5 Tips Membeli Barang Elektronik Second Secara Online

Pentingnya Transaksi Non Tunai di Era Digital

Membeli barang second secara online tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika Anda mencari barang elektronik. Saat membelinya secara online, Anda butuh usaha ekstra untuk memastikan bahwa barang elektronik second tersebut masih dalam kondisi dan kualitas yang baik. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli barang elektronik second secara online, mulai dari harus jeli melihat kondisi barang maupun penjual maupun toko online. Berikut lima tips sederhana membeli barang elektronik second yang bisa Anda terapkan.

Pelajari spesifikasi barang yang akan dibeli

Membeli barang elektronik second jangan karena tergiur harga murah dan promo menarik yang ditawarkan toko elektronik saja.Sebaiknya Anda pelajari dulu spesifikasi barang elektronik yang akan dibeli tersebut. Spesifikasi tersebut biasanya dapat dilihat dari segi kualitas, kelebihan, maupun kecanggihan suatu produk.

Untuk menambah wawasan Anda terkait produk yang hendak dibeli, Anda bisa menanyakannya langsung kepada pihak penjual. Setelah mendapatkan penjelasan dari pihak penjual, Anda bisa melihat kembali spesifikasi produk pada situs resmi produsen barang elektronik tersebut. Hal ini karena ulasan spesifikasi produk barang elektronik di situs resmi merupakan sumber yang tepercaya.

Survei harga di berbagai toko online

Sama halnya dengan membeli secara langsung di toko elektronik, membeli barang second juga perlu membandingkan harga di berbagai toko online. Anda bisa mengunjungi toko-toko online yang memang menyediakan barang eletronik. Dari situlah Anda bisa mengetahui mana toko yang menjual dengan harga yang sesuai karena memang biasanya toko-toko online terkadang memasang harga berbeda untuk produk yang sama.

Jangan lupa juga untuk membandingkan harga baru dan harga bekas dari barang elektronik tersebut. Mengapa demikian? Ini untuk mengantisipasi apabila ada toko online yang menjual barang elektronik bekas dengan harga tinggi atau setara dengan harga elektronik yang baru. Idealnya, barang elektronik second memiliki kisaran harga di bawah harga normal atau harga barang baru.

Periksa kelayakan barang elektronik tersebut

Poin selanjutnya setelah melakukan survei harga dan menemukannya yang pas, Anda bisa memeriksa kelayakan kondisi barang elektronik tersebut. Untuk hal satu ini, Anda harus menanyakannya langsung kepada penjual atau toko elektronik. Mintalah penjelasan yang detail tentang barang yang akan dibeli.

Contohnya saja bila Anda ingin membeli TV second, pastikan semuanya dalam kondisi baik dan layak seperti remote yang masih bekerja dengan baik serta komponen lainnya. Bila dari penjelasan dirasa kurang layak atau kurang yakin, sebaiknya pikir kembali untuk membeli barang second tersebut.

Sebaiknya ada jaminan garansi

Selain kelayakan barang elektronik, alangkah baiknya bila barang elektronik tersebut memiliki garansi. Memang, barang eletronik bekas terkadang tidak memiliki garansi karena masa berlakunya sudah habis. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa barang elektronik yang dijual dengan garansi yang masih berlaku.

Tidak hanya itu saja, toko online juga terkadang memberikan garansi tersendiri terhadap produk yang mereka jual. Misal: adanya jaminan pengembalian barang apabila tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sebaiknya Anda pahami dulu peraturan yang diberikan agar mendapatkan pelayanan terbaik.

Cek reputasi penjual sebelum melakukan deal

Membeli barang second secara online juga wajib memperhatikan reputasi penjualnya. Biasanya penjual atau toko online yang sudah berpengalaman memiliki reputasi yang baik. Ini ditunjukkan dengan adanya testimoni positif dari konsumen-konsumen sebelumnya. Ciri-ciri penjual atau toko online dengan reputasi baik adalah memasang foto produk dengan spesifikasi secara mendetail di samping testimoni positif.

Apabila kriteria tersebut tidak ada atau kurang lengkap, sebaiknya Anda pilih penjual atau toko online lainnya yang terpercaya. Dengan begitu, Anda pun akan memperoleh barang elektronik second dalam kondisi layak dan sesuai dengan yang diharapkan.


Demikianlah lima tips membeli barang second terutama barang elektronik secara online yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin beli barang second untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumber: Liputan 6, Halo Money