5 Tips Growth Hacking Untuk Meningkatkan Pertumbuhan B2B

tips growth hacking

Sebagai pemilik perusahaan B2B, Anda tentu tak pernah berhenti mencari strategi terbaik agar perusahaan dapat bertahan di tengah persaingan serta tumbuh berkembang semakin besar setiap harinya. Mengingat adanya keterbatasan modal usaha, maka sangat penting bagi perusahaan B2B untuk tumbuh dengan cepat tanpa harus menghabiskan banyak uang. Tips-tips ini bisa membantu bisnis Anda mengalami peningkatan pertumbuhan dengan cepat dan tepat.

Upgrade kualitas konten

Berbicara tentang pemasaran B2B, maka Anda tidak bisa terlepas dari peranan kualitas konten yang ada. Untuk menghasilkan prospek, sebaiknya Anda menyediakan konten seperti pengetahuan dan keahlian yang dapat dilakukan oleh bisnis Anda. Beberapa konten berkualitas seperti e-book, whitepaper, webinar, deck Slideshare, dan studi kasus terbukti efektif meningkatkan kunjungan.

Daripada langsung mendorong pelanggan kepada penjualan, konten yang bertujuan untuk mendidik serta memberikan sesuatu yang berharga bagi kehidupan audiens tentu akan lebih berarti. Twoodo bahkan menjelaskan bahwa cara terbaik untuk menciptakan aset pemasaran ini adalah dengan memulai dari hal kecil, yaitu mencari tahu apa yang benar-benar ingin diketahui oleh audiens Anda dan kemudian membangun pemasaran dari sana.

Buat panduan panjang dan terperinci

Menulis panduan sebagai konten pemasaran B2B memungkinan membawa nama perusahaan Anda menjadi lebih kuat dan mudah mengarah ke lalu lintas statis. Serupa dengan e-book, Anda dapat meminta pengunjung untuk mengisi email mereka untuk mengunduh panduan sebagai PDF atau mengakses bab lanjutan. Posting ini menarik banyak pembaca dan peringkat tinggi di Google.

Integrasikan ke berbagai platform media sosial

Setelah meningkatkan kualitas konten, pastikan segala informasi yang didapatkan oleh pembaca tadi terintegrasi agar bisa dengan mudah dibagikan untuk pengguna berbagai macam platform media sosial. Apa yang Anda pilih untuk diintegrasikan bergantung pada apa yang menurut data Anda paling berguna bagi konsumen. Bisa sekadar email, bisa juga tautan untuk media sosial atau bahkan langsung ke akun Dropbox mereka.

Berikan layanan uji coba gratis

Salah satu rintangan terbesar dalam pemasaran B2B adalah kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk atau jasa yang diberikan. Tentu saja, hal ini dapat dengan mudah diatasi melalui layanan uji coba gratis. Pada dasarnya, semakin banyak waktu, energi dan sumber daya yang dibutuhkan seseorang untuk menguji produk Anda, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk tetap mencoba apa yang Anda tawarkan.

Saat menawarkan layanan uji coba gratis, pastikan Anda menawarkan minimal jumlah fitur dasar. Hal ini perlu diperhatikan konsumen Anda agar dapat melihat manfaat produk, tetapi tidak begitu banyak sehingga nantinya bersedia untuk melakukan upgrade layanan ke versi yang lebih lengkap.

Lakukan personalisasi

Mengingat bentuk produk atau jasa di perusahaan Anda akan ditawarkan untuk sesama pelaku bisnis lainnya, maka sebaiknya lakukan personalisasi terlebih dulu terhadap layanan Anda. Hal ini bertujuan agar sebagai konsumen, mereka tidak akan kesulitan dalam penggunaan atau mengoperasikan apa yang sudah dibeli dari Anda.

Konsumen menjadi loyal kepada perusahaan bukan hanya karena produknya, tetapi lebih pada apa yang perusahaan itu perjuangkan. Segmentasi dan personalisasi yang tepat akan membuat produk Anda semakin diminati.


Itulah tadi lima growth hacking tips yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan B2B. Jangan lupa, tambahkan halaman testimonial di website perusahaan Anda. Testimonial sangat berpengaruh, baik untuk perusahaan B2C maupun B2B untuk menggaet mangsa pasar perusahaan Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Oribi Blog, CoxBlue