5 Tips Agar Bisnis Online Banyak Pelanggan

5 Tips Agar Bisnis Online Banyak Pelanggan

Bisnis online hingga saat ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan. Alasannya adalah karena memberikan kemudahan, transaksi nyaman dan lebih efisien. Bila dilihat data yang dirilis dari Kepios, pengguna smartphone di Indonesia sekitar 371 juta pengguna dan hampir sebagian besar pengguna ini adalah aktif di media sosial serta melakukan belanja online. Inilah yang menjadi peluang bagi bisnis online Anda.

Namun, di sisi lain masih ada orang-orang yang belum begitu memahami strategi bisnis online yang efektif. Setidaknya ada lima tips sederhana yang bisa Anda terapkan agar bisnis online Anda memiliki banyak pelanggan. Berikut di antaranya.

Deskripsi produk yang menarik

Sebagai langkah awal untuk menarik calon konsumen belanja online adalah jelaskan produk secara detail. Maka dari itulah Anda perlu untuk mengetahui dan menguasai produk-produk yang dijual dengan baik. Misalnya, Anda menjual produk fashion, Anda harus mengetahui seperti ukuran, jenis-jenis fashion dan segala macam merek yang dijual.

Dengan begitu, apabila pelanggan menanyakan produk tersebut Anda bisa langsung menjawabnya dengan lancar. Semakin Anda lancar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon konsumen mengenai suatu produk maka, konsumen tersebut akan merasa yakin untuk membelinya.

Fokuskan pada satu produk

Berikutnya dalam bisnis online, sebaiknya Anda fokuskan dalam satu produk saja. Alasannya adalah bila Ada fokus pada satu produk maka akan semakin cepat untuk memajukan bisnis. Sebaiknya, jual produk-produk yang sejenis dan saling berhubungan.

Contohnya bila Anda menjual produk fashion, maka fokuskan toko online pada produk fashion seperti baju. Produk sejenis dan saling berhubungan dengan fashion tersebut antara lain adalah celana, tas dan sebagainya. Sebaliknya, Anda jangan menjual produk yang tidak berhubungan sama sekali. Misalnya, menjual produk fashion sambil menjual makanan.

Berikan promo menarik di waktu tertentu

Dalam berbisnis online, promo adalah hal yang wajib Anda lakukan di saat-saat tertentu. Jadi, Anda bisa membuat promo seperti potongan harga spesial. Ketika Anda mengadakan promo di toko online, cantumkan informasi dengan sejelas-jelasnya. Hal ini untuk menghindari perbedaan persepsi pelanggan saat melakukan belanja online.

Untuk menawarkan promo menarik ini kamu perlu memaksimalkan penggunaan media sosial yang ada. Contohnya adalah melalui akun Facebook, Instagram dan platform media sosial lain. Jangan lupa pula untuk menonjolkan apa yang menjadi keunggulan produk promo tersebut. Cara ini untuk lebih meyakinkan dan menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ada.

Konten harus menarik

Meskipun Anda telah melakukan banyak promosi, namun perlu diingat bahwa promosi ada batasannya. Apabila Anda menyajikan promo-promo belanja online dengan cara yang kaku, bisa dipastikan calon konsumen akan merasa bosan dan cenderung malas untuk melihat produk Anda lagi. Kunci untuk menghindari hal tersebut adalah dengan membuat konten menarik.

Konten menarik ini bisa berupa foto dan video yang unik serta bisa memunculkan awareness bagi calon konsumen. Buatlah dengan tema-tema yang menarik dan sesuai dengan produk. Contohnya bila Anda melakukan bisnis buket bunga, konten yang bisa dibuat antara lain adalah makna masing-masing jenis bunga, tips memilih buket dan sebagainya.

Testimoni pelanggan itu penting

Hal lainnya yang tidak kalah penting dalam bisnis online adalah testimoni pelanggan. Di era sekarang, apabila bisnis Anda tidak memiliki testimoni dari pelanggan akan membuat calon konsumen merasa ragu untuk berbelanja online. Tidak jarang pebisnis online yang ‘nakal’ memanfaatkan hal ini, tentu ini akan berdampak pada bisnis online yang kredibel dan terpercaya.

Melihat dari pengalaman tersebut, Anda patut mencantumkan testimoni pelanggan dalam situs atau media sosial yang terkait dengan bisnis online Anda. Dengan adanya testimoni, pelanggan akan merasa yakin dan menganggap bisnis online yang Anda rintis memiliki reputasi baik.


Bagaimana, cukup mudah bukan menerapkan tips di atas agar belanja online di toko Anda meningkat? Selamat mencoba dan teruslah berinovasi dalam bisnis Anda.

Sumber:
Katadata, Inc,Shopify