pelapak (penjual). Tidak hanya itu saja visi dari Bukapalak sendiri adalah ‘menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia’.

Untuk merealisasikan visi tersebut, Bukalapak memberdayakan UKM Bukalapak dan mengedukasi masyarakat lewat blognya. Halaman blog Bukalapak menonjolkan warna yang eye catching dengan konten-konten yang atraktif. Ulasan produk yang dijual pun berisi informasi yang menyeluruh. Calon konsumen pun bisa mencari tips dan trik seputar belanja online, traveling, gaya hidup, dan sebagainya.

Zalora

Mengutip dari laman resminya, Zalora adalah situs e-commerce yang khusus menjual produk fashion. Situs belanja online ini sudah beroperasi di 27 negara. Di Indonesia, Zalora didirikan pada tahun 2012 dan menjual produk serta merek fashion dari dalam maupun luar negeri yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan.

Untuk memanjakan konsumennya, Zalora tidak hanya memberikan promo menarik di saat tertentu saja, tetapi juga memberikan ulasan-ulasan menarik dalam blog yang bernama ‘Thread by Zalora’. Konten yang ada dalam halaman blog tersebut sangat beragam, mulai dari konten produk yang ditulis dengan gaya yang soft hingga lifestyle. Ada pula tentang fashion wanita yang menjadi topik utama dalam blog tersebut.


Itulah kelima e-commerce di dunia maupun di Indonesia yang memiliki konten blog terbaik. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: Kumparan, Easy Ship