5 Tanda Anda Tidak Mengalami Perkembangan dalam Karir

karir

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh karyawan dalam hal pekerjaan adalah mereka tidak tahu kapan harus resign. Mereka sudah terlalu nyaman dengan pekerjaan yang sekarang sehingga tidak menyadari bahwa mereka sebetulnya tidak berkembang. Resign memang bukan satu-satunya solusi, tetapi Anda tidak bisa membiarkan stagnansi tersebut terus terjadi. Nah, untuk mengatasinya, kenali dulu beberapa hal yang menandakan Anda tidak berkembang berikut ini.

Tidak ada perubahan sama sekali dalam rutinitas

Sudah berapa lama Anda bekerja di perusahaan yang sekarang Anda tempati? Apabila jawabannya sudah bertahun-tahun, tetapi pekerjaan tersebut tidak sejalan dengan tujuan karir yang Anda miliki, tandanya Anda tidak berkembang dalam pekerjaan Anda. Anda merasa bahwa pekerjaan Anda begitu statis dan tidak melihat adanya peluang untuk mendapatkan tanggung jawab lebih meskipun sudah mengusahakan berbagai cara. Jika hal ini yang Anda rasakan, beranikan diri Anda untuk berbicara dengan supervisor atau atasan Anda. Terlebih jika memang selama ini Anda memberi performa yang baik, maka sudah seharusnya Anda mendapatkan hak Anda.

Sering memeriksa jam ketika bekerja

Anda mungkin berpikir, “Sepertinya tidak ada karyawan yang tidak memeriksa jam saat bekerja.” Ya, memang, tetapi apabila hal ini dilakukan berulang-ulang, apalagi jika hanya beberapa menit sekali, bukan tidak mungkin sebenarnya Anda merasa stuck dengan pekerjaan tersebut dan ingin segera bertemu jam pulang agar bisa bebas. Penyebabnya simpel, yaitu karena Anda sudah tidak tertarik lagi dengan pekerjaan Anda. Tandanya, Anda sudah siap untuk menerima tantangan baru yang mungkin bisa Anda dapatkan di luar perusahaan sekarang.

Tidak ada perubahan pada posisi, jabatan, dan gaji

Tanda ini sepertinya merupakan salah satu yang paling menunjukkan bahwa Anda tidak berkembang dalam pekerjaan. Anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan yang sekarang, tetapi hingga kini Anda sama sekali belum pernah mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji. Beberapa orang mungkin menikmati melakukan pekerjaan yang sama, tetapi salah satu tanda paling jelas dari tidak berkembangnya suatu pekerjaan adalah karyawan yang tidak mendapatkan training, kesempatan, dan promosi jabatan baru.

Tidak ada hal baru yang dapat dipelajari

Karena tidak ada perubahan pada posisi maupun jabatan, maka tidak ada hal-hal baru yang Anda pelajari. Alhasil, Anda pun merasa bosan dan setiap tugas yang Anda kerjakan terasa semakin menjemukan. Tanggung jawab Anda mungkin memang cukup mudah dan tidak begitu memicu stres. Namun, sesekali mendapat tantangan yang berarti dapat menjadi kesempatan bagus bagi Anda untuk mengembangkan diri. Jika Anda bekerja di perusahaan yang sekarang hanya karena alasan uang, sepertinya Anda harus mulai mencari pekerjaan baru yang lebih menantang. Jika diteruskan, Anda justru akan semakin tidak berkembang.

Kehilangan passion dalam pekerjaan

Membahas tentang pekerjaan tidak terlepas dari yang namanya passion. Hal inilah yang dapat membuat Anda berangkat untuk bekerja dengan semangat. Tanpa adanya passion, pekerjaan Anda hanya akan menjadi sekedar “pekerjaan”. Anda akan bangun pada pagi hari dengan perasaan “berat” karena harus mengulang rutinitas yang sama. Jangan biarkan hal ini terus terjadi. Jika memang perlu, carilah pekerjaan lain sementara Anda meminta izin resign. Performa kerja yang baik hanya bisa dihasilkan oleh orang-orang yang memiliki passion terhadap pekerjaan mereka.


Jika memang situasi yang ada belum memungkinkan Anda untuk resign, carilah tantangan di luar lingkungan kerja. Anda bisa mengikuti online course atau bergabung dengan proyek volunteer tertentu. Hal ini bisa menambah nilai pada resume Anda untuk keperluan melamar pekerjaan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait