5 Tips Menciptakan Impresi Terpercaya pada Toko Online Anda

5 Tips Menciptakan Impresi Terpercaya pada Toko Online Anda

Kepercayaan adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh toko online. Tanpanya, mustahil terjadi pembelian. Jika Anda memiliki toko online, maka lima tips berikut harus Anda lakukan agar tercipta kesan terpercaya pada toko online Anda.

1. Tampilan Toko Online yang Profesional

Hal yang pertama kali dilihat oleh pengunjung toko online adalah tampilan toko online itu sendiri. Agar tercipta kesan terpercaya, tampilan toko online Anda harus didesain secara profesional. Jika toko online Anda berbentuk website, maka desain website Anda harus didesain secara profesional. Lazada, Zalora, dan Berrybenka adalah beberapa toko online yang websitenya didesain secara profesional sehingga menimbulkan kesan ‘bisa dipercaya’ oleh setiap pengunjungnya.

Jika toko online Anda menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram atau menggunakan platform marketplace seperti Tokopedia dan BukaLapak, maka Anda bisa mempercantik tampilan toko online Anda tersebut dengan membuat desain gambar yang semenarik mungkin untuk dipasang pada bagian profile photo, cover photo, profile picture, header image, dan profile image.

Selain tampilan, Anda juga harus memperhatikan setiap kata yang terdapat pada toko online Anda. Jangan biarkan terdapat kesalahan penulisan karena hal itu bisa memunculkan kesan ‘tidak profesional’ pada toko online Anda. Walaupun terkesan sepele, tapi hal ini penting diperhatikan. Karena disepelekan, biasanya permasalahan penulisan ini kadang terjadi terutama pada toko-toko online kecil. Sebaliknya, kesalahan penulisan hampir mustahil ditemukan pada toko-toko online besar.

2. Navigasi yang User Friendly

Pernahkah Anda mengunjungi website yang navigasinya mudah? Apa yang Anda rasakan? Sungguh nyaman, bukan? Nah, inilah mengapa kemudahan navigasi mutlak harus ada pada website toko online Anda karena hal itu akan menjadikan pengunjung merasa nyaman berada di website Anda. Saking pentingnya kemudahan navigasi, salah satu perusahaan pembuat website bahkan mengatakan bahwa situs dengan navigasi yang sulit tidak akan dapat membuat pengunjung menjadi pelanggan!

Berdasarkan pemaparan di atas, maka pastikan situs toko online Anda memiliki navigasi yang user friendly. Jika toko online Anda sudah memilikinya, maka kami ucapkan “Selamat!”. Namun, jika sebaliknya dan Anda pun masing bingung dalam merancang navigasi yang mudah untuk situs toko online Anda, maka tirulah navigasi yang terdapat pada situs-situs toko online besar seperti Lazada, Tokopedia, dan Cipika. Situs-situs tersebut terkenal memiliki navigasi yang mudah sehingga membuat pengunjung mereka nyaman dan betah berlama-lama berada di sana.

3. Memiliki Data & Kontak Toko Online yang Jelas

Sebelum memutuskan melakukan pembelian, beberapa pengunjung suatu toko online biasanya akan meneliti terlebih dahulu reputasi toko online tersebut. Mereka akan mencari tahu data toko online yang dikunjunginya itu dan mengecek reputasinya dengan menggunakan mesin pencari. Apabila ditemukan indikasi bahwa toko online pernah melakukan penipuan atau mengecewakan pelanggan, maka mereka tidak akan jadi membeli. Dengan demikian, data & kontak lengkap mengenai toko online harus ada pada situs agar memudahkan pengunjung dalam berusaha mencari tahu sejauh mana reputasi Anda.

4. Mudah untuk Dihubungi dan Ramah dalam Melayani

Bagi beberapa orang, tidak cukup mempercayai suatu toko online hanya berdasarkan informasi dari orang lain. Karena itu, mereka pun biasanya akan mencoba menghubungi customer service (CS) toko online dan ‘mengetes’ mereka. Oleh karena itu, sebagai pemilik toko online, pastikan toko online Anda menyediakan berbagai jalur komunikasi yang membuat toko online mudah untuk dihubungi. Selain itu, pastikan CS toko online Anda menyiapkan diri untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Mudah untuk dihubungi dan ramah dalam melayani adalah salah satu poin yang akan memperkuat kesan ‘terpercaya’ di benak pengunjung toko online Anda.

5. Memberikan Jaminan Kualitas Produk

Toko online yang terpercaya biasanya mampu mengesankan bahwa produk yang mereka jual berkualitas. Caranya, mereka memberikan garansi uang kembali apabila pembeli tidak puas terhadap kualitas barang yang dibeli. Selain itu, mereka pun memberikan kemudahan dalam proses pengembalian barang dan klaim atas ketidakpuasan terhadap produk yang telah dibeli. Dengan cara ini, alam bawah sadar pengunjung toko online otomatis menganggap bahwa seluruh barang yang dijual oleh toko online yang sedang dikunjunginya itu adalah berkualitas. Anggapan kualitas itu secara otomatis juga memunculkan anggapan profesional dan terpercaya pada toko online Anda.

Demikian lima tips menciptakan kesan terpercaya pada toko online Anda. Selamat mencoba!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait