5 Situs untuk Menganalisa Performa Kompetitor Bisnis Anda

analisa kompetitor

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, mau tidak mau Anda harus ikut terjun mengamati bisnis kompetitor Anda. Melalui langkah tersebut, Anda bisa menemukan berbagai peluang sekaligus menentukan target baru untuk dicapai. Pada zaman serba digital seperti sekarang, ada terlalu banyak faktor dari kompetitor yang harus “diselidiki”. Di sinilah perangkat digital marketing akan sangat membantu Anda untuk melakukan hal tersebut.

Google Alerts

Google Alerts

Perangkat satu ini akan membantu Anda memonitor mention yang didapatkan dari kompetitor Anda. Misalnya, Anda ingin mengetahui setiap kali kompetitor Anda di-mention di ranah online, baik dalam link atau sekadar mention, Google Alerts akan memberi Anda laporan tersebut. Anda bahkan juga bisa memonitor keywords yang berhubungan dengan kompetitor Anda. Menariknya, karena merupakan produk Google, laporan yang Anda inginkan bisa langsung dikirimkan ke email dengan alamat Gmail Anda. Benar-benar mudah dan praktis.

Instapaper

Instapaper

Instapaper adalah perangkat sederhana yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web untuk dibaca nanti melalui komputer, ponsel, atau bahkan Kindle. Begitu Anda melakukan sign up untuk membuat sebuah akun, Anda sudah bisa menambahkan fitur bookmarklet pada bagian bookmark. Ketika “memata-matai” kompetitor, kemungkinan besar Anda akan disuguhkan dengan berbagai informasi. Ketika informasi tersebut terlalu banyak untuk diikuti dan Anda sedang tidak punya banyak waktu, Instapaper akan membantu Anda menyimpan informasi tersebut. Anda bahkan bisa menyimpan berbagai konten dari website kompetitor yang Anda anggap akan berguna bagi perkembangan bisnis Anda.

Open Site Explorer

Open Site Explorer

Dibuat oleh Moz, Open Site Explorer merupakan salah satu perangkat paling populer yang ada saat kini. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengamati usaha kompetitor Anda dalam melakukan link building. Anda bisa melihat siapa yang melakukan backlink terkait dengan PageRank, domain, dan text anchor. Anda bahkan bisa membandingkan data link yang ada. Open Site Explorer bisa diakses secara gratis, tapi hanya untuk beberapa fitur saja. Jika ingin merasakan seluruh fiturnya, Anda harus membayar sebesar 99USD per bulannya.

SimilarWeb

SimilarWeb

Ingin mendapatkan insight untuk traffic dari website kompetitor? SimilarWeb adalah perangkat yang Anda butuhkan. Hanya dengan mengetikkan alamat website pada kolom yang disediakan, Anda akan mendapatkan hasil ranking secara global, nasional, dan berdasarkan kategori dari website tersebut. Tidak ketinggalan grafis pelengkap yang menunjukkan jumlah pengunjung mingguan website selama enam bulan terakhir. Anda bahkan bisa melihat seberapa banyak leads yang datang dari media sosial, search, referral, display ads, dan lain sebagainya. SimilarWeb juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambah kompetitor untuk melakukan perbandingan.

iSpionage

iSpionage

iSpionage adalah sebuah perangkat keyword monitoring yang memungkinkan Anda untuk mengetikkan website kompetitor dan melihat keywords apa saja yang memberi performa paling baik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat berapa banyak dana yang dikeluarkan kompetitor untuk paid search dan organic. Anda akan mengetahui ad copy mana yang paling efektif digunakan kompetitor dan iSpionage juga menyediakan grafik untuk memudahkan Anda dalam membandingkan data.


Itulah beberapa perangkat digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk memonitor kompetitor Anda. Manfaatkan kelima perangkat tersebut untuk mengetahui kondisi kompetitor dan memanfaatkannya menjadi peluang bisnis Anda sendiri.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Kissmetrics Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait